DAFTAR ISI HAMILPLUS.COM [820+ Artikel]

Tips Merangsang Otak Bayi Cerdas Sejak Dini

Setiap orang tua menginginankan anaknya cerdas. Upaya untuk membuat anak menjadi  cerdas bisa dilakukan sejak mereka masih bayi, bahkan ketika masih di dalam kandungan. Bayi atau calon bayi membutuhkan rangsangan agar kecerdasan otak mereka berkembang.  Oleh sebab itu, tidak heran jika para orang tua sibuk mencari apa saja tips merangsang otak bayi.

Berikut adalah beberapa tips merangsang otak bayi.

  • Memberi ASI pada bayi

Kandungan ASI yang sangat kompleks sangat dibutuhkan oleh sang bayi untuk menunjang kecerdasannya. Bagi para ibu disarankan untuk memberikan ASI secara maksimal karena kandungan asam amino dalam ASI dapat meningkatkan pendewasaan otak bayi.

Tips Merangsang Otak Bayi

  • Mengajak bayi berbicara.

Seorang bayi harus sering diajak bicara karena hal itu dapat mengasah kemampuan menangkap dan kemampuan bicara mereka. Semakin sering bayi diajak berkomunikasi, maka akan semakin terlatih kemampuan daya tangkap sekaligus kemampuan bicaranya. Agar lebih menarik perhatian sang bayi, dianjurkan untuk mengajak mereka berbicara dengan intonasi yang tinggi.

  • Merangsang otak bayi dengan alunan musik klasik

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa alunan musik klasik dapat merangsang kecerdasan otak bayi. Seorang ibu yang sedang hamil dianjurkan untuk sesering mungkin memutar alunan musik klasik dengan tujuan untuk merangsang kecerdasan sang calon bayi.

  • Memperkenalkan orang di sekitar kepada bayi

Dalam upaya untuk mencerdaskan bayi, peran orang-orang di sekitar sangatlah penting. Wujudkanlah interaksi antara bayi dengan orang-orang di sekitarnya seperti saudara, kakek, nenek, tante, hingga tetangga. Adanya interaksi bayi dengan orang-orang di sekelilingnya dapat membantu sang bayi  untuk bersosialisasi dan menyesuaikan diri dengan lingkungannya.

  • Memperkenalkan keadaan alam kepada bayi

Ketika bayi sudah berumur beberapa bulan,  para orang tua dapat merangsang otaknya dengan cara mengajaknya menikmati keindahan alam. Ajaklah sang bayi untuk berjalan-jalan melihat pesona alam yang ada seperti pegunungan atau hamparan sawah yang hijau. Dengan demikian, bayi akan bisa merasakan keberadaan alam beserta isinya secara langsung.

  • Melakukan pemijatan pada bayi

Melakukan pemijatan pada bayi dipercaya dapat memberikan rangsangan positif pada otak sang bayi. Menurut salah satu penelitian, rangsangan raba dapat membantu pertumbuhan. Melakukan pemijatan santai pada bayi dapat membantu mengoptimalkan kemampuan otak sang bayi.

  • Memeluk sang bayi

Memberikan pelukan kepada si kecil dapat menunjukkan rasa kasih sayang orang tua kepada anaknya. Pelukan orang tua kepada bayinya dapat memberi pelajaran kepada sang bayi bahwa orang tua selalu melindungi dan mencintainya.

Tips Merangsang Otak Bayi

Demikian adalah beberapa tips merangsang otak bayi. Keceradasan anak harus dibentuk sejak mereka berusia dini, karena tidak ada satu pun orang tua yang tidak menginginkan anak yang cerdas. Kecerdasan anak adalah kebahagiaan orang tua.