>> DAFTAR ISI [720+ Artikel] <<

Usia Anak Mulai Berbicara dan Penyebab Lambat Bicara

Pada umumnya anak terlebih dahulu bisa berjalan kemudian berbicara, tahukah Bunda berapa usia anak mulai berbicara? Sebagai orang tua kita harus mengetahui tahapan perkembangan bicara anak secara normal sehingga dapat menjadi acuan apakah si kecil mengalami keterlambatan berbicara atau tidak.

Usia Anak Mulai Berbicara

Berapa bulan usia anak mulai berbicara? Berikut adalah perkembangan kemampuan berbicara anak sesuai dengan usianya yang normal:

  1. Anak usia 0-6 bulan

Saat lahir bayi akan menangis untuk mengekspresikan hal yang mereka rasakan dan usia 2-3 bulan bayi sudah dapat mengucapkan suara ‘uhh’ atau ‘ah’ dan lainnya. Di usia 3 bulan bayi akan lebih menyukai mainan yang dapat mengeluarkan suara dan mereka akan mencari sumber suara tersebut.usia anak mulai berbicara

Menginjak usia 6 bulan bayi akan merespon dan mengenali namanya sendiri dan bayi dapat mengeluarkan suara satu suku kata seperti ‘dadadada’, ‘dudududu’, dan lainnya.

  1. Anak usia 6-12 bulan

Di usia ini bayi mampu memahami nama-nama orang yang ada di sekitarnya dan mengerti kata dasar sederhana yang sering diucapkan oleh orang di sekitarnya seperti tidak, ya, habis. Anak juga akan merespon jika namanya dipanggil dengan menengok.

  1. Anak usia kurang dari 12 bulan

Kapan usia anak mulai berbicara? Normalnya anak usia 9 bulan sudah dapat mengeluarkan kata-kata meskipun belum terlalu jelas seperti “mama”, “papa”, dan lainnya. Inilah awal perkembangan berbicara anak. Hal ini akan berkembang seiring dengan bertambahnya usianya, jika pada usia ini anak belum dapat mengeluarkan suara dan tidak bereaksi pada suara ketika melihat hal-hal lucu atau unik di depannya maka Bunda harus waspada. Segera periksakan si kecil ke dokter untuk mengetahui masalah yang terjadi.

  1. Anak usia 12-15 bulan

Pada usia 12-15 bulan, anak bisa mengeluarkan kata dengan cukup jelas dan mengerti makna dari kata yang diucapkannya, selain itu anak juga dapat memahami perintah dari orang lain sehingga akan meresponnya suara atau tindakan. Jadi usia anak mulai berbicara 1 tahun atau lebih.

  1. Anak usia 18-24 bulan

Di usia ini anak sudah memiliki lebih banyak kosa kata yang merek pahami dan hal ini akan terus berkembang seiring dengan bertambah usianya. Selain itu anak juga mampu menggabungkan dua hingga tiga kata menjadi kalimat yang berarti dan anak juga mampu memahami 2 perintah sekaligus dengan baik.usia anak mulai berbicara

  1. Anak usia 2-3 tahun

Di usia ini anak mengalami perkembangan berbicara yang sangat pesat dan kosa kata yang mereka miliki semakin banyak. Anak sudah mahir dalam menggabungkan beberapa kata menjadi satu kalimat berarti dan bahkan anak sudah mampu menyanyi, berhitung, dan masih banyak lainnya.

  1. Anak usia 3 tahun atau lebih

Anak usia 3 tahun sudah mampu berkomunikasi dengan baik dan dapat menangkap perintah dengan sempurna. Di usia ini anak juga mampu membedakan warna dengan baik, selain itu anak akan semakin cerewet dan memiliki rasa ingin tahu yang semakin besar sehingga mereka akan lebih sering bertanya.

Penyebab Lambat Bicara Pada Anak

Berikut adalah beberapa hal yang dapat memicu anak mengalami keterlambatan dalam berbicara:

  1. terdapat gangguan pendengaran.
  2. Adanya gangguan pada otak seperti gangguan bahasa, retardasi mental, dan masih banyak lainnya.
  3. Terdapat gangguan pada rongga mulut sehingga menimbulkan gangguan artikulasi suara.

Untuk mendapatkan kepastian penyebab anak mengalami keterlambatan berbicara maka Bunda harus membawa si kecil ke dokter untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

Demikian informasi seputar perkembangan usia anak mulai berbicara dan beberapa penyebab terjadinya keterlambatan berbicara pada anak.