Daftar isi [720+ Artikel]

Sakit Perut Sebelah Kiri, Apa Penyebab dan Bagaimana Solusinya?

Sakit perut sebelah kiri merupakan jenis sakit perut yang biasanya muncul di area bawah tulang dada sebelah kiri hingga area dekat pangkal paha kiri. Penyebabnya bisa bermacam-macam. Oleh karena itu penanganannya juga perlu dilakukan sesuai dengan penyebabnya.

Sakit perut sebelah kiri, penyebab, dan solusinya

Adapun penyebab sakit perut di sebelah kiri beserta solusinya antara lain sebagai berikut:

  1. Lapar

Seperti yang diketahui bersama, lambung berada di sebelah kiri tubuh manusia. Jika terjadi nyeri perut sebelah kiri dengan gejala rasa sakit atau rasa tidak nyaman yang menjalar hingga ke ulu hati, maka kemungkinan rasa sakit itu karena lapar akut.

Solusi:

Segera konsumsi makanan. Namun usahakan makan dengan porsi yang tidak terlalu berlebihan dan frekuensinya perlahan-lahan saja.Sakit perut sebelah kiri Sakit perut sebelah kiri

  1. Sembelit

Sembelit atau sulit buang air besar ini terjadi dikarenakan feses keras. Hal ini juga biasanya menimbulkan gejala sakit perut sebelah kiri. Apalagi jika feses tertahan di usus besar sebelah kiri.

Solusi:

Periksakan ke dokter untuk menjalani tes darah serta kolonoskopi. Selain itu, untuk memperlancar pencernaan, konsumsi makanan yang mengandung serat tinggi. Untuk pertolongan pertama, bisa juga digunakan obat smebelit.

  1. Masuk angin

Sakit perut sebelah kiri atas juga biasanya bisa terjadi karena masuk angin atau karena ada angin (gas) yang terjebak di dalam tubuh. Hal ini tentu akan memberikan rasa nyeri dan kram pada perut.

Solusi:

Mengonsumsi obat buscopan atau mebeverine. Jika gas yang terjebak adalah karena efek samping dari diare, maka gunakan antibiotik untuk mengusir bakteri penyebab diare.

  1. Batu ginjal

Jika ginjal mengalami gangguan yang disebut dengan kalkulus ginjal, maka akan timbul rasa sakit parah pada perut bagian kiri di area pinggang. Gejala lain yang mungkin terjadi adalah mual atau muntah.

Solusi:

Jika batu ginjal kecil, solusinya adalah dengan mengonsumsi obat yang disarankan dokter. Jika batu ginjal ukurannya besar, solusi yang dibutuhkan adalah operasi.

  1. Hamil di luar kandungan

Beberapa kasus sakit perut di sebelah kiri adalah karena adanya kehamilan ektopik atau kehamilan di luar kandungan. Hal ini bisa terjadi jika sel telur yang dibuahi ternyata ada di luar rahim sebelah kiri. Sehingga janin tumbuh di luar rahim. Gejala ini juga disertai rasa nyeri dan melilit, pusing, muntah, mual, bahkan pendarahan.

Solusi:

Pasien dengan gejala demikian perlu melakukan pemeriksaan awal untuk diagnosis. Jika positif, maka mengonsumsi obat-obatan jenis misoprostol akan membantu. Selain itu, operasi juga harus dilakukan untuk mengatasi hal tersebut.

  1. Diverticulitis

Diverticulitis adalah infeksi atau peradangan yang terjadi di divertikulum atau kantung-kantung usus. Biasanya peradangan ini menimbulkan gejala sakit perut, mual, muntah, sembelit atau diare, demam, dan kembung.

Solusi:

Pasien dengan gejala tersebut harus menjalani pemeriksaan fisik serta menjalani pengobatan yang tepat. Selain itu juga perlu dilakukan pembedahan atau operasi untuk kasus penyakit yang berulang.

Penyebab Perut Kencang saat Hamil

  1. Kista ovarium

Kista ovarium bisa terjadi pada wanita karena adanya kantung-kantung berisi cairan di dalam rahim. Jika kista ovarium menempel pada sisi kiri rahim, akan terbentuk rasa sakit di perut sebelah kiri.

Solusi:

Pasien dengan gejala tersebut harus memeriksakan ke dokter untuk diagnosis. Biasanya akan dilakukan USG, tes darah, tes kehamilan, dan juga laparoskopi. Jika positif, maka pasien perlu menjalani operasi.

Demikianlah beberapa penyebab dan solusi yang bisa dilakukan saat terjadi rasa sakit perut sebelah kiri. Semoga artikel ini bermanfaat.