Penyebab dan Cara Mengobati Sakit Pinggang Sebelah Kiri

Sakit pinggang sebelah kiri sering diderita oleh orang-orang dengan rentan usia 30 tahun ke atas. Hal ini terjadi karena massa otot yang kian menurun serta tulang yang kian rapuh. Namun, sakit pinggang sebelah kiri juga bisa terjadi karena hal lain. Berikut beberapa penyebab sakit pinggang sebelah kiri dan cara mengobatinya.

Penyebab sakit pinggang sebelah kiri

Beberapa penyebab sakit pinggang sebelah kiri yang sering terjadi antara lain:

  1. Spinal spinosis

Spinal spinosis merupakan kondisi dimana tulang belakang mengalami penyempitan sehingga saraf pada tulang belakang tertekan. Tekanan ini menyebabkan rasa sakit pada bagian tubuh yang berhubungan dengan saraf tersebut, termasuk pinggang sebelah kiri.

Beberapa penderita juga biasanya mengalami kram, kebas, atau lemas. Biasanya gejala akan semakin bertambah parah jika penderita berdiri atau berjalan. Spinal spinosis ini bisa terjadi karena degenerasi cakram pada tulang belakang.Sakit pinggang sebelah kiri Sakit pinggang sebelah kiri Sakit pinggang sebelah kiri

  1. Siatika

Tidak jauh berbeda dengan spinal spinosis, siatika juga merupakan kondisi tertekannya saraf tulang belakang yang berhubungan dengan kaki. Siatika terjadi karena adanya pergeseran pada cakram tulang belakang, sehingga tulang belakang komposisinya tidak lagi stabil.

Beberapa gejala dari siatika juga mirip dengan spinal spinosis, yaitu munculnya rasa sakit atau rasa perih serta kesemutan atau mati rasa.

  1. Gangguan ginjal

Seperti yang diketahui bersama, ginjal merupakan organ yang posisinya ada di daerah ginjal. Jika ginjal mengalami gangguan, tentu saja akan muncul rasa sakit pada pinggang, baik sebelah kiri ataupun kanan.

Rasa sakit jika terjadi gangguan pada ginjal ini biasanya muncul di area pinggang hingga ke bawah rusuk. Ginjal yang terganggu bisa terjadi karena adanya batu ginjal atau infeksi pada ginjal.

  1. Tegang otot

Jika aktivitas fisik dilakukan secara berlebihan, atau dilakukan dengan cara yang tidak seperti biasanya, maka otot bisa mengalami tegang. Hal ini sering terjadi jika seseorang jarang melakukan aktivitas fisik yang berat, namun tiba-tiba dia melakukan aktivitas fisik yang berat. Terutama jika aktivitas tersebut dilakukan dengan gerakan punggung.

Otot dan ligamen pada punggung bisa saja tertarik, bahkan menjadi robek. Jika penderita mengalami sakit pinggang sebelah kiri dengan gejala rasa sakit yang disertai kaku pada pinggang, kemungkinan besar penyebabnya adalah tegang otot. Untuk itu, penderita bisa menyembuhkannya dengan istirahat yang cukup atau melakukan terapi ringan.

  1. Sakit pinggang kiri tanda hamil

Jika sakit pinggang terjadi pada wanita, maka bisa jadi ada perubahan kondisi pada bagian rahim atau ovarium. Gejala ini bisa saja berdampak positif, yaitu karena terjadinya kehamilan. Namun bisa juga negatif, yaitu adanya gangguan pada ovarium, seperti kista, endometriosis, atau pertumbuhan fibroid.

Cara Menghilangkan Lemak di Pinggang dan Perut

Cara mengobati sakit pinggang bagian kiri

Walau sakit pinggang terlihat sepele, dan biasanya bisa sembuh dengan sendirinya, penderita tidak bisa menyepelekannya. Jika terjadi sakit pinggang pada bagian kiri, maka lebih baik lakukan pemeriksaan ke dokter.

Apalagi jika sakit pinggang tersebut disertai dengan ketidakmampuan untuk mengontrol buang air besar maupun buang air kecil. Atau jika rasa sakit pada pinggang juga disertai gejala lain seperti kram, kesemutan atau mati rasa. Hal-hal ini mengindikasikan adanya gangguan pada saraf. Jika tidak segera ditangani, maka efek buruknya adalah kelumpuhan.

Demikianlah beberapa penyebab sakit pinggang sebelah kiri dan cara mengobatinya yang perlu diketahui. Lakukan pengobatan yang tepat dan semoga artikel ini bermanfaat.