Tips Melatih Bayi Belajar Berjalan pada Usia 9-16 Bulan

Salah satu tahapan perkembangan bayi yang harus dilalui adalah berjalan, pada umunya bayi dapat berjalan pada usia 9 bulan dan Bunda dapat melatih bayi belajar berjalan sedini mungkin saat bayi bisa duduk sendiri dan merangkak. Bagaimana cara melatih si kecil untuk belajar berjalan?

Cara Melatih Bayi Belajar Berjalan

Bayi mengalami kemajuan kemampuan motorik pada usia 8-9 bulan sehingga si kecil mampu untuk berdiri dan berjalan. Pada umumnya bayi bisa berjalan pada usia 9 bulan, tetapi sebagian bayi baru bisa berjalan pada usia 12-17 bulan. Perbedaan ini tergantung dari kekuatan dan kesiapan si kecil untuk berjalan. Berikut adalah beberapa cara melatih bayi belajar berjalan:melatih bayi belajar berjalan, cara melatih bayi belajar berjalan, cara melatih bayi belajar berjalan usia 1 tahun

  1. Memilih suasana yang aman dan nyaman untuk si kecil

Sebelum mengajarkan anak berjalan maka pastikan area yang digunakan aman dan nyaman untuk si kecil. Pada awalnya anak akan sering terjatuh sehingga Bunda dapat menyiapkan karpet empuk sebagai alas untuk berjalan berjalan, hal ini untuk meminimalisir terjadinya cedera yang parah. Selain itu pastikan lantai tidak basah sehingga anak tidak terpeleset dan jauhkan barang-barang tajam yang dapat melukai si kecil.

  1. Memilih sandal atau sepatu yang nyaman untuk anak

Saat melatih berjalan maka Bunda harus memastikan bahwa sandal atau sepatu yang dipakai si kecil aman dan nyaman digunakan. Sebaiknya sandal atau sepatu yang digunakan memiliki dasar sol datar sehingga dapat memudahkan anak untuk belajar berjalan.melatih bayi belajar berjalan, cara melatih bayi belajar berjalan, cara melatih bayi belajar berjalan usia 1 tahun

  1. Menggunakan mainan untuk memancing anak

Agar si kecil memiliki keinginan untuk bergerak dan berjalan maka Bunda dapat merangsangnya dengan mainan kesukaannya. Tempatkan mainan berjarak dengan si kecil sehingga anak ingin menggapainya, hal ini dapat memberikan semangat pada anak untuk belajar berjalan. Inilah cara melatih bayi belajar berjalan dengan cepat dan aman.

  1. Menjaga berat badan si kecil tetap ideal

Anak yang memiliki berat badan berlebih atau gemuk maka akan mengalami kesulitan untuk bergerak dan berjalan. Jadi Bunda harus tetap menjaga berat badan si kecil tetap ideal sesuai normalnya. Asupan gizi yang baik dan seimbang dapat menjaga stamina tubuh si kecil dan dapat menjaga berat badan tetap ideal.Melatih Anak Belajar Berjalan

  1. Tidak menggunakan baby walker

Sebaiknya anak tidak menggunakan baby walker untuk belajar berjalan karena alat ini dapat menghambat kemampuan otot-otot paha dan kaki si kecil sehingga dapat menghambat proses berjalan. Selain itu, alat ini juga dapat menimbulan cedera pada anak jika terjatuh. Inilah cara melatih bayi belajar berjalan usia 1 tahun.

Tahapan Perkembangan Fisik Si Kecil

Berikut adalah tahapan perkembangan fisik yang harus dilalui oleh bayi normal yang perlu diketahui oleh orang tua:

  1. Usia 9 bulan bayi mulai bisa berdiri dari posisi duduk dengan bantuan meja atau kursi di dekatnya.
  2. Usia 10 bulan bayi mulai bisa menekuk lututnya dengan baik.
  3. Usia 10 bulan bayi mulai bisa duduk kembali dari posisi berdirinya sehingga bayi tidak terjatuh lagi saat berdiri.
  4. Usia 11 bulan bayi mulai bisa berjalan merayap dengan bantuan dinding, perabotan rumah, dan lainnya. Pada tahap ini kekuatan otot kaki bayi berkembang dengan pesat.
  5. Usia 12 bulan bayi mulai bisa berjalan dan berpindah tempat dengan merayap menggunakan bantuan dinding atau perabotan rumah yang dipegangnya. Pada tahap ini si kecil akan lebih sering berjalan-jalan merayap sehingga Bunda perlu meningkatkan pengawasan terhadap si kecil.

Demikian informasi cara melatih bayi belajar berjalan dan tahapan perkembangan fisik si kecil yang perlu diketahui oleh Bunda.