Daftar Isi HamilPlus.Com (760+ Artikel)

Tips Ampuh Mengatasi Mimisan Pada Anak

Mimisan atau Epistaksis merupakan pendarahan dari hidung yang biasanya disebabkan trauma pada hidung atau penyait tertentu. Selain dapat terjadi pada orang dewasa, mimisan juga dapat terjadi pada anak anda. Mengetahui penyebab dan cara  mengatasi mimisan pada anak dapat mengurangi kepanikan saat anak anda mengalami mimisan.

Beberapa penyebab anak anda mengalami mimisan adalah

  1. Polusi

Asap kendaraan bermotor serta asap rokok dapat membuat iritasi pada selaput lendir anak – anak. Karena pada usia dini, seleput lendir mudah robek dan teriritasi.

  1. Trauma

Usahakan untuk memperingatkan anak ketka bermain bersama temannya. Karena hidung yang terbentur, menggorek terlalu keras serta terpukul benda lainnya dapat membuat anak anda mimisan.

  1. Udara dingin

AC yang terlalu dingin bisa jadi salah satu penyebab anak anda mimisan karena sebagian anak yang tidak mentolerir udara yang dingin.

  1. Obat – obatan

selalu konsultasikan kepada dokter ketika akan memberikan obat untuk anak anda. Obat jenis steroid yang seharusnya berfungsi untuk melegakan hidung mampet bisa membuat anak anda mimisan jika tidak cocok dengan kondisi anak anda.

  1. Infeksi

Sinusitis merupakan salah satu infeksi pada rongga daerah kanan, kiri diatas hidung. infeksi lainnya yaitu vestibulitas yang terjadi peradangan pada selubung akar rambut yang terjadi didalam bagian depan rongga hidung anak anda. Segera periksakan kedokter jika anak anda mengalami mimisan yang di sebabkan oleh infeksi.

Mengatasi Mimisan Pada Anak 2

Setelah mngetahui penyebab mimisan, maka berikut ini adalah cara mengatasi mimisan pada anak:

  1. Jangan membaringkan atau menundukan kepala anak

Pertolongan pertama yang dapat dilakukan ketika anak anda mimisan, jangan meembaringkan atau menundukan kepala anak anda, karen aitu dapat membuat darah mengalir deras. Selain itu hindari posisi menengadah atau mengangkat kepala ke atas.

  1. Usahakan mengambil posisi tegak

Dudukkan anak anda dalam posisi tegak dengan kepala agak sedikit maju kemudian anda dapat menggunakan jempol dan telunjuk untuk menutup lubang hidung dengan cara memijat selama 2 sampai 5 menit, arahkan anak anda untuk bernafas melalui mulut.

  1. Menggunakan daun sirih

Ambil daun sirih yang telah di cuci bersih kemudian gulung seukuran lubang hidung anak anda, lalu sumpatkan pada lubang hidung selama 15- 20 menit.

  1. Menggunakan es batu

Es batu dapat membantu mengecilkan pembuluh darah, sehingga akan membuat mimisan berhenti. Anda dapat meredakan aliran darah yang keluar dari hidung anak anda dengan membungkus es batu dengan lap atau kain, kemudian tempelkan ke kening dan hidung anak anda.

Mengatasi Mimisan Pada Anak

Apabila cara mengatasi mimisan pada anak di atas tidak dapat menghentikan darah dan anak anda mengalami kesulitan bernafas serta terdapat benda asing dalam hidung anda, sebaiknya segera bawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat.