Tips Cara Mengatasi Anak Susah Makan dan Suka Jajan

Anda memiliki anak dan anak anda susah makan? Lalu anda bingung bagaimana cara mengatasi anak susah makan? Mulai saat ini, anda tidak perlu bingung dan juga khawatir dengan bagaimana caranya agar anak anda bisa kembali makan dengan lahap.

Memang menghadapi anak yang mulai rewel dan tidak mudah patuh dengan keinginan anda sebagai orang tua. Namun anda sebagai orang tua pun harus menjadi orang tua yang cerdas, jangan sampai anda menjadi sosok orang tua yang menakutkan bagi si anak hanya karena persoalan seperti ini saja.

Ada banyak sekali cara untuk anda bisa membujuk anak kesayangan anda untuk bisa makan makanan yang anda sajikan dengan lahap dan menghabiskannya hingga tuntas, tanpa harus merengek dan lain sebagainya yang pastinya tidak mungkin anda tidak kesal dengan perbuatan anak anda sendiri.

mengatasi anak susah makan

Beberapa Cara Mudah Mengatasi Anak Susah Makan

Jangan terbawa emosi ketika anak anda sedang dalam masa yang susah untuk memakan makanan yang ada di rumah dan anda sajikan dengan sepenuh hati. Ada masanya dimana anda harus benar benar memutar otak untuk membuat anda dan anak anda merasa nyaman. Hal hal yang bisa anda lakukan untuk mengatasi anak susah makan adalah sebagai berikut.

  • Berikanlah makanan dengan variasi yang selalu berbeda setiap harinya. Jangan sampai anda membuat anak merasa bosan karena dengan menu makanan yang itu itu saja setiap harinya, sehingga si anak enggan untuk memakannya karena bosan dengan rasa dan juga wujudnya. Buatlah sesuatu yang beda agar nafsu makan anak anda kembali tinggi.
  • Sajikan makanan untuk anak anda dalam porsi kecil. Hal ini dimaksudkan agar anak anda cepat merasa lapar dan akhirnya akan meminta untuk makan dan makan lagi. Sehingga porsi makan anak anda tidak berkurang, meski sekali makan hanya dalam porsi kecil saja.
  • Jangan paksa anak anda untuk harus menuruti perintah anda saat itu juga untuk makan dan menghabiskannya. Ubahlah cara anda untuk menyuruh atau memerintah si kecil, dengan membujuknya dan mengajaknya dengan cara yang menyenangkan. Jika anda melakukan cara yang menyenangkan untuk membujuk anak anda untuk makan bersama dengan anda, pastilah anak anda akan mudah untuk mematuhi anda dan mau untuk diajak makan bersama dengan anda.

Mengatasi Anak Susah Makan 2 Mengatasi Anak Susah Makan

Anda bisa melakukan cara cara di atas untuk bisa membujuk anak anda supaya dapat makan makanan yang anda sajikan dengan lahap dan teratur kembali. Yang perlu diingat adalah jangan sampai anda menjadi sosok orang tua yang ditakuti oleh anak anda sendiri.

Jika anda menjadi sosok yang menakutkan untuk anak anda, maka anak anda cenderung susah atau bahkan tidak akan menuruti apa yang anda ucapkan untuk anak anda. Demikianlah beberapa cara mengatasi anak susah makan yang bisa anda praktikkan sendiri.