DAFTAR ISI HAMILPLUS.COM [820+ Artikel]

Tips Agar Bayi Cerdas Secara IQ, EQ dan SQ Sejak Dini

Tips agar bayi cerdas sejak dini perlu untuk diketahui, terutama karena memilki buah hati yang cerdas adalah harapan tiap orangtua. Anak yang tumbuh dengan cerdas juga dapat menjadi kebanggaan bagi kedua orangtuanya.

Faktor yang mempengaruhi kecerdasan anak sendiri sangat beragam, di antaranya adalah faktor genetis atau keturunan serta lingkungan luar termasuk asupan makanan. Berikut akan dijelaskan mengenai beberapa tips agar bayi tumbuh dengan cerdas sedari dini.

9 Tips Agar Bayi Cerdas Sejak Dini

Tips agar bayi cerdas sejak dini ini dibagi menjadi dua, yaitu ketika bayi masih dalam kandungan dan ketika bayi sudah lahir. Perencanaan sejak awal harus dilakukan agar bayi tumbuh sehat serta cerdas.tips agar bayi cerdas sejak dini

  1. Sejak masih dalam kandungan, ibu harus memperhatikan asupan makanan yang masuk. Ini penting karena makanan yang dikonsumsi ibu tidak hanya untuk dirinya sendiri namun juga bayi dalam kandungannya. Perhatikan komposisi nutrisi serta gizi yang terkandung dalam makanan, apakah sudah lengkap atau belum. Asupan makanan ini juga penting agar ibu terhindar dari berbagai penyakit yang dapat mengganggu pertumbuhan janin.
  2. Ciptakan suasana hati nyaman, senang serta kondusif pada ibu hamil agar perkembangan bayi dapat terangsang dengan baik. Jangan memforsir tenaga terlalu keras dan hindari stress berkepanjangan.
  3. Saat kandungan berusia enam bulan, berikan rangsangan dalam bentuk sentuhan karena pada usia kandungan ini, jaringan struktur dari organ otak telah mulai berfungsi. Hal ini tak sekedar melatih kecerdasan bayi namun juga menumbuhkan ikatan antara ibu dan anak.
  4. Hindari konsumsi obat-obatan dengan iming-iming mampu merangsang kecerdasan otak untuk bayi.
  5. Setelah bayi lahir, berikan makanan pendukung ASI dengan gizi yang seimbang. Berikan pula ASI eksklusif selama enam bulan dan penuhi kebutuhan akan vitamin serta mineralnya dengan pemberian makanan yang mengandung protein, lemak serta karbohidrat.
  6. Jangan membatasi lingkungan anak dalam bermain. Semakin variatif lingkungan hidup seorang anak maka akan semakin bagus pula perkembangan otaknya. Dengan mengenal suasana yang beraneka ragam serta orang dengan berbagai sifat, anak tak hanya cerdas secara intelektual namun juga emosional dan spiritual.

    Usia Ideal Balita Mulai Bisa Merangkak

  7. Ajak anak menikmati pemandangan yang berbeda-beda seperti pantai, gunung, lembah, bukit dan lain sebagainya. Ini penting agar anak dapat berpikir serta mempelajari hal-hal yang dia lihat. Variasi lingkungan juga akan membuat sel-sel saraf di otaknya berkembang makin cerdas.
  8. Tanamkan pelajaran emosi sedari dini. Emosi ini meliputi kesabaran, kerja sama dan empati yang dapat mulai diajarkan pada anak usia nol sampai tujuh tahun.
  9. Sering berikan anak hal-hal baru, misalnya kosakata baru dan bermain origami. Anak yang cerdas akan sering merasa bosan terutama apabila mereka melakukan hal yang sama terus menerus sehingga anak harus sering diberi pengalaman baru agar otaknya dapat berkembang.tips agar bayi cerdas sejak dini

Demikian adalah beberapa tips agar bayi dapat tumbuh dengan cerdas sejak dini. Cara-cara di atas dapat diterapkan mulai dari seorang bayi masih dalam kandungan hingga ia telah lahir ke dunia dan bersosialisasi dengan orang-orang di sekitarnya. Semoga informasi ini bermanfaat. Selamat mencoba!