Yang Harus Dilakukan Suami di Masa Kehamilan

Masa kehamilan bagi seorang ibu adalah sebuah perjuangan untuk mewujudkan lahirnya buah hati yang sehat. Masa kehamilan selama 9 bulan diharapkan menjadi hal menyenangkan buat seorang ibu, bukan menjadi sebuah beban dan harus mendapat dukungan dari suami dan keluarga. Dengan mengetahui tanda-tanda kehamilan dari semula maka kita mempunyai kesempatan lebih untuk memberikan hal terbaik untuk calon ibu dan perkembangan janin yang ada di dalam rahim.

Selalu menjaga pola hidup sehat baik dari segi makanan ataupun aktivitas yang lain akan membuat masa kehamilan dilewati dengan sempurna. Siapa yang paling besar berpengaruh dalam masa kehamilan ini, yaitu suami. Berikut  beberapa hal yang harus dilakukan suami untuk menemani sang istri selama masa kehamilan.

Sebelum membahas hal apa saja yang mesti suami lakukan di masa kehamilan sang istri, mungkin Anda pun perlu mengetahu berbagai tanda kehamilan.Peran Suami Saat Persalinan 3

Mencurahkan perhatian

Seorang suami tidak boleh terlalu sibuk dengan urusan sendiri dan harus mempunyai banyak waktu untuk mencurahkan perhatian kepada istrinya ini adalah salah satu bukti kasih sayang yang tercurahkan untuk sang istri dan calon buah hati, intinya harus bisa menekan ego dalam hal apapun.

Dari sisi psikologis seorang laki – laki tidak memerlukan perhatian sebanyak seorang wanita apalagi dalam masa kehamilan, dalam sebuah penelitian seorang wanita yang jarang disentuh dan mendapat perhatian suami akan mempengaruhi tingkat depresi dan menyebabkan kurang percaya diri dan ini akan mempengaruhi kondisi janin dan masa depan sebuah rumah tangga, makanya ada benarnya sebuah istilah “jablai” untuk seorang istri yang jarang mendapat kasih sayang dari suaminya.

Apa yang bisa dilakukan suami ketika masa kehamilan istri untuk mencurahkan perhatiannya, suami harus lebih aktif memperhatikan setiap perubahan yang terjadi dengan sang bayi seperti membacakan ayat- ayat suci, memutarkan lagu – lagu religi untuk bayi,(bayi saat usia 20 minggu dalam masa kehamilan ibu, bisa mendengarkan suara dari luar). Ciumlah bayi yang masih dalam rahim seolah –olah sudah lahir didunia ini.

Menjadi suami yang selalu siap

Dalam sebuah iklan di televisi ada slogan menjadi suami siaga “siap antar dan menjaga”, sebagai seorang suami anda harus bisa mengurangi rutinitas individual anda baik pekerjaan atau yang lain. Selalu sempatkan diri untuk menemani aktivitas sang istri dalam masa kehamilan ini terutama dalam hal – hal tertentu seperti memeriksakan kandungan dan konsultasi.

Seorang suami tidak boleh diam saja dan membiarkan seorang istri akhirnya merasa sendirian, seorang suami tidak boleh membuat isitri merasa malu di depan umum misal ada sesuatu kesalahan yang dilakukan oleh sang istri. Selama masa kehamilan saat anda mengantarkan istri anda periksa ke dokter ajukan beberapa pertanyaan apa yang bisa dilakukan suami dalam menjaga masa kehamilan istri ini.

Menjaga kesehatan istri

Selama masa kehamilan menjaga kesehatan istri sangat penting sekali, sebagai suami anda harus bisa ikut andil. Misalnya memperhatikan pekerjaan – pekerjaan istri, jangan sampai istri melakukan aktivitas berat yang dirasakan bisa mengganggu masa kehamilan. Perhatikan vitamin yang harus di minum, ajaklah jalan – jalan atau sekedar olahraga ringan selama masa kehamilan.

Jika anda seorang perokok maka ini adalah saat yang tepat untuk berhenti merokok, karena asap rokok tidak baik untuk ibu hamil apalagi untuk perkembangan janinnya. Dalam masa kehamilan istri akan sering mengalami berbagai hal yang kurang mengenakkan sebagai gejala kehamilan, misalnya mual sakit kepala atau pusing, punggung sakit, anda harus selalu siap untuk membantu dan menemani istri dalam kondisi ini.

Melayani istri dengan baik

Masa kehamilan memang memerlukan kesabaran exstra anda harus bisa melayani istri anda dengan baik, ajaklah jalan – jalan ke mall atau berbelanja keperluan bayi, anda anda bersabar jika istri berlama – lama saat memilih peralatan bayi.

Tawarkan untuk membawakan tas belanja walaupun kondisi nya tidak berat, pada saat dirumah anda harus mencoba menawarkan hal – hal kecil misalnya yang biasa dilakukan oleh istri anda seperti memasak menyapu mengepel dan lain, hal ini bukan kita mau ambil posisi istri dalam tugas rumah akan tetapi agar istri merasa aman, tenang, dan merasa bahwa anda bisa diandalkan.

Jika anda atau istri anda ingi berhubungan badan maka anda lebih baikkonsultasi ke dokter terlebih dahulu tentang cara aman melakukan hubungan pada saat hamil. Karena pada dasarnya berhubungan badan pada masa kehamilan ini tidak berbahaya.

Membicarakan rencana untuk buah hati

Pada masa kehamilan salah satu cara untuk membuat harmonis hubungan suami istri yaitu dengan membuat beberapa rencana yang menyangkut buah hati anda nanti misalnya, nanti bayi akan diberi nama siapa, mau di letakkan di posisi mana, ingin pakai kereta dorong yang seperti apa dan lain sebagainya,

dan jika mungkin anda memiliki dana yang tidak terlalu besar anda bisa meminjam terlebih dahulu kepada saudara – saudara yang mungkin anaknya sudah besar dan beberapa perlengkapan sudah tidak dipakai lagi, mungkin itu beberapa hal yang bisa dilakukan oleh suami pada masa kehamilan istri bagaimanapun juga masa kehamilan merupakan masa – masa indah yang sayang sekali dilewatkan oleh anda dan pasangan anda.