Manfaat Semangka Untuk Ibu Hamil

Semangka untuk ibu hamil tentunya bagus untuk dikonsumsi. Dari berbagai macam buah yang sering dikatakan menjadi pantangan bagi ibu hamil, semangka tak masuk dalam daftar makanan yang wajib dihindari oleh bumil.

Sebaliknya, semangka adalah buah yang bisa rutin dikonsumsi oleh bumil karena buah yang segar ini memiliki banyak manfaat untuk ibu yang sedang mengandung. Bagi anda yang penasaran apa saja kira-kira manfaat semangka untuk ibu hamil dan bayinya, simak informasi selengkapnya berikut ini.


Manfaat Dari Semangka Untuk Ibu Hamil

  1. Membuat Pencernaan Ibu Hamil Menjadi Lancar

Mungkin, banyak dari anda yang sudah tahu bahwa ibu hamil sering kali mengalami masalah pencernaan, salah satunya sembelit. Hal tersebut bisa terjadi karena hormon progesteron yang diproduksi banyak sehingga kerja organ pencernaan pada bumil menjadi lambat.

Nah, bagaimana cara membuat pencernaan menjadi lancar? Anda bisa mengkonsumsi buah seperti semangka karena semangka selain bisa menyegarkan, buah ini juga dapat membuat pencernaan bumil menjadi lancar tanpa hambatan. Jadi, jadikan buah semangka sebagai buah andalan saat hamil.semangka untuk ibu hamil

semangka untuk ibu hamil

  1. Mengatasi Morning Sickness

Semangka memang buah yang banyak manfaatnya. Buah ini bagus untuk dikonsumsi oleh siapa saja, termasuk ibu hamil. Salah satu manfaat semangka untuk ibu hamil adalah mengatasi morning sickness. Morning sickness adalah satu gejala yang sering dialami oleh ibu hamil pada kehamilan awal. Ketika bumil melihat makanan, ia akan langsung merasakan mual.

Untuk meredakan morning sickness tersebut, bumil bisa mengkonsumsi semangka pada pagi hari. Atau, ibu hamil bisa membuat jus semangka setiap hari dan meminumnya satu gelas setiap hari. Tak hanya morning sickness yang hilang, tetapi badan bumil akan terasa lebih sehat dan bugar.

semangka untuk ibu hamil

  1. Mencegah Dehidrasi

Dehidrasi, keadaan dimana seseorang kekurangan cairan dalam tubuh tentunya bisa membahayakan kesehatan. Begitupun ketika dehidrasi menyerang ibu hamil, dehidrasi pada bumil bisa menyebabkan bayinya lahir dalam keadaan prematur. Itulah sebabnya, ibu hamil harus rajin mengkonsumsi banyak air.

Selain ibu hamil harus rajin mengkonsumsi air putih, ibu hamil juga bisa menjadikan semangka sebagai buah yang baik untuk dikonsumsi pada saat baik karena dalam semangka mengandung 90 persen air. Itulah sebabnya, semangka bagus untuk ibu hamil.

  1. Mencegah Pembengkakan

Pembengkakan pada wajah tangan dan kaki seringkali dialami oleh ibu hamil. Pembengkakan terjadi karena otot dalam tubuh mengalami penyumbatan. Biasanya, pembengkakan pada saat hamil bisa terjadi karena ibu hamil kurang gerak. Atau, pembengkakan  bisa juga dikarenakan karena ibu kurang mengasup cairan atau minuman.

Agar pembengkakan bisa diatasi, anda bisa mengkonsumsi buah semangka. Bukankah semangka mengandung banyak cairan atau yang air yang bisa digunakan untuk mengatasi penyumbatan pada otot dan pembuluh darah. Semoga informasi tentang manfaat semangka untuk ibu hamil di atas bermanfaat bagi para pembaca.


TAGs: keputihan pd bumil amankah?, manfaat buah semangka to ibu hamil, manfaat semangka bg bumil islam, resep jus semangka untuk ibu hamull, semangka untuk ibu hamil 2017

Scroll Up