Tanda-Tanda Kehamilan Yang Valid

Kehamilan merupakan suatu moment yang dinantikan oleh pasangan suami istri dan keluarga. Jika seorang wanita telah mengandung tentunya buah hati yang di kandung akan menjadi penyempurna kehidupan sebuah keluarga. Dengan begitu pentingnya moment kehamilan bagi seorang wanita dan keluarga, maka munculnya tanda-tanda kehamilan sangat di nantikan.

Sebagian masyarakat umum mengenali tanda awal kehamilan dari terlambatnya datang bulan. Padahal terlambat datang bulan bukan tanda utama seseorang sedang hamil. seorang wanita bisa saja terlambat datang bulan, namun disebabkan faktor lain seperti stress, pengaruh pola makan, gangguan hormonal atau kecapaian, bukan karena sedang hamil.


Untuk lebih mempermudah bagi wanita mengetahui apakah benar sedang hamil atau tidak, sebaiknya menyimak beberapa tanda-tanda kehamilan yang muncul pada seorang wanita.

Tanda-Tanda Kehamilan : Cara Mudah Memastikan Hamil Atau Tidak

tanda-tanda kehamilan

source picphotos com

1. Terjadinya perubahan bentuk Payudara

Jika wanita mengalami kehamilan, akan terjadi peningkatan produksi hormone esterogen dan progesterone. Selain hormone tersebut masih terdapat hormone yang jumlah produksinya bertambah, yaitu hormone HPL atau yang dikenal Human Placental Lactogen. Hormon ini berfungsi untuk mempersiapkan produksi asi bagi bayi.

Dengan terjadinya peningkatan hormone-hormone tersebut akan berpengaruh terhadap bentuk payudara wanita. Pada bagian puting payudara lebih membesar dan warnanya juga semakin gelap. Selain itu kondisi pada payudara akan menjadi lebih sensitive ketika disentuh, ada pula yang merasakan sedikit nyeri ketika dipegang.

Pada sebagian wanita juga akan mengalami rasa gatal di sekitar puting payudara, hal itu disebabkan oleh menegangnya pembuluh vena akibat peningkatan produksi hormon pada wanita.

2. Timbul bercak/ Flek

Setelah 8 hingga 10 hari mengalami ovulasi akan muncul bercak darah. Munculnya bercak darah ini merupakan tanda-tanda kehamilan pada seorang wanita. penyebab munculnya bercak darah ini disebabkan implantasi. Implantasi merupakan proses menempelnya embrio di dinding Rahim.

Kebanyakan wanita salah mengartikan munculnya bercak tersebut. kebanyakan dari wanita malah menganggap timbul bercak tersebut sebagai tanda awal datang bulan. Sebaiknya para wanita bisa lebih memperhatikan apakah bercak tersebut tanda kehamilan atau tanda awal menstruasi, yaitu dengan cara tetap menjaga kesehatan tubuh agar tidak terjadi keguguran, apabila memang benar-benar sedang hamil.

3. Morning Sickness

Morning sickness merupakan ciri-ciri ibu hamil. Morning sickness merupakan kondisi seorang wanita merasa mual dan muntah. Dari nama gejala wanita hamil ini kondisi mual dan muntah hanya terjadi pagi hari saja.

Namun beberapa kasus, terjadinya mual dan muntah tidak hanya terjadi saat pagi hari. kondisi tersebut bisa terjadi setiap saat. Terkadang juga ada pemicu timbulnya mual dan muntah. Seperti mencium aroma tertentu, misalnya mencium aroma nasi, parfum atau lain-lainnya. terkadang hal sepele atau bau-bauan yang wajar saja bisa memicu wanita hamil untuk mual muntah.

Pemicu mual dan muntah berbeda antara wanita hamil yang satu dengan yang lainnya. Hal ini disebabkan pada wanita hamil penciuman nya menjadi lebih sensitive dibandingkan biasanya.

4. Pusing dan Sakit Kepala

Gangguan ini terjadi pada wanita hamil yang disebabkan oleh perasaan tegang depresi. Itulah akibat efek emosional yang timbul ketika wanita mengalami hamil pada trisemester pertama.Gangguan pusing dan sakit kepala ini juga akibat dari morning sickness.

Tanda-tanda kehamilan morning sickness mual, muntah lelah dan tekanan darah bisa memicu timbulnya anemia. Dengan demikian ketika wanita hamil berganti posisi dari duduk ke berdiri sering mengalami pusing.

5. Frequent Urination

Gejala hamil pada wanita selanjutnya adalah meningkatnya frekuensi buang air kecil. Penyebab gejala ini adalah tertekannya kandung kemih oleh janin yang tumbuh di rahim. Selain itu meningkatnya frekuensi buang air kecil dikarenakan sirkulasi darah yang juga meningkat.

Tidak hanya itu, penyebab seringnya buang air kecil juga dikarenakan meningkatnya produksi hormone kehamilan. Dengan tingginya frekuensi buang air kecil, sebaiknya para wanita hamil jangan menahan keinginan buang air kecil. selanjutnya imbangi konsumsi air putih agar tidak terjadi dehidrasi.

