Tanda Tanda Akan Melahirkan Bayi Perempuan / Laki-laki

Kehamilan adalah fase yang paling membahagiakan bagi seorang wanita, karena sebentar lagi dirinya akan menjadi sempurna dengan bisa membawa satu nyawa terlahir ke dunia. Tetapi apakah ibu sudah tahu apa sajakan tanda tanda akan melahirkan ?

Tanda kelahiran bayi, baik anak laki-laki ataupun bayi perempuan ini, ternyata tidak banyak diketahui oleh ibu hamil, apalagi pada kehamilan yang pertama. Dikira kontraski palus, ternyata kontraksi asli (persalinan)

Sangat penting untuk tahu kapan waktu yang tepat untuk melahirkan, metode persalinan yang dipilih, dokter/bidan mana yang akan meng-handle, berapa biaya nya, apakah akses dari rumah ke lokasi rawan macet, dsb

Jadi disaat trimeseter ketiga, bunda wajib mengetahui dan mencari sebanyak mungkin hal yang berkaitan dengan kesehatan janin dan persiapan persalinan. Mengenai HPL (Hari Perkiraan lahir)  memang tidak bisa sangat akurat, mungkin bisa maju/mundur 1-2 hari. Namun anda akan tahu kapan prediksi waktu persalinan, hal ini penting untuk persiapan melahirkan.

 tanda tanda persalinan

Apa sajakah tanda tanda akan melahirkan ?

Selain mengetahui prediksi kapan waktu melahirkan, ternyata ada beberapa tanda tanda akan melahirkan, hal ini sebaiknya anda ketahui agar tidak merasa takut atau histeris saat akan terjadinya persalinan. Berikut ini beberapa hal yang bisa anda jadikan patokan penting :

  • Terasa nyeri pada bagian pinggang, tulang belakang dan selangkangan.

Beberapa bagian tubuh ibu hamil akan terasa tegang, hal ini memang wajar adanya. Akan tetapi tanda mau melahirkan adalah pada bagian selangkangan akan terasa nyeri yang lebih dari biasanya, ini dikarenakan kepala janin sudah berada di sekitaran rangka tulang pelvis yang menendakan siap untuk terlahir ke dunia.

tanda mau melahirkan anak nyeri pinggang

  • Mulainya timbul kontraksi.

Ini adalah ciri yang akan selalu anda temukan sebagai tanda tanda persalinan yaitu dengan munculnya kontraksi dalam frekuensi cukup sering, bahkan dengan di serta nyeri berkepanjangan. Jika hal ini sudah terjadi maka sudah bisa dipastikan bahwa bayi dalam kandungan sudah siap dan kepalanya sudah ada di bagian bawah.

 tanda akan melahirkan bayi kontraksi

Kontraksi muncul dan hilang dan berlangsung 15-20 menit sekali. Intensitas semakin meningkat menjadi tiap 5-10 menit sekali mendekati waktu persalinan/pembukaan serviks atau rahim.

  • Keluar gumpalan darah di sertai dengan lendir.

Banyak ibu yang menyalah artinya keluarnya darah dari jalan melahirkan, hal ini tidak selalu terjadi pendarahan yang akan membahayakan bagi ibu dan janin. Akan tetapi menjadi sebuah tanda kelahiran bayi secara normal, kenapa bisa keluar darah di sertai dengan lender (lendir bercampur darah)?

tanda tanda akan melahirkan gumpalan darah

Normalnya dinding rahim yang tidak di buahi akan gugur yang berupa darah, namun karena ini sudah dibuahi dan serviks mulai membuka, maka membran yang berfungsi sebagai pelindung bayi akan terpisah dengan dinding rahim. Inilah yang akan bercampur dengan mucus dan biasanya keluar berupa caiaran lengket dan sering kali berwarna merah.

  • Air ketuban pecah.

Ini hal yang paling mudah anda mengerti sebagai tanda akan lahiran dengan pecahnya air ketuban, jika sudah terjadi maka segeralah pergi ke rumah sakit atau rumah bersalin karena anda akan segera kontrasi dan memacu bayi supaya bisa lahir dengan normal, sebaiknya jangan sampai air ketuban kering.

tanda tanda akan melahirkan - ketuban pecah

Pada beberapa kehamilan, juga ditemui gejala akan melahirkan seperti : perut ibu hamil yang terasa mengeras, keluar flek darah, rasa seperti ingin buang air kecil/pipis yang tak tertahankan, kondisi psikologis bunda yang tidak stabil, semburan air (bukan air seni) dari organ intim wanita bumil, dan masih banyak lagi tanda-tanda lain yang berbeda-beda pada bumil yang satu dengan ibu hamil yang lain.

baca: Biaya Persalinan di Bidan dan Secara Caesar?

Hamil anak perempuan

Hamil anak laki-laki

Morning sickness hebatMual tidak separah, mualnya tidak hanya pada pagi hari
Perut melebarPerut mancung ke depan
Sakit di sekitar pangkal panggulSakit di tulang belakang
Detak jantung di atas 140 denyut per menitDetak jantung di bawah 140 denyut per menit
Payudara sebelah kiri lebih besarPayudara sebelah kanan lebih besar
Seluruh tubuh lebih hangatSuhu kaki lebih dingin
Telapak tangan biasa sajaTelapak tangan kering dan pecah-pecah
Rambut menjadi lebih kemerahanKondisi rambut normal
Ngidamyang manis, segar dan susu/olahan susuNgidam yang asin atau asam
Sifat lebih moody, sensitif, cerewetPerubahan sifat tidak signifikan, cenderung cuek
Terlihat lebih “cantik”, berdandanTampil kucel atau malas dandan
Kulit bersinarWarna kulit kusam, bercak hitam, berjerawat
Suka tidur menghadap ke kananSuka tidur menghadap ke kiri

baca: Daftar Imunisasi Bayi 1 Tahun Pertama

Tidak sulit bukan, cara bunda untuk mengenali tanda tanda akan melahirkan, memang beberapa hal di atas bersifat sepele bahkan sering kali di anggap remeh namun ini memberikan peran yang penting saat anda melahirkan nantinya.