Tips Usia Kehamilan Memasuki 7 Bulan

Usia matangnya sebuah masa kehamilan, dalam arti usia kehamilan 7 bulan ini terjadi perubahan dan berkembangan yang cukup pesat pada janin dan merupakan periode yang cukup sempurna, hanya tinggal menunnu bayi siap dilahirkan, pada usia ini janin sudah memiliki bentuk fisik yang sempurna namun untuk kondisi berat badan dan yang lain, belum memungkinkan untuk dilahirkan, maka dari itu bila ada bayi prematur yang terlahir pada usia 7 bulan masih ada harapan untuk hidup normal.

Karena janin terus membesar maka pada usia ini janin merasa tidak nyaman dan terus bergerak, karena kondisi rahim yang terus menyempit, pada kondisi ini janin sudah bisa melihat dan membedakan mana yang siang dan malam.


Pada usia kehamilan yang 7 bulan ini janin sudah bisa mendengarkan suara – suara walaupun hanya terdengar seperti dengungan, janin bisa membedakan suara ayah, suara ibu, suara binatang – binatang disekitar, suara musik dan suara yang lainnya. Selain suara janin juga bisa merasakan apa yang dirasakan oleh ibunya, kondisi psikologis ibunya seperti marah, senang, sedih dan lainnya. Bahkan saat ibunda makan pun janin bisa mengetahuinya.

Kondisi paru paru juga sudah terbentuk dengan normal dan sudah bisa bernafas begitu juga organ – organ yang lain dalam tubuhnya, sudah pula terbentuk tulang dan mengikat lemak untuk menjadikan nya sebagai energi yang disebut dengan verinix yang menutupi kulit janin, selain untuk energi lemak pada kulit juga digunakan  untuk melindungi janin agar tidak basah dan menjadikan tetap hangat.

Sekarang beralih ke fungsi dari otak pada usia kehamilan 7 bulan ini otak sudah mengalami perkembangan yang cukup pesat dan pada lapisan luarnya sudah berkerut, setelah itu ke perkebangan selanjutnya akan mempercepat fungsi – fungsi dari sel perangsang, perlu diketahui perkembangan keemasan otak manusia adalah pada usia kehamilan 7 bulan sampai usia anak mencapai 5 tahun .

Dan pada usia kehamilan 7 bulan ini ukuran janin sudah mencapai 11 inci atau kurang lebih 22 cm dengan berat mencapai 700 gram, untuk melihat perkebangan fisiknya yang perlu kita lakukan adalah melakukan USG seminggu sekali untuk selalu memantau perkembangan bayi tersebut.

Perkembangan lainnya pada usia kehamilan 7 bulan yaitu darah sudah bisa mengalir melalui pembuluh kapiler yang berada di bawah jaringan kulit ini pula yang mengakibatkan kulit bayi yang awalnya keriput perlahan – lahan menjadi halus dan licin.

Secara fisik telinga sudah terbentuk begitu juga dengan mata, dan kepala janin sudah mengecil menyesuaikan ukuran yang proporsional dengan tubuhnya, begitu juga organ dalam tubuhnya seperti jantung yang sudah mampu berdenyut normal yaiut antara 110-160 denyutan per menit.

Pada perkembangan selanjutnya pada bulan yang sama dan minggu yang berbeda dan disaat berat badan naik menjadi sekitasr 1000 gram mata nya sudah bisa dan retina di dalamnya sudah bisa menerima rangsangan cahaya yang masuk dan mengirimkan informasi ke dalam otak dan paru – paru juga sudah bergerak walaupun sebenarnya ini bukan bernafas mengambil udara melainkan mengambil air namun ini adalah satu cara untuk melatih paru  – paru

Selanjutnya perkebangan pada usia kehamilan 7 bulan pada minggu – minggu akhir saat ini berat badan sudah mencapai 1100 gram dan janin makin sering bergerak, otak dan indera yang lain terus mengalami perkembangan dan mulai tumbuh rambut – rambut kecil di daerah kepala serta tumbuh alis dan kelopak mata.

Janin ini sering bergerak maka akan mengakibatkan sang ibu merasa sakit diarea perut dan punggung, untuk itu disarankan untuk ibu hamil agar memakai sandal yang mempunyai hak tinggi dan selalu mengatur posisi tubuh dalam melakukan aktifitas.karena ruang dalam rahim terus menyempit dan janin semakin besar, maka tidak heran jika seorang ibu hamil sering mengalami sembelit dan berulang kali buang air besar.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam usia kehamilan 7 bulan

Bagi ibu – ibu yang sebelumnya mempunyai hobi olahraga, tetap bisa melakukan aktifitas ini namun yang perlu diperhatikan adalah adalah jangan melakukan jenis olahraga yang mengandung resiko cukup tinggi yang melibatkan pergerakkan fisik terlalu ekstrim, namun lakukan olahraga ringan seperti jalan kaki, senam sehat atau berenang, berenang bisa menjadikan tubuh sehat dan membuat punggung menjadi nyaman.

Pola makan

Pola makan harus tetap dijaga untuk selalu memenuhi asupan gizi, jangan sampaisang ibu mengkonsumsi berbagai makanan yang mengandung banyak lemak, atau kolestrol, berbau tajam dan makanan – makanan yang terasa panas, begitu juga minuman , hindari meminun alkohol dan minuman keras lainnya. Selain itu pada kehamilan 7 bulan hal- hal seperti merokok, mandi malam, sauna, menyetir mobil terlalu lama kalau bisa dihindari, ini semua untuk kesehatan ibu dan janin yang dikandung pada kehamilan 7 bulan.

 


TAGs: cara menutupi kehamilan 7 bulan, cara menutupi kehamilan, tips menutupi kehamilan, cara menutupi kehamilan 6 bulan, Cara menutupi perut hamil 7 bulan?, foto janin dalam kandungan 7 bulan lebih seminggu, janin usia 7 bln lbih sminggu, kehamilan memasuki 7 bulan, menutupi kehamilan, hamil 7 bulan terdengar suara sprti air dalam perut

Scroll Up