DAFTAR ISI HAMILPLUS.COM [820+ Artikel]

Taman Minimalis Depan Rumah Bisa Dikerjakan Sendiri

Taman minimalis depan rumah bisa dijadikan dekorasi alami dan juga bisa dijadikan penyejuk rumah. Apalagi bagi yang tinggal di kawasan perkotaan atau wilayah dengan cuaca panas, taman bisa jadi sumber oksigen yang membuat suasana rumah jadi semakin sejuk.

Bikin taman di depan rumah nggak cuma bisa dikerjakan oleh ahli dekorator eksterior saja! Ada banyak sekali panduan dan cara yang bisa dilakukan untuk menciptakan taman tersebut secara mandiri tanpa harus melibatkan para ahli.

Cara membuat taman minimalis depan rumah, hasil memuaskan

Anda bisa membuat taman depan rumah minimalis lahan sempit dimanapun lahan luas dengan beberapa cara berikut ini:

  1. Perhatikan luas area lahan yang hendak dibuat taman

Satu hal pertama yang paling mendasar dalam mendesain dan membuat taman minimalis ialah luas lahan. Luas atau sempitnya lahan sangat mempengaruhi pemilihan jenis tanaman dan desain untuk mempercantik taman di depan rumah.

Kalau lahan yang tersedia luas, Anda bisa memilih jenis tanaman yang memang berukuran besar, menambahkan tempat bermain untuk anak-anak atau menambahkan kolam untuk lebih mempertegas kecantikan taman.

Tapi bila lahan yang tersedia sempit, tak perlu khawatir karena Anda tetap bisa menyulapnya menjadi taman yang nyaman dan asri. Jenis tanaman berukuran kecil bisa dijadikan pilihan. Kamu juga bisa menambah gemercik air mancur untuk kesan sejuknya. Untuk lahan yang sempit, Anda juga bisa mensiasati dengan berbagai tanaman hias gantung yang akan semakin memperindah taman.taman minimalis depan rumah lahan sempit taman minimalis depan rumah lahan sempit taman minimalis depan rumah lahan sempit taman minimalis depan rumah lahan sempit taman minimalis depan rumah lahan sempit taman minimalis depan rumah lahan sempit

  1. Sesuaikan tema taman dengan tema rumah

Untuk langkah yang kedua cara membuat taman depan rumah ialah menyesuaikan tema taman yang hendak dibuat dengan tema rumah. Tema pokok minimalis memang menjadi dasar utamanya, namun jangan abaikan beberapa hal yang perlu disesuaikan dengan tampilan rumah. Beberapa hal ini diantaranya seperti bahan pembuatan taman, warna dan corak yang digunakan.

Ketidak matching-an rumah dengan taman juga dapat menimbulkan kesan kontras yang tak enak dipandang mata. Beberapa contoh misalnya jika Anda ingin menambahkan unsur kayu pada taman apakah sesuai dengan tema rumah, atau justru yang diperlukan hanya pipa atau ornamen batu kerikil hias. Lalu warna pot juga dapat diatur sedemikian rupa sehingga hasil akhirnya bisa match dengan tema rumah.

  1. Pilihlah jenis tanaman yang sesuai

Setelah menetukan desain, kini saatnya menetukan jenis tanaman yang hendak ditanam. Untuk pemilihan jenis tanaman ini, yang perlu diperhatikan ialah ukuran tanaman yang disesuaikan dengan lahan, kombinasi warna yang dihasilkan serta kemudahannya dalam merawat tanaman tersebut. Jenis tanaman tidak melulu jenis bunga tapi tanaman sayuran juga bisa dijadikan pilihan untuk menghias rumah sekaligus dapat dimanfaatkan.

  1. Lakukan penataan letak taman yang pas

Jika tanaman sudah terpilih, langkah selanjuntnya ialah melakukan penataan terhadap tanaman-tanaman tersebut untuk menciptakan taman yang asri dan hidup. Di sini Anda bisa mengekslor imajinasi untuk melakukan penataan tanaman.

Taman minimalis depan rumah type 36 juga bisa dijadikan standar dalam mendesain tata letak. Misalnya saja ada beberapa tanaman yang ditanam pada pipa, ada beberapa tanaman yang ditanam dalam pot, dihantung dan sebagainya.

  1. Jangan abaikan drainase

Langkah terakhir ini sangatlah penting untuk kelangsungan hidup dan kesuburan taman. Drainase atau sistem pengairan harus diperhatikan dengan seksama. Selalu kontrol kondisi tanah supaya tidak terlalu kering agar taman tetap subur. Kamu juga bisa meletakkan sumber saluran air di dekat taman tersebut sehingga mempermudah proses drainase.

Demikianlah beberapa cara membuat taman minimalis depan rumah yang mudah untuk dilakukan. Tunggu apa lagi? Segera perindangdan praktekkan pada lahan depan rumahmu!