DAFTAR ISI HAMILPLUS.COM [820+ Artikel]

Usia Anak Tumbuh Gigi yang Ideal dan Beberapa Gejalanya

Usia anak tumbuh gigi ternyata tak dapat diprediksi secara pasti. Secara umum setiap bayi pasti akan memiliki masa pertumbuhan gigi yang tak sama atau berbeda-beda. Akan tetapi biasanya pertumbuhan bayi di usia antara 4 hingga 6 bulan ini mulai terjadi pertumbuhan gigi.

Namun, kadang pula ada bayi yang mulai tumbuh gigi lebih atau bahkan kurang dari itu. Tentunya setiap orang tua tak dapat memprediksi secara tepat kapan pastinya gigi bayi mulai muncul. Ternyata jenis dan tingkat dari tanda-tanda pertumbuhan gigi ini cukup beragam untuk bayi satu ke bayi lainnya.

Untuk sebagian bayi, pertumbuhan gigi ini dapat diartikan sebagai suatu masa munculnya rasa ketidaknyamanan dan juga saat di mana ia akan lebih sering menangis karena gigi yang mulai tumbuh tersebut. Di sisi lain mungkin saja ada bayi yang dapat melewati masa pertumbuhan giginya dengan cukup cepat tanpa ada banyak keluhan yang berarti.usia anak tumbuh gigi

Dari sekian penelitian yang sudah dilakukan, gigi pertama bayi biasanya muncul pada saat menginjak usia enam bulan tetapi ada juga bayi yang pada usia tiga bulan sudah mulai tumbuh gigi. Nantinya gigi si kecil akan terus tumbuh hingga mencapai usia tiga tahun serta memiliki 20 gigi.

Usia Anak Tumbuh Gigi dan Tanda-Tandanya

Berikut ini adalah beberapa gejala atau tanda dimulainya pertumbuhan gigi pada usia bayi. Akan tetapi tanda-tanda tersebut belum tentu semua bayi akan mengalaminya. Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa kadang pula ada bayi yang dapat mengalami beberapa tanda yang akan dijelaskan di bawah ini dan ada pula sebagian bayi atau bahkan tak mengalami tanda-tanda pertumbuhan gig sama sekali.

  1. Pengeluaran air liur

Pertumbuhan pada bayi ini akan merangsang daerah mulut untuk mengeluarkan air liur berlebih. Peristiwa ini umumnya banyak dialami oleh bayi pada usia 10 minggu hingga 4 bulan.

  1. Ruam pada dagu atau wajah

Apabila bayi sedang pada masa pertumbuhan gigi dan mengeluarkan air liur dalam jumlah banyak maka kemungkinan pula akan mengalami ruam kulit yang akan terlihat di area mulut dan juga dagu bahkan bisa mencapai leher. Penyebabnya adalah kontak langsung dengan air liurnya sendiri. Oleh sebab itu, dengan sering mengusap air liur bayi menggunakan sapu tangan maupun tisu akan dapat mengurangi munculnya ruam.

  1. Batuk

Tak usah khawatir karena banyaknya air liur bayi ini bisa menyebabkannya menjadi batuk atau tersedak.

  1. Sering menggigit

Tekanan yang muncul karena gigi akan keluar ini menyebabkan gusi merasa tak nyaman sehingga ia melampiaskannya melalui gigitan.usia anak tumbuh gigi

Setelah mengetahui usia mulai muncul gigi pada bayi serta tanda-tanda pertumbuhannya, maka kini Anda tak perlu khawatir lagi dan dapat menyiasatinya dengan baik. Untuk mendukung pertumbuhan gigi pada bayi bisa dengan memberinya mainan yang didesain untuk gigi bayi yang akan tumbuh.

Pil KB Yasmin : Harga, Cara Minum, Harga, Efek Sampingnya

Perhatikan pula jangan sampai air liur yang keluar membasahi bajunya karena dapat menyebabkan rasa kurang nyaman. Nah, itulah pembahasan singkat mengenai pertumbuhan gigi bayi dan semoga bermanfaat.