Stadium Kanker Payudara dan Pengobatannya

Stadium kanker payudara merupakan istilah yang digunakan untuk menunjukkan kondisi penyakit kanker yang berupa letak, tingkat penyebaran sel kanker, dan juga pengaruh yang ditimbulkan sel kanker terhadap organ – organ tubuh yang ada di sekitarnya. Kanker payudara sendiri setidaknya dapat digolongkan menjadi 5 stadium yaitu :

Tahapan Stadium Kanker Payudara dan Pengobatannya

  1. Stadium Kanker Payudara 0

Kanker payudara stadium 0 disebut juga dengan Ductal Carcinoma In Situ ataupun Noninvasive Cancer. Artinya, sel – sel kanker yang ada di dalam payudara belum menyebar keluar dari pembuluh payudara sama sekali. Pendeteksian stadium 0 pada kanker payudara pada dasarnya sangat sulit untuk dilakukan.

stadium kanker payudara, stadium kanker payudara pdf, stadium kanker payudara tnm, stadium kanker payudara dan pengobatannya, stadium kanker payudara pada wanita, stadium pada kanker payudara ,stadium awal kanker payudara, tingkatan stadium kanker payudara, stadium 4 kanker payudara, stadium 2 kanker payudara, stadium kanker payudara menurut who, stadium kanker payudara adalah

  1. Stadium Kanker I

Di stadium ini, sel – sel kanker telah mulai menyebar keluar dari jaringan pembuluh payudara. Tanda awal dari kanker payudara stadium I yang paling umum adalah timbulnya tumor di bagian payudara yang berukuran sangat kecil. Jika kanker payudara sudah bisa terdeteksi pada stadium I, maka kemungkinan untuk pengangkatan sel kanker tanpa mengangkat jaringan pembuluh payudara masih sangat besar.

  1. Stadium Kanker II

Kanker payudara stadium II biasanya ditandai dengan ukuran tumor yang berada di kisaran 2 hingga 5 cm. Di stadium ini, sel – sel kanker belum tersebar terlalu jauh dan biasanya belum sampai ke bagian pembuluh getah bening yang ada pada ketiak. Pada tingkatan stadium ini, penderita kanker payudara dapat ditolong dengan jalan pengangkatan sel kanker yang disertai dengan kemoterapi secara rutin.

  1. Stadium Kanker III

Stadium III pada kanker payudara biasanya ditandai dengan ukuran diameter tumor yang sudah lebih dari 5 cm. Pada masa stadium ini, sel – sel kanker biasanya telah menyebar ke beberapa titik yang ada pada pembuluh getah bening yang ada di ketiak dan tulang selangka bagian bawah. Meskipun sudah tergolong kronis, penderita kanker payudara stadium III masih memiliki harapan untuk selamat dengan tindakan kemoterapi secara berkala dan rutin.

stadium kanker payudara dan pengobatnnya, stadium kanker payudara dan pengobatannya pdf, stadium kanker payudara dan pengobatannya tnm, stadium kanker payudara dan pengobatannya, stadium kanker payudara pada wanita, stadium pada kanker payudara ,stadium awal kanker payudara, tingkatan stadium kanker payudara, stadium 4 kanker payudara, stadium 2 kanker payudara, stadium kanker payudara menurut who, stadium kanker payudara adalah

  1. Stadium Kanker Payudara IV

Stadium kanker payudara IV ditandai dengan ukuran sel kanker yang sudah semakin membesar dan juga telah menyebar ke beberapa organ yang ada di sekitar payudara seperti paru – paru, liver, dan tulang. Orang yang mederita kanker payudara stadium IV cenderung sudah tidak dapat disembuhkan baik melalui tindakan kemoterapi ataupun tindakan pembedahan.