Tips Memilih Baju Bayi Baru Lahir yang Aman dan Nyaman

Tips memilih baju bayi perlu diketahui oleh setiap orangtua yang baru mempunyai bayi. Membeli baju bayi dapat terasa sangat menyenangkan bagi orangtua baru. Memilih baju dengan ukuran sangat kecil dan dengan gambar atau motif yang lucu-lucu, bisa sangat menyentuh bagi beberapa orangtua. Ingat, jangan sampai perhatian Anda terfokus hanya pada motif yang lucu.

Ada hal lain yang tentu sifatnya lebih penting bagi baju bayi Anda. Dalam hal memilih baju bayi, kenyamanan harusnya menjadi perhatian Anda dan keamanan harus jadi fokus utama.

Tips Memilih Baju Bayi Untuk Kenyamanan Dan Keamanan

Sama halnya dengan memilih baju untuk Anda sendiri; walalupun baju Anda tampil dalam motif menarik, jika perasaan Anda saat memakainya tidak nyaman tentunya Anda akan merasa risih. Bayi Anda juga akan merasa risih jika baju yang dipakainya tidak nyaman, namun tentu saja ia tidak dapat menggantinya sendiri seperti layaknya Anda jika baju Anda kurang nyaman.

Tips Memilih Baju BayiTips Memilih Baju BayiTips Memilih Baju Bayi 5Tips Memilih Baju Bayi

Sebagai gantinya, ia biasanya akan menangis untuk memberitahu Anda. Jadi, jika Anda mendapati bayi Anda menangis terus padahal Anda sudah menyusuinya, coba periksa siapa tahu baju yang dipakai bayi Anda kurang nyaman. Tips memilih baju bayi untuk kenyamanan adalah untuk senantiasa memastikan bahan pembuat baju bayi Anda. Bahan untuk baju bayi Anda harus terbuat dari bahan yang halus dan menyerap keringat.

Selain itu Anda juga harus pastikan ukuran baju bayi Anda. Jangan memilih ukuran yang terlalu sempit atau terlalu pas, sebaliknya ukuran yang agak longgar lebih baik. Baju yang ketat membungkus bayi Anda selain akan membuatnya merasa tidak nyaman, juga dapat mengganggu stimulasi motoriknya.

Selanjutnya, Anda juga harus perhatikan aspek keamanan baju bayi Anda. Sebelumnya Anda sudah baca kalau untuk ukuran baju bayi, ukuran yang lebih besar justru lebih baik. Tapi jangan sampai Anda memilih ukuran yang kelewat besar, karena dapat mengandung resiko keamanan.

Bayi dapat terlilit lengan bajunya sendiri atau terkunci dalam celana yang kepanjangan. Jadi, tips memilih baju bayi untuk keamanan adalah memastikan ukuran baju bayi Anda pas; tidak kekecilan, meninggalkan sedikit ruang atau rongga untuk bergerak tapi tidak terlalu besar.

Jadi, saat Anda melihat baju bayi dengan motif lucu di toko tapi bahannya tidak sesuai untuk kenyamanan, tinggalkan baju itu dan cari yang lain. Begitu juga dengan baju penuh renda dan pita untuk bayi perempuan yang panas tapi beresiko. Demikian juga saat Anda melihat tawaran baju bayi dengan harga miring.

Berapa Usia Ideal Bayi Mulai Bisa Merangkak ?

Jika harganya miring tapi bahannya tidak oke, tinggalkan. Untuk baju bayi, lebih baik Anda mengeluarkan uang lebih daripada mengorbankan keamanan dan kenyamanan bayi Anda. Pastikan bahan nya mudah menyerap keringat, agar tidak menyebabkan biang keringat / ruam di kulit bayi. Sekian beberapa tips memilih baju bayi, semoga menambah wawasan bunda.