Daftar Isi HamilPlus.Com (760+ Artikel)

Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini s/d Sekolah Dasar

Anda harus mengetahui aspek aspek psikologi perkembangan anak untuk memantau setiap perkembangan yang anak anda lakukan. Selain itu apabila anda memahami mengenai tahapan tahapan yang ada dalam aspek tersebut, anda akan tahu bagaimana caranya anda bersikap dan memberikan perlakuan terhadap anak anda agar anak anda dapat tumbuh dengan baik dan menjadi anak yang cerdas.

Masa anak anak merupakan masa yang sangat penting untuk menanamkan segala perlakuan yang anda ajarkan terhadap anak anda. Masa masa tersebut adalah masa usia 0-7 tahun, anak anda benar benar melihat, meniru, dan melakukan apa yang anda lakukan.

Jadi jangan sampai anda melakukan sesuatu yang tidak baik di depan anak anda, atau terlebih lagi anda mengajarkan hal yang tidak baik untuk anak anda.

psikologi perkembangan anak, psikologi perkembangan anak usia dini, psikologi perkembangan anak usia sekolah dasar, psikologi perkembangan anak pdf, psikologi perkembangan anak smp, psikologi perkembangan anak usia dini pdf, psikologi perkembangan anak usia sd, psikologi perkembangan anak usia sekolah, psikologi perkembangan anak berkebutuhan khusus, psikologi perkembangan anak usia 4-5 tahun, psikologi perkembangan anak tk, psikologi perkembangan anak cacat

Inilah Aspek dari Psikologi Perkembangan Anak

Adapun aspek aspek dari psikologi perkembangan anak adalah sebagai berikut.

  • Aspek perkembangan kognitif. Pada aspek ini si anak memiliki 4 tahapan yang dilihat dari usianya. Pada usia 0-2 tahun merupakan tahapan sensor motorik yang artinya gerakan refleks. Usia 2-7 tahun tahapan pra-operasional yang artinya sudah bisa berbahasa. Usia 7-11 tahun tahapan konkret operasional yang artinya sudah mulai berfikir secara rasional. Usia 11-15 tahun tahapan operasional formal yang artinya sudah bisa berfikir secara abstrak.
  • Aspek perkembangan fisik. Ini merupakan aspek perkembangan motorik yang ada pada seorang anak. Seorang anak akan memiliki perkembangan motorik kasar dan halus. Yang artinya sama sama melakukan suatu gerakan yang terus berkembang setiap usianya.
  • Aspek perkembangan bahasa. Ini merupakan suatu perkembangan dari segi bahasa yang artinya anak tersebut melakukan suatu ucapan dari mulutnya. Si anak juga nantinya akan menuliskan apa yang ia ucapkan dan ini akan terus berkembang seiring dengan bertambahnya usia.
  • Aspek perkembangan sosio emosional. Ini merupakan aspek yang paling penting sebab berkaitan dengan emosi dan cara dia beradaptasi dengan lingkungannya. Aspek ini terus bertahap menjadi lebih berkembang ketika usia anak anda semakin bertambah.

Psikologi Perkembangan Anak

Itulah keempat aspek dari perkembangan anak yang harus anda ketahui. Ketahui pula, anak anda dapat melewati keseluruhan tahapan tersebut apabila anda pun ikut turun tangan dalam proses perkembangan psikologi nya.

Seperti pada aspek perkembangan kognitif, anda harus sering melakukan interaksi gerakan kepada anak, ajarkanlah gerakan gerakan ringan agar sensor motoriknya dapat menyimpan dan nantinya ia akan bisa menggerakkannya sendiri.

Lalu pada perkembangan bahasa, anda harus lebih sering berinteraksi kepada anak secara verbal. Ajarkanlah bahasa yang baik dan benar sedari kecil, ini akan mempengaruhi cara ia berbahasa ketika usia ia bertambah. Untuk aspek sosio emosional, nampaknya peran anda sebagai orang tua sangat kuat di sini.

Bagaimana anda menanamkan rasa percaya diri, berbagai macam emosi yang anda ajarkan, dan bagaimana anda mengajarkan cara beradaptasi dengan lingkungan, sangat berpengaruh pada perkembangan anak anda. Demikianlah pembahasan mengenai psikologi perkembangan anak.