Tips Pasca Operasi Caesar

Operasi caesar sebenarnya merupakan cara bersalin yang kurang normal, karena seharusnya bersalin yang normal adalah mengeluarkan bayi dengan cara melakukan aktivitas mendorong bayi keluar dengan sendirinya oleh bantuan tekanan dari si ibu.

Namun begitu banyak para ibu yang melahirkan secara caesar, berikut beberapa tips pasca operasi caesar untuk ibu – ibu yang baru saja melahirkan. Setelah melahirkan secara caesar biasanya banyak sekali permasalah yang timbul dari keluhan – keluhan si ibu.

Berikut beberapa tips pasca operasi Caesar untuk mengatasi keluhan tersebut,

  • Menyusui bayi. bagi para ibu yang melahirkan dengan cara caesar, menyusui bayi termasuk hal yang cukup sulit untuk dilakukan mengikat luka jahitan yang ada pada perut si ibu akan sangat sulit mencari posisi yang nyaman untuk menyusui bayi anda secara langsung.
  • Bisa anda atur dengan cara ketika anda bersiap untuk menyusui bayu dengan cara di pangku sebelumnya simpanlah bantal kecil pada bagian bekas operasi jadi pada saat bayi menyusui di atas perut andapun tidak akan begitu berbahaya terhadap luka oprasi.

Tips Pasca Operasi Caesar 2

  • Selain itu jika anda berani untuk menyusui dengan cara posisi miring hal ini juga akan menghindarkan perut anda dari si bayi, namun bagi yang belum terbiasa posisi miring ini sering kali menimbulkan rasa sakit yang di sertai ngilu.
  • Gatal – gatal pada bagian luka bekas operasi. Gatal – gatal yang timbul pasca operasi caesar memang terasa sangat mengganggu apa lagi jika gatal tersebut sangat sulit di hilangkan.
  • Menggaruk adalah sesuatu yang sangat berbahaya dan dapat menimbulkan luka yang susah kering serta mudahnya terkena bakteri yang menginfeksi. Cukup mengusap area sekitar luka saja jika anda merasa gatal, atau mandi dengan menggunakan sabun yang lembut di kulit.
  • Berdiri dan berjalan dari tempat tidur. Sangat sulit untuk melakukan ke dua aktivitas ini bagi anda yang baru saja melakukan operasi caesar, hal ini bisa anda lakukan dengan beberapa cara berikut, bangun dari tempat tidur perlahan biarkan kaki menggantuk untuk beberapa saat persiapkan kaki untuk menyentuh lantai, tahan sejenak lalu cobalah menapaki lantai dan berdiri setegak mungkin, setelah itu berjalan lah dengan perlahan dan di bantu oleh orang lain.
  • Mengambil nafas dalam-dalam, bisa anda lakukan dengan cara menekan bagian perut yang luka perlahan dengan tangan atau bantal kecil.

Tips Pasca Operasi Caesar 2

Beberapa tips pasca operasi caesar di atas bisa anda aplikasikan untuk menghindari rasa sakit berlebih namun jika gatal atau luka operasi and belum pulih selama kurang lebih 6 bulan sangat di sarankan untuk memeriksanya ke dokter ahli kandungan atau dokter kulit. Semoga bermanfaat.