6. Rasa Lelah Berlebih

Sebagai gejala awal wanita hamil, rasa lelah berlebih disebabkan oleh pengaruh perubahan hormonal pada tubuh wanita. Disisi lain juga disebabkan meningkatnya kinerja organ-organ vital seperti paru-paru, jantung, dan ginjal.

Kinerja organ-organ vital tersebut menjadi meningkat disebabkan oleh pemenuhan kebutuhan sang ibu dan yang terpenting adalah pemenuhan kebutuhan pertumbuhan dan perkembangan janin itu sendiri.

7. Sembelit

Gejala sembelit ini muncul disebabkan oleh meningkatnya hormone progesterone. Akibatnya hormone ini juga mengendurkan otot pada rahim. Dengan mengendurnya otot pada rahim menyebabkan sembelit atau susah buang besar.

Dengan demikian wanita hamil sebaiknya mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung banyak serat. Makanan yang banyak mengandung serat berasal dari biji-bijian seperti gandum, ataupun buah-buahan dan sayuran.

8. Kram Perut

Tanda awal kehamilan pada seorang wanita sering terjadi kram pada bagian perut. Kram perut ini juga pengaruh terjadinya morning sick, seperti mual dan muntah. Selain itu juga akibat faktor daya tahan tubuh sehingga badan terasa lelah. Kram perut ini akan terus terjadi hingga tri semester kedua. Kram perut akan berkurang ketika letak uterus berada di tengah disangga oleh panggul.

9. Terlambat Datang Bulan

Gejala umum tanda kehamilan yang diketahui kebanyakan orang adalah terlambat datang bulan. Seorang wanita bisa mengalami terlambat datang bulan karena ovarium sudah terbuahi. Dengan demikian sel darah tidak keluar dari tubuh.

Hal tersebutlah yang menyebabkan terlambat datang bulan atau lebih tepatnya sel darah tidak dikeluarkan dari rahim. Sel darah tersebut tertahan di rahim dan mengalami penebalan pada dinding rahim. Dinding rahim juga semakin menguat sebagai efek terbuahi nya set telur di ovarium.

10. Nyidam

Pada usia kandungan satu minggu seorang wanita juga akan mengalami masa nyidam. Nyidam merupakan kondisi seorang wanita mempunyai keinginan besar terhadap sesuatu hal. Biasanya berupa makanan atau suatu benda yang ingin dikonsumsi atau ia gunakan.

Sebagian besar wanita menginginkan buah yang mempunyai rasa asam seperti mangga muda atau jambu. hal tersebut di sebabkan oleh perubahan hormone. Masa nyidam pada wanita hamil ini tidak terjadi hanya ada usia kandungan 1 minggu, hingga usia kandungan Sembilan bulan pun, wanita juga masih bisa mengalami masa nyidam tersebut.

tanda-tanda kehamilan

source freevector com

Tanda Awal Kehamilan :

Selain tanda/gejala yang telah disebutkan diatas, pada beberapa wanita juga mengalami kondisi spserti berikut :

  1. Perubahan bentuk tubuh,
  2. perubahan  suasana hati secara tiba-tiba/moody,
  3. sering meludah (hypersalivasi)
  4. temperatur basal tubu meningkat
  5. sakit di bagian punggung
  6. sensitif pada bau
  7. mengalami gejala seperti PMS
  8. perubahan kulit menjadi lebih sensitif (mudah kering, iritasi)
  9. mudah berjerawat karena produksi hormon meningkat
  10. timbul melasma (noda di wajah)
  11. pembawaan nya jadi malas
  12. test pack menunjukan hasil positifkapan tes kehamilan dilakukan, tes kehamilan setelah berhubungan, kapan tes kehamilan sebaiknya dilakukan, test pack kehamilan, jenis uji kehamilan

Itulah beberapa tanda-tanda kehamilan yang sering di alami oleh wanita. Yang perlu diperhatikan tanda awal mengandung pada wanita tidak semuanya sama atau mengalaminya. Hal tersebut disebabkan oleh bawaan dari sang bayi. Selain itu juga disebabkan oleh produksi hormone setiap wanita juga tidak sama.

Tidak hanya itu ketahanan daya tubuh dan kebiasaan juga menjadi penyebab perbedaan munculnya tanda awal kehamilan. Untuk mengetahui hasil yang lebih akurat, wanita yang sedang menginginkan kehamilan dapat melakukan tes kehamilan. Untuk hasil yang lebih akurat lagi, anda bisa mengunjungi dan melakukan pemeriksaan ke bidan atau pun dokter kandungan.


TAGs: penebalan dinding rahim tanda kehamilan, penebalan dinding rahim awal kehamilan, penebalan dinding rahim apakah bisa hamil, penebalan dinding rahim apakah hamil, penebalan dinding rahim tanda hamil, penebalan rahim tanda hamil, penebalan dinding rahim hamil, penebalan, penebalan dinding rahim tanda hamil atau haid, tanda penebalan dinding rahim, penebalan rahim di awal kehamilan, penebalan dinding rahim saat hamil muda, tanda valid hamil, tanda tanda penebalan dinding rahim, ada penebalan dinding rahim apa saya hamil, rahim tebal apakah tanda kehamilan, penebalan rahim tanda kehamilan

Scroll Up