DAFTAR ISI HAMILPLUS.COM [820+ Artikel]

Sakit Kepala Bagian Belakang : Penyebab dan Penanganannya

Sakit kepala bagian belakang bisa terjadi karena beberapa hal. Oleh karena itu cara penanganannya juga harus disesuaikan dengan penyebabnya. Berikut ini adalah penjelasan mengenai penyebab sakit kepala belakang berkepanjangan serta cara mengatasinya yang tepat.

Penyebab sakit kepala bagian belakang

  1. Es krim headache

Sakit kepala pada bagian belakang bisa terjadi karena sindrom es krim headache, yaitu ketika penderita baru saja mengonsumsi makanan atau minuman dingin seperti es krim atau es batu.

  1. Sakit kepala cervicogenic

Adanya rasa sakit pada kepala bagian belakang bisa disebabkan karena sakit kepala cervicogenic. Jenis sakit kepala ini biasanya berasal dari bagian leher, yaitu karena ada posisi tubuh yang kurang baik, stress, atau kelainan tulang leher belakang.Sakit kepala bagian belakang Sakit kepala bagian belakang Sakit kepala bagian belakang

  1. Tegang otot

Sakit kepala di bagian belakang juga bisa disebabkan karena tegang otot di bagian leher belakang. Hal ini disebabkan karena stress atau tekanan pada otot leher dan pundak.

  1. Arteritis temporal

Sakit kepala di bagian belakang juga bisa disebabkan karena ada infeksi atau peradangan yang terjadi di arteri besar dekat belakang kepala. Penyebabnya adalah bakteri dan daya tahan tubuh yang lemah.

  1. Oksipital neuralgia

Penyebab lainnya adalah kerusakan saraf oksipital yang berada di belakang kepala, baik bagian bawah maupun bagian atas.

  1. Sakit kepala vaskular

Sakit kepala jenis ini mirip dengan migrain, namun menyerang bagian belakang kepala dengan tingkat keparahan yang lebih serius. Efek sampingnya juga menyebabkan penderita mual dan muntah.

  1. Sakit kepala sinus

Sinus yang terinfeksi juga bisa menyebabkan sakit kepala di bagian belakang, terutama jika yang terjadi adalah sinus sphenoid.

  1. Migrain basilar

Migrain basilar menyerang arteri basilar yang posisinya ada di kepala bagian belakang.

  1. Ice-pick headache

Sakit kepala jenis ini pada awalnya berada di kepala depan atau samping, lalu rasa sakitnya menjalar hingga ke bagian belakang kepala.

  1. Sakit kepala exertional

Pemicu dari sakit kepala jenis ini adalah kegiatan fisik yang terlalu berat, terlalu banyak, atau terlalu beragam.

  1. Sakit kepala kronis harian

Penderita akan merasakan sakit kepala setiap hari. Penyebab utamanya adalah terlalu lelah atau adanya cedera pada bagian leher.

Cara Mengobati Migrain pada Ibu Hamil

Cara mengatasi sakit kepala di bagian belakang

Untuk mengatasi rasa sakit pada kepala bagian belakang, ada banyak cara yang bisa dilakukan, diantaranya:

  • Melakukan peregangan. Peregangan ini bisa membuat otot yang tegang menjadi lebih rileks. Hal ini juga akan memperlancar peredaran darah sehingga kepala tidak lagi sakit.
  • Minum air putih yang banyak. Hal ini bisa dilakukan sebagai pertolongan pertama untuk menghindari dehidrasi dan juga untuk memperlancar peredaran darah.
  • Terapi panas dingin. Caranya adalah dengan mengompres es ke daerah pelipis dan mengompres air hangat ke bagian belakang leher. Cara ini efektif untuk membantu memperlancar peredaran darah di bagian kepala.
  • Latihan fisik secara teratur. Hal ini bisa membantu menurunkan risiko sakit kepala dan mencegah sakit kepala datang kembali.
  • Memijat kepala yang terasa sakit akan membantu meredakan rasa sakitnya.
  • Mengonsumsi mint. Mint merupakan salah satu obat sakit kepala bagian belakang yang cukup ampuh, karena bisa mendatangkan ketenangan.
  • Terapi akupuntur. Hal ini akan membantu memperlancar peredaran darah dan mencegah sakit kepala datang kembali. Namun harus dilakukan oleh ahlinya.

Itulah beberapa penyebab sakit kepala bagian belakang dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat.