Sakit Kepala Saat Menyusui, Apa Saja Penyebab dan Obatnya?

Para ibu yang tengah menyusui biasanya akan mengalami beberapa masalah yang dapat membuat rasa sakit di tubuhnya. Ada ibu menyusui yang mengalami rasa nyeri pada payudaranya. Sebagian ibu juga merasa sakit kepala saat menyusui. Berbagai rasa sakit yang dialami oleh para ibu tersebut adalah akibat dari perubahan fungsi organ tubuhnya pasca melahirkan.

Sakit kepala saat menyusui yang dialami para ibu disebabkan oleh hal-hal berikut ini

  • Sang ibu mengalami kekurangan cairan

Pada masa menyusui, para ibu mengeluarkan banyak sekali cairan. Cairan yang paling banyak dikeluarkan melalui ASI. Belum lagi saat ibu mngelurkan air dalam tubuhnya yang berupa urin dan keringat. Apabila keluarnya air dari tubuh ibu tidak seimbang dengan masuknya air, sang ibu akan mengalami dehidrasi dan sakit kepala.

Sakit Kepala saat Menyusui

  • Posisi menyusui yang salah

Beberapa ibu menyusui dengan posisi yang tidak pas. Ketidaknyamanan posisi pada ibu menyusui menyebabkan terjadinya pergerakan pada saraf leher. Terjadinya kesalahan posisi pada  saraf leher sang ibu dapt membuat kepalanya juga ikut bermasalah.

  • Sang ibu kurang istirahat

Tidak bisa dipungkiri bahwa seorang ibu memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan. Kesibukan para ibu akan terasa semakin berat ketika ia sedang menyusui. Lebih lagi bila sang ibu adalah seorang wanita karier. Waktu ibu hanya digunakan untuk mengurus keperluan rumah tangga serta urusan pekerjaannya. Tuntutat karier dan rumah tangga itu dapat menyebabkan sang ibu kurang istirahat. Tidak cukupnya waktu istirahat untuk sang ibu membuat ia sering mengalami sakit kepala.

  • Ibu dalam kondisi stres

Banyaknya beban pekerjaan rumah maupun pekerjaan kantor dapat mengakibatkan ibu-ibu stres. Ibu menyusui wajar saja mengalami stres. Karena sang ibu harus mengurus sang bayi serta mengurus rumah tangga. Belum lagi bila sang ibu bekerja, masalah pekerjaan akan menambahi beban pikirannya. Ketika sang ibu memikirkan banyak hal, tidak jarang ia mengalami sakit kepala.

Stres pada ibu juga bisa terjadi karena sang ibu baru pertama kali menyusui. Para ibu muda biasanya kaget dengan perubahan yang terjadi pada diri dan rutinitasnya. Stres yang dialami oleh para ibu juga menyebabkan ASI tidak bisa keluar dengan lancar.

Sakit Kepala saat Menyusui

Untuk mengatasi sakit kepala yang terjadai pada ibu menyusui, dapat dilakukan dengan terapi refleksi agar otot-otot ibu melemas. Para ibu juga harus mendapatkan asupan gizi dan istirahat yang cukup. Para ibu yang mengalami sakit kepala saat menyusui dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi obat pereda sakit kepala secara terus menerus.

Pil Kb yang Bagus Untuk Ibu Menyusui

Hal itu ditakutkan dapat mempengaruhi kesehatan para bayi karena obat-obatan banyak mengandung zat kimia. Bila sakit kepala begitu mengganggu Anda, segera konsultasilah kepada dokter.