DAFTAR ISI HAMILPLUS.COM [820+ Artikel]

Sakit Perut Sebelah Kanan Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sakit perut sebelah kanan bisa terjadi karena banyak hal. Oleh sebab itu, untuk mengobatinya perlu dilakukan cara-cara yang sesuai dengan penyebabnya. Apa saja hal-hal yang bisa menyebabkan nyeri perut sebelah kanan? Simak beberapa hal berikut ini.

Penyebab dan cara menyembuhkan sakit perut sebelah kanan

Beberapa penyebab sakit perut bagian sebelah kanan antara lain:

  1. Penyakit empedu

Kantung empedu adalah organ vital yang berada di area hati, yaitu perut sebelah kanan atas. Jika terjadi gangguan pada empedu, akan timbul rasa nyeri yang bersarang di perut bagian kanan. Beberapa gangguan pada empedu misalnya peradangan atau kanker.

Empedu bisa juga mengalami gangguan karena ketidaklancaran sirkulasi yang diakibatkan oleh pembekuan cairan empedu. Gejala gangguan empedu biasanya adalah nyeri di perut kanan yang menjalar hingga ke belakang punggung.Sakit perut sebelah kanan Sakit perut sebelah kanan Sakit perut sebelah kanan cara mengatasi penyebab

  1. Penyakit hati

Organ hati merupakan organ yang berada di ruas perut sebelah kanan. Hati berfungsi untuk menangkal racun yang ada pada tubuh. Jika hati terganggu atau terserang penyakit, maka memang akan terjadi rasa sakit di perut sebelah kanan.

Beberapa gangguan yang bisa menyerang hati adalah hepatitis atau radang liver, kanker, abses hepar, dan sebagainya. Selain rasa sakit pada perut, biasanya gejala lain yang ditunjukkan adalah lemas, mual, muntah, dan kencing kurang pekat.

  1. Penyakit ginjal

Ginjal kanan yang terganggu juga berpotensi menimbulkan rasa sakit di pertu sebelah kanan. Jika ginjal memiliki batu ginjal, maka rasa sakit kemungkinan terjadi lebih parah. Oleh karena itu, segera lakukan pemeriksaan.

  1. Radang pankreas

Pankreas adalah salah satu kelenjar yang posisinya berada di dekat lambung. Jika terjadi gangguan seperti radang pada organ ini, maka akan muncul rasa yang sakit di perut yang biasanya rasa sakit itu juga menjalar hingga ke bagian kanan. Gejala dari radang pankreas ini adalah mual, muntah, dan rasa sakit pada perut yang akan terus bertambah, bahkan setelah makan dan juga minum.

  1. Usus buntu

Usus buntu merupakan salah satu organ yang posisinya ada di perut kanan bagian bawah. Jika ada gangguan pada usus buntu, akan muncul rasa sakit pada perut sebelah kanan, terutama jika perut bagian bawah ditekan. Selain itu akan muncul gejala tidak nafsu makan, demam, perut kembung, mual, dan muntah.

  1. Kehamilan di luar kandungan

Ada beberapa kasus yang menyebabkan rasa sakit pada perut kanan, yaitu adanya kehamilan di luar kandungan. Hal ini bisa terjadi jika sel terlur yang dibuahi terletak di luar saluran telur bagian kanan. Penderita akan mengalami gejala lain seperti pucat, lemas, dan kehamilan positif.

Cara mengatasi saat merasakan sakit di bagian perut sebelah kanan

Cara mengatasi sakit perut sebelah kanan tentu saja disesuaikan dengan penyebab dari rasa sakit itu sendiri. Oleh karena itu jika terjadi rasa sakit di perut bagian kanan, segera periksakan diri ke dokter untuk mengetahui diagnosis penyakit yang ada. Hal ini penting untuk menghindari risiko penyakit yang lebih parah, mengingat organ dalam di area perut sebelah kanan itu semuanya merupakan organ vital.

Model Baju Untuk Menyamarkan Perut Buncit

Untuk mengobatinya, tentu saja dibutuhkan diagnosis tertentu dari dokter. Biasanya akan dilakukan pemeriksaan fisik secara lengkap seperti USG dan juga sinar-x untuk mengetahui penyebab pasti dari rasa sakit perut di sebelah kanan ini.

Demikianlah beberapa penyebab dan cara menyembuhkan sakit perut sebelah kanan. Semoga artikel ini dapat memberikan wawasan yang bermanfaat.