Daftar Isi HamilPlus.Com (760+ Artikel)

Senam Perut Pasca Persalinan, Solusi Ampuh Melangsingkan

Salah satu dampak kehamilan dan persalinan yang paling sering dialami oleh para ibu adalah bertambahnya berat badan mereka. Ibu yang baru saja melahirkan akan mengalami penggemukan, terutama di bagian prut. Para ibu terkadang merasa tidak percaya diri dengan penampilan baru mereka. Untuk mengatasi hal itu, mereka melakukan senam perut pasca persalinan.

Gerakan senam perut pasca persalinan adalah gerakan latihan yang selalu melibatkan kerja otot-otot perut. Senam perut bertujuan untuk membuat perut besar sang ibu pasca melahirkan supaya kembali kencang.

Gerakan Senam Perut Pacsa Persalinan

  1. Melakukan sit up

Gerakan yang satu ini pasti tidak asing lagi. Sit adalah salah satu olahraga yang dapat membuat otot perut semakin kuat serta dapat mengecilkan perut. Gerakan sit up dimulai dengan cara berbaring sambil menekuk lutut serta meletakkan tangan di belakang kepala. Kemudian angkatlah bahu dan kepala Anda dengan posisi tangan tetap di belakang kepala.

Senam Perut Pasca Persalinan

  1. Cara berikutnya adalah dengan push up.

Beberapa ibu melakukan push up satu kaki demi mengecilkan perut mereka. Posisi push up berarti badan tengkurap namun posisi tangan berada di bawah bahu untuk menahan berat tubuh. Setelah melakukan posisi push up, angkatlah perut, punggung dan pantat.

  1. Melakukan gerakan memutar kaki

Berbaringlah dan angkatlah kaki ke atas. Setelah itu putarlah kaki secara perlahan. Kaki yang diangkat dan diputar hendaknya satu kaki dahulu kemudian bergantian dengan kaki yang lain. Ketika melakukan gerakan memutar kaki, tariklah perut Anda ke dalam sambil aturlah pernapasan. Ketika melakukan gerakan tersebut, pinggul Anda harus menempel pada lantai.

  1. Latihan nomer 4 sama dengan nomer 3,

bedanya adalah kaki dibiarkan terangkat 90 derajat. Ketika menurunkan kaki, maka lakukan penarikan pada perut Anda dan aturlah pernapasan. Saat melakukan gerakan ini, posisi kedua tangan ada di samping badan.

    5.  Lakukan gerakan shoulder lift

Berbaringlah di sebuah matras, kemudian tekuk kaki Anda. Dalam keadaan kaki menekuk, posisi telapak kaki harus menyentuh matras. Kontraksikan otot perut Anda sambil mngangkat pundak dan kepala. Gerakan shoulder lift mirip dengan sit up. Yang membedakan adalah pada shoulder lift, posisi seperti itu harus ditahan, sedangkan sit up posisi tersebut tidak perlu ditahan.

  1. Terakhir, Lakukanlah latihan dengan menahan perut dalam posisi duduk, terlentang atau berdiri

Senam Perut Pasca Persalinan 2

Sebetulnya, proses melangsingkan tubuh dapat dilakukan dengan berbagai macam latihan seperti squat, renang, atau fitness. Namun, melakukan olahraga yang terlalu berat seusai melahirkan tidak terlalu baik bagi kondisi fisik ibu yang belum sepenuhnya pulih. Olahraga yang disarankan untuk para ibu yang baru saja melahirkan dan ingin cepat langsing kembali adalah olahraga senam perut pasca persalinan.