hamilplus.com

Seserahan Untuk Pria Sebagai Balasan dari Calon Pengantin Wanita

Seserahan untuk pria ternyata ada juga lho dan tidak hanya untuk calon pengantin wanita. Memang sudah tradisi yang turun temurun dan masih berlaku hingga saat ini jika di dalam sebuah pernikahan selalu terdapat seserahan yang diberikan oleh pihak mempelai laki-laki ke mempelai wanita yang diartikan sebagai simbol sudah bertanggung jawab dan memenuhi kebutuhan lahir batin sang istri.

Namun tak hanya pihak pengantin laki-laki saja yang memberikan seserahan, pada saat mempelai wanita dan keluarga berkunjung ke kediaman mempelai pria juga harus membawa seserahan.

Daftar isi seserahan untuk pria dari wanita

Dalam memberikan seserahan balasan untuk mempelai pria dan keluarganya tentunya harus sudah dipersiapkan secara matang sebelumnya. Tidak hanya berupa makanan, seserahan yang diberikan kepada pengantin pria juga terdiri dari beberapa barang yang dikemas dengan menarik.

seserahan untuk pria - seserahan balasanBerikut ini adalah isi seserahan yang biasanya diberikan kepada pengantin pria:

  1. Perangkat pakaian resmi

Jika pada seserahan pihak pria kepada mempelai wanitanya terdapat seperangkat pakaian, begitu pula dalam seserahan untuk pria, pakaian resmi merupakan pilihan tepat. Pakaian resmi seperti kemeja, celana panjang formal dan sepatu akan mendukung sang suami ketika bekerja dalam mencari nafkah untuk mencukupi kebutuhan rumah tangga.

  1. Barang-barang yang berkaitan dengan kegemaran pengantin pria

Barang-barang yang berkaitan dengan hobi atau kegemaran pengantin pria juga sangat pas untuk diberikan sebagai seserahan. Selain akan membuat hati pasangan semakin senang di hari bahagia, mendukung hobi positif suami merupakan bentuk support asal hobinya merupakan hal yang positif. Misalnya saja jika pengantin pria suka memotret, berikan kamera dalam seserahan yang dikemas secara baik beraksesoris.

  1. Peralatan ibadah

Perlengkapan ibadah juga perlu diberikan oleh pihak pengantin wanita ke pengantin pria. Jika pihak pria memberikan perangkat ibadah sebagai mahar pada umumnya, pemberian peralatan ibadah untuk pengantin pria seperti sarung, peci, sajadah, kitab suci dan lainnya merupakan bentuk dukungan sang istri agar sang suami semakin taat beribadah. Dengan demikian, sang suami dapat menjadi imam yang baik bagi keluarga yang baru saja dibangun.

  1. Perlengkapan perawatan

Siapa bilang hanya seorang wanita yang membutuhkan perawatan. Seorang pria pun membutuhkan perawatan baik tubuh maupun wajah. Perlengkapan mandi dan perawatan lainnya dapat dijadikan ide pemberian angsul-angsul untuk pria sebagai seserahan balasan.

Angsul-angsul merupakan kata lain dari seserahan yang memiliki makna yang sama. Perlengkapan mandi yang dapat diberikan antara lain handuk, sabun mandi, sampo, sabun wajah dan masih beberapa hal lain yang dibutuhkan.

Sedangkan untuk perlengkapan perawatan dapat berupa pencukur kumis, sabun perawatan wajah dan tubuh serta lain sebagainya. Supaya tidak sayang, sebaiknya tanyakan dahulu sabun dan perlengkapan lain yang sudah digunakan oleh pengantin pria supaya tidak terbuang sayang.

Arti Makna dan Filosofi Seserahan / Hantaran

Seserahan tak hanya diberikan oleh pihak pengantin pria saja namun juga diberikan oleh pihak mempelai wanita kepada mempelai pria. Tradisi ini disebut seserahan atau angsul-angsul balasan. Semoga beberapa ide mengenai isi seserahan untuk pria di atas dapat menginspirasi.


Scroll Up