Daftar Isi HamilPlus.Com (730+ Artikel)

Vitamin, Nutrisi dan Tips Kehamilan Trimester Kedua

Masa-masa kehamilan adalah masa penting dalam menjaga dan merawat si calon bayi yang ada didalam perut. Apalagi jika waktu itu masih tiba pada kehamilan di trimester pertama dan kedua, pasti ini akan membutuhkan penjagaan yang ketat dalam merawatnya.

Trimester pertama merupakan masa kehamilan yang rawam dan sangat penting. Apalagi dalam masa 8 minggu pertama masa kehamilannya, karena dalam masa tersebut janin mulai membentuk cikal akan organ janin, dan selurus organ system tubuhnya.

Sedangkan untuk trimester kedua ini dinamakan sebagai periode akan pertumbuhan janin didalam perut. Banyak yang bilang, trimester merupakan periode paling nyaman karena biasanya sudah tidak mengalami mual muntah dan morning sickness lagi.

baca: Senam Ibu Hamil di Rumah (Cara dan Contoh Gerakan)

Didalam perut ibu hamil, janin akan mengalami proses pertumbuhan yang sangat cepat, pesat juga signifikan. Jadi, saat trimester pertama janin akan sangat rapuh dan di trimester kedua ini janin mulai berkembang menjadi lebih kuat dan tentunya siap tumbuh menjadi lebih maksimal. Dalam menjaga si calon bayi agar dapat berkembang dan tumbuh secara normal dan maksimal, perlunya cara dalam merawat dan menjaganya.

Untuk itu, dalam artikel berikut akan diberikan cara dan tips kehamilan trimester kedua untuk menjaga dan merawat si calon bayi yang anda kandung. Nah, bagi anda yang tertarik untuk mengetahui akan cara dan tips tersebut, anda bisa simak kelanjutan artikel berikut.

Pada saat masa kehamilan masuk di trimester kedua, proses perkembangan dan pertumbuhan janin akan semakin membentuk organ seperti kaki, tangan, dan pergelangannya. Dengan proses pertumbuhan si calon bayi ini, tidak jarang jika si ibu mengalami pembengkakan bahkan timbunan cairan didalam tubuhnya.

baca: Keputihan Saat Hamil (Penyebab, Gejala, Obat)

Kondisi seperti itulah yang terkadang sangat mengganggu akan aliran darah sehingga menyebabkan terjadinya varies atau wasir. Untuk itu, jika perihal tersebut memang terjadi sebaiknya anda segera langsung control untuk memeriksakan kondisi kesehatan dan kehamilan anda pada dokter yang anda percayai.tips kehamilan trimester kedua

tips kehamilan trimester kedua

tips kehamilan trimester kedua

baca: Usia Kehamilan 16 Minggu, Perut Masih Kecil, Belum Membesar?

Tips Kehamilan Trimester kedua ketiga

Hal-hal Penting Saat Masa kehamilan Trimester Kedua

Masa proses kehamilan adalah masa-masa dimana si ibu, bayi dan ayah harus bisa tetap saling menjaga dan berkomunikasi dengan baik. Nah, salah satu cara atau tips menjaganya adalah dengan melakukan olah raga ringan dan menjaga makanan serta mengkonsumsi vitamin yang dibutuhkan. Tips kehamilan trimester kedua yang mudah ini memang akan sering sekali susah dalam melakukannya.

Namun anda khususnya ibu hamil, harus bisa melawan rasa malas, dan berpikir positif akan kesehatan anda dan bayi yang dikandungnya. Tentunya dengan melakukan olah raga walaupun cuma ringan, ini akan sangat membantu dalam menjaga kesehatan dan mendukung semua anggota organ tubuh anda dalam merawat pertumbuhan si janin secara maksimal.

baca: Pantangan Ibu Hamil (Makanan, Minuman, Adat/Pamali)

Sedangkan untuk makanan yang anda konsumsi, sebaiknya anda mengatur pola makan makanan anda dengan nutrisi dan gizi yang seimbang. Ini ditujukan agar protein dan nutrisi yang anda serap bisa membuat janin anda tumbuh semakin maksimal dan baik saat di trimester kedua. Nah, lalu perihal apa yang dianjurkan untuk ibu hamil di trimester kedua selain menjaga pola makan dan berolah raga ? 

Banyak sekali hal-hal penting yang harus dilakukan ibu hamil dalam menjaga janin di trimester kedua masa kehamilannya, diantaranya yaitu:

1. Menjaga pola makan dengan porsi yang kecil namun sering, sehingga ini akan sangat membantu anda dalam melewati masalah-masalah ibu hamil seperti heartburn, dll.

2. Berolah raga ringan, seperti jalan kaki ringan, menggerakkan tangan, dll.

3. Sering beristirahat dengan bersandar dan menaikkan kaki lebih tinggi.

4. Saat akan istirahat, hendaknya melakukan gerakan ringan seperti meminta suami untuk memijat kaki atau mandi air hangat.

5. Menghindari pergerakan dengan cepat, seperti berdiri dan berjalan dengan tiba-tiba.

6. Sering melakukan check up ke dokter, awal kehamilan 1x sebulan, trimesetr kedua tiap 2 minggu kontrol, menjelang persalinan tiap minggu kontrol. Ajak Suami menjadi suami siaga.

7. Mengkonsumsi zat besi, dan makanan yang mengandungnya.
baca: Anemia Saat hamil (Penyebab dan Cara Mengatasi)
Bolehkah Ibu hamil Minum Sangobion?

8. Mengkonsumsi sayur dan buah, serta mineral, seperti yodium, kalsium, dan magnesium.

9. Jangan mengambil barang apapun dengan cara membungkuk.

10. Menghindari aktivitas yang berat.

11. Memulai melakukan perawatan payudara agar memiliki ASI yang banyak

12. menggunakan sepatu yang flat

13. Menghindari makanan pedas atau yang digoreng
Dampak Ibu Hamil Makan Makanan Pedas

14. Untuk posisi tidur, sebaiknya ibu hamil tidur dengan posisi miring ke kiri, dengan kaki diganjal oleh bantal atau guling.

15. Memperhatikan sikap tubuh.

16. Jangan tidur setelah makan, tunggu hingga 2 atau 3 jam baru anda bisa tidur.

17. Jangan berdiri terlalu lama

18. Selalu melakukan dan memfokuskan pikiran tetap positif dan jangan stress atau depresi.

Perihal-perihal di atas sangat penting dilakukan ibu hamil saat menginjak usia kehamilan pada trimester kedua-nya. Selain perihal di atas, masih banyak lagi hal-hal penting yang bisa harus anda jaga dan rawat seperti mengontrol kesehatan, membaca hal-hal yang dianjurkan dan dilarang saat masa kehamilan trimester kedua, dan melakukan persiapan untuk trimester kedua dan trimester berikutnya.

baca: Buah Yang Bisa Menggugurkan Kandungan

Itulah wacana dan informasi mengenai tips masa kehamilan trimester kedua dan tips kehamilan trimester kedua yang bisa anda lakukan untuk merawatnya, semoga wacana dan informasi di atas dapat bermanfaat bagi anda yang membacanya.