DAFTAR ISI HAMILPLUS.COM [820+ Artikel]

Sakit Kepala Sebelah Kiri : Penyebab dan Cara Mengatasi

Sakit kepala sebelah kiri bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Penyebabnya bisa bermacam-macam, sehingga cara mengatasi atau mengobatinya juga harus dilakukan sesuai dengan penyebabnya. Untuk itu, berikut ada beberapa penyebab sakit kepala sebelah kiri terus menerus beserta cara mengatasinya.

Penyebab dan solusi sakit kepala sebelah kiri

Penyebab dan cara mengatasi sakit kepala di sebelah kiri antara lain:

  1. Migrain

Migrain merupakan sebuah kondisi yang memang seringkali menyerang kepala di satu sisi saja, bisa di bagian kanan ataupun bagian kiri. Biasanya gejala yang ditimbulkan adalah kepala yang berdenyut serta rasa sakit yang sampai menyebabkan mual, penglihatan yang buram, hingga muntah. Penderita bahkan bisa merasakan gejala ini hingga berhari-hari.

Cara mengatasi:

Para ahli mengatakan bahwa sebenarnya tidak ada obat pasti untuk mengobati migrain, karena penyebab migrain itu sendiri juga belum pasti. Tapi ada jenis obat yang bisa dikonsumsi untuk mengurangi rasa sakit. Obat seperti ibuprofen, tylenol, atau naproxen bisa didapatkan di apotek. Namun untuk lebih meyakinkan diri, lebih baik memeriksakan diri ke dokter.Sakit kepala sebelah kiri Sakit kepala sebelah kiri v

  1. Sakit kepala tegang

Jenis sakit kepala ini biasanya disebabkan karena adanya aktivitas yang tidak sesuai dengan kebiasaan sehat, seperti kurang tidur, telat makan, stress, tegang otot, serta postur tubuh yang salah. Biasanya gejala yang muncul adalah ada tekanan pada satu sisi kepala yang menjalar hingga leher dan bahu.

Cara mengatasi:

Penderita bisa mengompres kepala dengan air dingin ataupun air hangat. Penderita juga harus segera memperbaiki postur tubuh yang salah atau bisa juga dengan melakukan terapi akupuntur. Sebisa mungkin jangan membiasakan diri stress dan telat makan.

  1. Sinusitis

Sinusitis atau peradangan pada daerah sinus biasanya juga menyebabkan adanya sakit kepala pada satu sisi bagian kepala. Biasanya sinusistis ini terjadi karena infeksi bakteri atau alergi pada beberapa jenis alergen.

Cara mengatasi:

Sinusitis yang terjadi karena infeksi bakteri bisa disembuhkan dengan mengonsumsi obat sesuai resep dokter. Biasanya jenis obat yang disarankan adalah antibiotik. Jika sinusitis karena alergi, obat yang disarankan biasanya obat anti alergi.

  1. Sakit kepala klaster

Sakit kepala jenis ini biasanya disebabkan karena cahaya yang terlalu silau, kebiasaan buruk narkoba dan rokok, berada pada tempat yang tinggi, atau karena cuaca panas. Gejala yang mungkin terjadi selain sakit kepala sebelah adalah pembengkakan pada wajah, sakit pada mata, serta hidung tersumbat.

Cara mengatasi:

Mengonsumsi obat ibuprofen atau naproxen untuk mengurangi rasa sakitnya.

  1. Stroke

Stroke bisa juga menyebabkan sakit kepala sebelah kiri, yaitu jika ada gumpalan darah yang menghambat sirkulasi darah.

Cara mengatasi:

Pasien harus segera ditangani oleh dokter. Selain itu, pola hidup sehat harus diterapkan, yaitu rutin berolahraga, menjaga pola makan sehat, tidak merokok, dan menjaga berat badan tubuh ideal.

Obat Sakit Kepala pada Ibu Hamil, Aman untuk Rahim dan Janin

  1. Tumor otak

Sakit kepala pada bagian kiri bisa juga disebabkan oleh keberadaan tumor otak. Biasanya rasa sakit pada kepala akan menyerang apabila tumor tersebut sudah membesar dan mencapai ukuran tertentu.

Cara mengatasi:

Pasien harus ditangani oleh dokter untuk diagnosis dan cara penyembuhan yang tepat. Beberapa pasien perlu melakukan operasi, kemoterapi, atau terapi radiasi, tergantung masing-masing kondisinya.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai penyebab sakit kepala sebelah kiri dan cara mengatasinya yang sudah disesuaikan dengan penyebabnya. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk banyak pihak.