Tips Mengatur Keuangan Keluarga

Salah satu masalah yang banyak dihadapi oleh hampir semua orang adalah masalah keuangan karena meskipun pendapatan yang diterima setiap bulannya termasuk angka yang besar tetapi masih saja merasa kurang dan tidak dapat menutupi kebutuhan bulanan keluarga, hal ini terjadi karena pengaturan keuangan yang tidak tepat. Lalu bagaimana tips mengatur keuangan keluarga?

Inilah Tips Mengatur Keuangan Keluarga

Berikut tips mengelola keuangan keluarga yang tepat agar tak mudah boros:


  1. Mengetahui seluruh pendapatan dan pengeluaran wajib keuangan keluarga

Hal pertama yang harsu dilakukan dalam tips mengatur keuangan keluarga, yaitu dengan mengetahui berapa jumlah pendapatan per bulan dan pengeluaran wajib keluarga per bulannya. Pengeluaran yang harus didaftar diantaranya yaitu tagihan listrik, tagihan telepon, belanja bulanan, biaya asuransi kesehatan, dan masih banyak lainnya.

Selain semua tagihan wajib, Anda juga harus mengetahui berapa besar hutang pengeluaran keluarga mulai dari besarnya cicilan kendaraan, cicilan rumah, hutang kartu kredit, dan masih banyak lainnya. Dengan mengetahui semua pendapatan dan pengeluaran wajib per bulan maka Anda dapat memulai mengatur keuangan keluarga.tips mengatur keuangan keluarga

  1. Membuat perencanaan keuangan

Setelah mengetahui berapa jumlah pendapatan dan pengeluaran wajib per bulan maka langkah selanjutnya yaitu membuat perencanaan keuangan keluarga. Rencanakan berapa besar uang yang harus dikeluarkan untuk kebutuhan wajib kelurga, berapa jumlah uang yang harus ditabung, dan berapa jumlah uang untuk bersenang-senang. Anggarkan semuanya dengan realistis karena hal ini sangat membantu perencanaan keuangan Anda.

  1. Utamakan kebutuhan dan Skala Prioritas

Seringkali kita terjebak dengan keinginan semata sehingga kalap berbelanja tanpa memikirkan kebutuhan wajib yang harus dipenuhi. Anda harus dapat membedakan antara keinginan dan kebutuhan. Agar tidak terjebak dengan keinginan maka Anda dapat membuat daftar kebutuhan yang harus dipenuhi, setelah kebutuhan tersebut terpenuhi dengan baik maka Anda dapat memuaskan keinginan sendiri. Inilah tips mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros.tips mengatur keuangan keluarga

  1. Menetapkan target keuangan masa depan

Agar lebih giat untuk menabung dan menghemat pengeluaran maka Anda harus memiliki target keuangan masa depan. Target keuangan masa depan seperti dalam 5 tahun ke depan Anda harus memiliki rumah sendiri, 2 tahun kedepan Anda harus memiliki uang dalam tabungan sebesar 100 juta, dan masih banyak lainnya.

  1. Menabung

Hal penting yang harus Anda lakukan dalam mengatur keuangan keluarga yaitu mulai untuk menabung. Setiap bulan sisihkan penghasilan untuk ditabung sehingga keuangan menjadi lebih stabil untuk kedepannya, selain itu jika terdapat masalah keuangan mendesak dan pentingĀ  maka Anda dapat mengambilnya sewaktu-waktu. Inilah cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji kecil.

  1. Berinvestasi

Investasi merupakan salah satu cara jitu untuk memiliki keuangan yang baik di masa depan. Dengan berinvestasi maka Anda dapat menerima hasilnya di masa datang sehingga keuangan keluarga lebih baik lagi. Investasi yang sangat menguntungkan diantaranya adalah membeli tanah, properti, emas, saham, dan masih banyak lainnya. Carilah investasi yang sesuai dengan keuangan Anda dan menguntungkan di masa depan.

  1. Menghindari hutang

Agar keuangan keluarga berjalan dengan normal maka sebaiknya hindari hutang apapun bentuknya karena pada umumnya orang yang sering berhutang maka akan selamanya akan terbiasa dengan hutang sehingga keuangan menjadi tidak stabil. Hutang menjadikan seseorang lebih konsumtif dan tidak menyadari bahwa mereka telah banyak mengeluarkan banyak uang hanya untuk keinginan saja. Jadi sebaiknya hindari hutang mulai dari sekarang.

Demikian informasi seputar tips mengatur keuangan keluarga yang dapat menjadi referensi bagi keluarga untuk mengatur keuangannya menjadi lebih baik.


TAGs: cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji kecil, gambar perencanaan keuangan rumah tangga

Scroll Up