Daftar Isi HamilPlus.Com (730+ Artikel)

Melatih Daya Ingat dan Konsentrasi Anak agar Pintar

Daya ingat anak memang lebih besar dibandingkan dengan orang dewasa. Seorang anak akan lebih mudah menimbulkan kembali apa yang baru saja mereka alami di pikiran mereka. Meskipun demikian, ada beberapa anak yang mengalami kesulitan dalam mengingat.

Orang tua yang memiliki anak yang pelupa akan sangat membutuhkan tips melatih daya ingat anak. Cara untuk melatih daya ingat anak berbeda sesuai dengan usia mereka masing-masing

Berbacam tips melatih daya ingat dan Konsentrasi anak berbagai usia adalah

  • Meningkatkan daya ingat balita

Melatih daya ingat bisa dimulai sejak anak berusia 0-3 tahun. Cara melatih daya ingat balita adalah dengan cara mengajaknya melihat cerita-cerita bergambar. Setelah memperlihatkan cerita-cerita bergambar pada buah hati, ajaklah mereka untuk mengenang kembali cerita-cerita tersebut.

Cerita bergambar dapat membantu melatih daya ingat si kecil. Ketika ibu bertanya pada buah hatinya tentang cerita yang telah dia sampaikan, kemungkinan sang anak untuk mengingat akan lebih besar. Sebab si kecil telah melihat cerita itu sebelumnya.

Tips Melatih Daya Ingat Anak, melatih daya ingat dan konsentrasi anak cara melatih konsentrasi dan daya ingat anak, melatih daya ingat dan konsentrasi anak cara melatih konsentrasi dan daya ingat anak

  • Meningkatkan daya ingat anak usia 3-5 tahun (anak prasekolah)

Di usia 3-5 tahun, beberapa anak sudah mulai duduk di bangku Taman Kanak-Kanak atau sekolah sebelum Sekolah Dasar. Mereka mendapatkan banyak pengetahuan baru di dunia tersebut. Untuk merefresh ingatan para anak tentang pelajaran yang mereka dapat, yaitu dengan cara menanyakan kembali seputar pelajaran yang mereka dapat. Selain itu, ibu dan ayah juga bisa memperlihatkan beberapa buku yang ada kaitannya dengan pelajaran yang mereka dapat.

  • Mempertajam daya ingat bagi anak yang sudah bersekolah

Sedikit menjengkelkan bila anak yang pelupa sudah mulai besar. Cara mengatasi tabiat pelupa pada anak yang sudah agak besar adalah dengan cara selalu memperingatkannya. Orang tua tidak boleh jemu menanggapi hal tersebut. Misalnya menyuruh anak untuk menulis atau membuat list tentang apa saja yang kemungkinan rawan mereka lupakan.

  • Pola Hidup Sehat Higienis

Pola makan, olahraga teratur, dan istirahat teratur juga merupakan salah satu cara untuk melatih daya ingat buah hati. Sarapan pagi dengan teratur disebut dapat meningkatkan konsentrasi dan daya ingat. Pilihlah makanan yang dapat membantu meningkatkan daya ingat seperti ikan laut dan sayuran hijau .

Tips Melatih Daya Ingat Anak, melatih daya ingat dan konsentrasi anak cara melatih konsentrasi dan daya ingat anak, melatih daya ingat dan konsentrasi anak cara melatih konsentrasi dan daya ingat anak

Langkah berikutnya adalah olahraga teratur. Bagi para orang tua yang anaknya sudah bisa diajak berolahga, sebaiknya mengajak buah hati olahraga dengan rutin. Olahraga teratur dapat membuat kemampuan menghafal lebih maksimal.

Anak-anak yang memiliki sifat pelupa terkadang membuat orang tua kesal. Apalagi bila tabiat lupa mereka sudah melampaui batas. Lupa dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain. Bagi orang tua merasa bahwa anaknya sangat pelupa, semoga tips melatih daya ingat anak ini dapat membantu.