Tips Kehamilan Trimester Ketiga

Memasuki usia kehamilan trimester ketiga, kebanyakan ibu hamil akan sering mengalami kesulitan dalam bernafas dan bergerak. Belum lagi ditambah kontraksi palsu yang makin sering muncul.

Hal ini wajar, karena usia kehamilan di trimester ketiga janin semakin membesar. Selain sulit bergerak dan bernafas, ibu hamil juga akan sering capek, lelah dan lesu. Dan bahkan sering sekali ibu hamil mogok makan sehingga membuat kesehatan dan kondisi janinnya menjadi terganggu.

Nah, dalam artikel berikut akan diberikan beberapa tips kehamilan trimester ketiga serta makanan dan nutrisi apa saja yang harus dimakan untuk ibu hamil diusia kehamilannya yang menginjak trimester ketiga. Bagi anda yang penasaran akan tips-tips tersebut, anda bisa simak artikel berikut.

Makanan Yang Wajib Ibu Hamil Trimester Ketiga

Masa kehamilan trimester ketiga ibu hamil akan sering lebih membutuhkan tenaga dan dan perlu mempersiapkan kesehatan dan tenaganya dalam melakukan masa proses kelahirannya nanti. Untuk itu, ibu hamil memerlukan banyak sekali asupan makanan yang bergizi, banyak mineral dan serat untuk menjaga kondisi badan dan kesehatan si janin.

Makanan yang diperlukan ibu hamil di trimester ketiga masa kehamilannya diantaranya yaitu makanan-makanan yang bergizi dan memiliki banyak nutrisi seperti sayur-sayuran, buah-buahan, makanan yang mengandung banyak omega 3 seperti ikan salmon, alpukat, ikan tuna, kedelai, telur, kembang kol, bayam, ikan lelen dan sebagainya.

Makan makanan yang memiliki banyak kandungan omega 3 nya ini akan sangat membantu anda dan janin anda akan bisa terlahir sehat, cerdas dan sempurna.

Tips Kehamilan Trimester ketiga 3

Tips Kehamilan Trimester ketiga 3

Tips Kehamilan Trimester ketiga 3

Nah, selain tips tips di atas masih banyak lagi tips kehamilan trimester ketiga lainnya yang bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan anda dan calon bayi yang akan dilahirkan, seperti memperbanyak minum minuman yang memiliki kandungan protein yang lebih tinggi seperti susu.

Didalam susu banyak sekali kalsum dan zat besi yang sangat dibutuhkan oleh tulang, dan juga dapat digunakan untuk membentuk anti bodi, darah, plasenta, dan cairan darah. Susu memang sangat dibutuhkan untuk kalsium sehingga tulang ibu hamil bisa semakin kuat.

Dalam masa kehamilan di trimester ketiga, banyak sekali ibu hamil yang sering mengalami masalah heartburn atau panas dibagian dada/ulu hati. Ini dikarenakan ibu hamil salah dalam mengkonsumsi makanan yang diasupnya. Nah, bagi anda yang sering mengalami masalah ini, makan buah pepaya matang tapi bukan muda ini bisa dijadikan solusinya.

Selain itu, ibu hamil yang masuk di masa kehamilan trimester ketiga harus diperbanyak masakan sayur-sayuran yang mengadung banyak vitamin maupun nutrisi dari vitamin K, C dan A serta asam folat yang tinggi. Masa kehamilan di trimester ketiga adalah masa-masa mendebarkan karena masa ini akan semakin mendekati dengan proses persalinan.

mDan dengan kejadian itu banyak sekali ibu hamil mengalami kebingungan untuk melakukan apa yang harus dilakukan nya. Na, berikut akan diberikan beberapa cara dan tips menjaga kehamilan di trimester ketiga hingga proses persalinan anda. Bagi anda yang tertarik,anda bisa simak artikel berikut.

Tips Kehamilan Trimester Ketiga Yang Perlu Anda Lakukan :

beberapa cara untuk menjaga kesehatan ibu dan calon bayi di tips kehamilan trimester ketiga yang harus dilakukan diantaranya:

1. Tidak diperbolehkan makan makanan yang memiliki kadar garam yang tinggi, karena ini akan mengakibatkan kejang pada kaki dan aliran darah pada kaku juga menjadi menumpuk.

2. Saat tidur sebaiknya menggunakan posisi miring ke kiri, kerana Hati kita ada disebelah sisi kanan, sehingga tidur miring ke kiri bisa melindungi rahim.

3. Melakukan olah raga secara rutin walaupun cuma oleh raga ringan, misal jalan jalan, senam hamil, berenang, yoga.

4. Saat terasa ingin buang air kecil, maka segera lakukan dan jangan menahannya. hal ini dikarenakan kapasitas rata-rata kandung kemih sebesar 0,4 liter, sehingga kalo menahan kencing maka kandng kemih bisa membesar atau meregang dan mempengaruhi rahim

5. Sering sering melakukan aromaterapi (relaksasi) supaya pikiran, jiwa dan perasaan menjadi tenang, ceria dan gembira. hal ini penting, terelbih untuk bumil dengan kehamilan perdana yang minim pengalaman dan pengetahuan sangat mudah stress dan cemas.

6. Memperbanyak istirahat, ini dikarenakan saat masa trimester ketiga ibu hamil akan sangat membutuhkan energy dan tenaga waktu persalinan nantinya.

7. Melakukan pijatan ringan di area kaki dengan lembut saat menjelang tidur. dengan perut membesar sangat sulit melakukannnya, mintalahdukungan suami Bunda.

8. Pada saat trimester ketiga, ibu hamil sering mengalami kendala saat hendak tidur, sulit tidur dan gangguan semacamnya. Bumil bisa menyiasati dengan tidur berbaring miring, kaki sedikit menekuk dan kaki diganjal dengan bantal, usahakan badan bumil senyaman mungkin.

9. Menjelang persalinan, hendaknya intensitas hubungan badan dengan suami lebih ditingkatkan. Mengapa ? karenma didalam, sper-ma terdapat zat prostaglandin, yakni zat yang memicu adanya kontraksi sehingga dedek bayi bisa segera keluar.

10. Pastikan sudah memesan jadwal dengan bidan/rumah sakit jauh-jauh hari sesuai HPL (Hari perkiraan Lahir) dan akses jalan menuju kesana mudah dilalui, Jangan sampai saat akan persalinan, mobil mogok, jalan aspal sedang diperbaiki, bidan sedang luar kota dan semacamnya.

Itulah wacana dan informasi mengenai cara merawat kesehatan bayi untuk tips kehamilan trimester ketiga pada ibu hamil, semoga wacana dan informasi di atas dapat bermanfaat bagi ibu hamil yang membacanya.