Daftar Isi HamilPlus.Com (730+ Artikel)

Perkembangan Anak Usia 0 1 Tahun

Perkembangan Anak Usia 0 1 Tahun – Memiliki anak merupakan anugerah dari Tuhan, dengan begitu bagi para orang tua haruslah bisa merawat, mendidik, dan menjaganya dengan baik. Merawat, mendidik, dan juga menjaga anak bukanlah pekerjaan yang mudah. Bagaimana tidak, anak itu seperti halnya kertas putih yang kosong dan tinta hitam adalah ibarat orang tuanya.

Jadi, bagaimana kertas itu berisi tulisan atau coretan tergantung dari peran orangtuanya. Berbicara masalah perkembangan, anak merupakan hal yang menari, apalagi jika kita dalah orang tua baru atau baru saja mendapatkan seorang anak. Tentunya pengalaman melihat perkembangan seorang anak akan sangat dinantikan.

Berikut Perkembangan Anak Usia 0 1 Tahun

Sebenarnya apa itu arti kata perkembangan? Ya, perkembangan sendiri adalah serangkaian proses bertambahnya kemampuan dalam struktur maupun fungsi tubuh yang teratur. Nah, masa perkembangan anak itu adalah sebuah proses yang sangat spesifik. Spesifik dimana kita sebagai orang tua dapat mengetahuinya atau dapat mengenalinya dari tahap ke tahapan selanjutnya.perkembangan anak usia 0 1 tahun 2

Meskipun begitu, kadang antara anak yang satu dengan anak yang satunya lagi, proses perkembangannya tidak sama. Aspek-aspek yang ada dalam tahapan perkembangan anak di usia 0 sampai 1 tahun antara lain meliputi yaitu perkembangan motorik kasar, perkembangan motorik halus, perkembagan aspek kognitif, perkembangan aspek bahasa, perkembangan aspek sosial, perkembangan aspek emosi, dan juga perkembangan aspek agama.

Kita mulai dari gerakan motori kasar misalnya seperti menendang, menjejak, meraih, dan melempar. Semuanya itu, karena adanya gerakan otot-otot besar. Perkembangan kognitif meliputi antara lain yaitu melihat ke arah orang-orang yang sedang bergerak, diam ketika akan digendong, mata bergerak-gerak, mulai tersenyum, menengok saat ada suara, memegang mainan, mulai senang bermain dengan orang-orang, mengeluarkan suara tertawa, mulai senang melihati tangannya sendiri, menikmati mainannya, mulai mencoba meraih benda yang tinggi, dan sebagainya. Kemudian gerakan motorik lembut meliputi:

  1. Gerakan seimbang dimulai sejak lahir sampai 0,5 bulan, gerakannya menekuk bagian tangan dan kaki.
  2. Mengangkat kepala dimulai usia 20 hari.
  3. Duduk dengan kepala tegak dimulai usia 1,5 bulan sampai 3 bulan.
  4. Menumpu badan pada kaki dimulai usia 1,2 bulan sampai 4 bulan 3 minggu.
  5. Dada terangkat dan bertumpu pada lengan dimulai usia 2,5 bulan sampai 5 bulan.
  6. Tengkurap sendiri dimulai usia 1 bulan 3 minggu.
  7. Ditarik untuk duduk kepala tegak usia 2 bulan 3 minggu sampai 6 bulan.
  8. Duduk tanpa adanya pegangan dimulai usia 5 bulan sampai 7 bulan.perkembangan anak usia 0 1 tahun 2

Nah, itulah beberapa perkembangan anak sekitar usia 0 sampai 1 tahun. Di saat anak usia tersebut, kita akan melihat banyak perkembangan yang dilakukan oleh si anak. Oleh karena itu, kita sebagai orang tua jangan sampai tertinggal atau kelewatan untuk menyaksikan proses perkembangan si anak. Semuanya tidak dapat diulang, bukan? Kecuali kita mempunyai anak lagi selanjutnya.

Untuk menjadi memori, kita juga dapat merekam atau menuliskan proses perkembangan anak kita agar menjadi lebih menyenangkan.