Tanda Kehamilan Yang Umum Dialami Bunda

Bagi anda para pasangan yang baru saja memulai kehidupan baru sebagai suami istri, keinginan memiliki momongan merupakan hal yang sangat wajar dan alamiah. Terlebih lagi jika anda adalah pasangan yang menginginkan keturunan dalam waktu yang dekat.

Maka tak jarang para pasangan suami istri seperti anda dan suami akan menempuh berbagai cara mulai dari yang sederhana hingga mengikuti program khusus dengan pakar atau seseorang yang ahli dibidang kandungan secara medis.


Lalu jika anda termasuk salah satu dari sekian pasangan suami istri yang menginginkan kehadiran momongan dan juga telah melakukan beberapa program kehamilan, tentu anda ingin sekali mengetahui apakah anda sudah memasuki masa kehamilan atau belum bukan? Berikut ini kami rangkum setidaknya terdapat 12 tanda tanda kehamilan yang kerap datang pada usia hamil muda (trimester pertama).

12 Tanda Kehamilan yang Perlu Anda Ketahui

  1. Terlambat datang bulan

Mungkin gejala ini sering terjadi pada anda yang memang memiliki siklus datang bulan atau haid yang kurang teratur karena pengaruh tingkat stress dan terlalu lelah. Namun jika siklus haid anda tergolong teratur dan setelah anda melakukan hubungan dengan suami haid menjadi mundur selama satu hingga dua minggu, bisa jadi anda positif hamil. Segera lakukan uji kehamilan dengan menggunakan alat tes kehamilan yang sederhana dan bisa anda dapatkan di supermarket atau apotek terdekat, atau anda bisa langsung memeriksakannya ke dokter kandungan yang anda percaya.

  1. Mual dan muntah di pagi hari
    Mual dan muntah di pagi hari atau sering disebut dengan gejala morning sickness merupakan salah satu dari tanda tanda kehamilan yang kerap muncul. Biasanya gejala ini timbul disertai perasaan yang tidak enak karena perubahan dan peningkatan hormon yang menyebabkan perut terasa pedih dan mual. Morning sickness bisa jadi merupakan gejala hamil yang paling sering dijumpai pada sebagian besar ibu yang hamil muda.
  2. Sering kencing
    Perubahan dan peningkatan hormon pada ibu hamil selain menyebabkan mual dan muntah juga dapat meningkatkan aliran atau sirkulasi darah. Ini dapat mengakibatkan ginjal bekerja dengan ekstra sehingga air seni yang dihasilkan pun akan lebih banyak.
  3. Perubahan pada payudara
    Ibu hamil terutama pada awal-awal usia kehamilan akan merasakan perubahan pada payudaranya. Salah satu tanda ialah pada perubahan ukuran yang cenderung lebih besar dan terasa lebih berat dari sebelumnya. Hal ini disebabkan karena hormon yang meningkat dan tubuh ibu hamil akan secara alami mulai menyimpan lemak untuk cadangan air susu ketika buah hati anda lahir.
  4. Perut kembung dan sulit buang air besar
    Perubahan pada rahim menjadikan perut terasa kembung. Ini sering terjadi ketika sang ibu selesai memakan sesuatu. Perut yang terasa penuh dan begah tersebut sangat mengganggu apalagi ditambah sulitnya buang air besar. Namun tanda tanda kehamilan yang satu ini tidak hanya dijumpai pada ibu hamil saja, oleh karenanya perlu adanya pemeriksaan lebih lanjut.
  5. Ngidam
    Ngidam merupakan satu dari sekian banyak tanda kehamilan yang paling populer. Ngidam merupakan gejala dimana anda mendadak ingin makan sesuatu yang miungkin diluar kebiasaan anda. Misalnya ingin makan mangga di tengah malam, atau bisa juga sebaliknya, anda menolak beberapa makanan tertentu yang biasa anda makan. Ini merupakan pertanda tubuh anda memerlukan asupan makanan yang lebih besar dari biasanya.
  6. Suhu tubuh meningkat
    Suhu tubuh yang normal biasanya hanya sekitar 35° sampai 36°C. Namun pada ibu hamil di saat masa subur, suhu tubuh akan meningkat hingga 38°C. Jika suhu tubuh terus meningkat, bisa jadi anda sedang hamil muda.
  7. Perubahan mood
    Moody atau perasaan yang sering berubah-ubah kerap muncul di saat hamil muda. Memang hampir mirip dengan gejala pra menstruasi, namun bedanya tentu tidak diiringi dengan keluarnya darah haid.
  8. Muncul vlek
    Muncul vlek seperti darah haid dalam jumlah sedikit juga bisa menjadi tanda anda mulai hamil. Biasanya vlek berwarna merah muda dengan jumlah yang tidak banyak, bahkan sangat sedikit.
  9. Sakit pinggang, pusing, dan pingsan
    Pegal-pegal di seluruh tubuh terutama dibagian pinggang kerap muncul pada ibu hamil. Ini disebabkan perubahan otot pada pinggang dan perut serta meningkatnya aliran darah sehingga akan terasa pegal walaupun tidak melakukan pekerjaan yang berat. Bahkan tak jarang karena tidak tahan dengan rasa pegal dan pusing yang dialami, ibu yang sedang hamil muda ini akan mudah pingsan. Jika anda mengalami tanda tanda kehamilan seperti ini, sebaiknya perbanyak konsumsi buah dan sayur serta suplemen penambah darah bila diperlukan agar kondisi tubuh anda tetap kuat dan tidak kekurangan darah.
  10. Senstitif terhadap bau
    Ibu hamil biasanya sangat sensitif dengan beberapa bau-bauan seperti bawang putih, parfum, dan sebagainya. Ini dipicu oleh peningkatan hormon yang mengakibatkan sel-sel indera penciuman bekerja lebih tinggi dari biasanya sehingga kadang bau bauan yang tidak menyengat pun akan terasa sangat menyengat di hidung ibu hamil. Tak jarang jika ibu hamil tidak tahan dengan bau yang dihirupnya, ia akan merasa mual dan ingin muntah.
  11. Hasil tes uji kehamilan positif
    Terakhir, jika anda melakukan tes uji kehamilan setelah belum lama berhubungan dengan pasangan anda dan dinyatakan positif, anda perlu berbahagia karena sebentar lagi akan ada buah hati yang melengkapi hidup anda dan suami anda. Jangan lupa rajin memeriksakan kandungan anda ke dokter agar anda dan buah hati tetap sehat dan kuat.

TAGs: beda vlek hamil dengan datang bulan, ciri hamil yang umum diaalami, saat hamil suhu tubuh meningkat di sebabkan karena, tanda tanda hamil muda yang sering di jumpai ibu hamil

loading...