Pilihan Tinggal di Jawa Timur: Surabaya atau Malang? Ini Pertimbangannya!

Kota Surabaya dan Malang merupakan dua kota terbesar yang ada di Jawa Timur. Tidak heran kalau keduanya merepresentasikan wajah Provinsi Jawa Timur secara umum. Selain itu, tidak sedikit perantau provinsi atau negara lain yang memilih untuk tinggal di kedua kota ini. Lalu, dari kedua kota besar di Jawa Timur ini, mana yang lebih baik dijadikan sebagai tempat tinggal?

Anda jangan terburu-buru mencari rumah dijual Surabaya atau rumah dijual di Malang. Ada beberapa faktor yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih satu di antara kedua kota ini. Berikut ini adalah empat pertimbangan penting sebelum memilih antara dua kota terbesar di Jawa Timur ini:rumah dijual di malang


  • Tingkat Kenyamanan

Menurut sebuah survei yang dilakukan oleh Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia (IAP) pada tahun 2014, Kota Malang memiliki tingkat kenyamanan lebih tinggi dibanding Surabaya. Menurut hasil survei ini, Kota Malang punya indeks kepuasan atas kenyamanan kehidupan di atas rata-rata nasional yang berada di angka 63,62. Sementara itu, Surabaya ternyata punya tingkat kenyamanan di bawah rata-rata nasional.rumah dijual di surabaya, rumah dijual di malang, jual rumah di surabaya, jual rumah di malang, rumah murah di surabaya, rumah murah di malang, tips membeli rumah di malang, tips membeli rumah di surabaya

Survei yang dilakukan di 17 kota di Indonesia dan melibatkan sebanyak 1.000 responden ini mengungkapkan kalau Malang punya indeks kenyamanan sebesar 69,3. Sementara itu, Surabaya punya indeks kenyamanan lebih rendah, dengan poin 61,7. Malang bersama empat kota lainnya di Indonesia, yakni Bandung, Solo, Yogyakarta, dan Balikpapan menjadi lima kota dengan tingkat kenyamanan di atas rata-rata nasional.

Dalam survei ini, terdapat beberapa hal yang menjadi penilaian. Termasuk di antaranya adalah ketersediaan ruang terbuka hijau serta keberadaan jalur pejalan kaki. Faktor lokasi juga menjadi hal penting lain dalam memberikan penilaian terhadap kenyamanan sebuah kota. Seperti diketahui, Surabaya yang berada di tepi pantai merupakan kota yang panas. Sementara itu, Malang berada di dataran tinggi dan terkenal sebagai kota yang sejuk.
rumah dijual di malang

  • Harga Tanah Rata-Rata

Pada tahun 2013, harga tanah rata-rata di Kota Surabaya mencapai angka Rp6,8 juta per meter persegi. Angka tersebut lebih tinggi dibanding harga jual rata-rata tanah yang ada di Kota Malang, yaitu Rp3,15 juta per meter persegi. Hal ini cukup masuk akal, mengingat Surabaya merupakan kota terbesar dan ibukota Provinsi Jawa Timur.

Pada tahun 2015, perbedaan harga tanah di Surabaya dan Malang terpaut jauh. Menurut sebuah survei yang dilakukan oleh salah satu portal properti terkemuka Lamudi, harga tanah di Surabaya adalah yang termahal kedua di Indonesia setelah Jakarta. Mereka mencatat, rata-rata harga properti di Jakarta mencapai angka Rp25 juta per meter persegi.

Harga tanah rata-rata itu disebut tiga kali lipat lebih tinggi dibandingkan harga tanah rata-rata yang ada di Kota Malang. Sementara itu, di Surabaya harga rata-rata tanah mencapai kisaran angka Rp10 juta. Surabaya Pusat memiliki harga tanah yang paling mahal, terutama di area Embong Malang, Basuki Rahmat, serta Tunjungan.

  • Kondisi Lalu Lintas

Anda juga perlu memperhatikan mudahnya akses dan sarana transportasi. Dan, terkait hal yang satu ini, Anda bisa menengok pada survei yang dilakukan oleh Waze, perusahaan yang meluncurkan layanan navigasi lalu lintas di ponsel pintar. Pada pertengahan 2016, Waze merilis daftar kota-kota di dunia dengan tingkat kenyamanan berkendara terbaik, Surabaya dan Malang juga masuk dalam perhitungan.

Hasilnya, Surabaya masuk dalam lima kota dengan transportasi terburuk se-Indonesia. Bahkan, di tingkat dunia, Surabaya berada di nomor 4 terburuk di Indonesia setelah Bogor, Bandung, dan Denpasar. Waze memberikan indeks 3,37 untuk Kota Surabaya, dan angka ini menempatkan Surabaya di posisi nomor 6 terburuk sedunia.

Sementara itu, menurut Waze, Kota Malang memiliki kondisi lalu lintas yang lebih baik. Dari total 235 kota dari 38 negara, Malang bersama dengan Semarang dinilai sebagai dua kota terbaik di Indonesia. Malang berada di posisi 146, sementara Semarang ada di nomor 145 dengan masing-masing nilai indeks 4,56 dan 4,58.

  • Fasilitas Pendidikan

Kedua kota ini juga dikenal sebagai pusatnya pendidikan tinggi di Jawa Timur. Bahkan, Kota Malang secara khusus mendapatkan julukan sebagai kota pendidikan. Alasannya, karena Malang menjadi rumah untuk beberapa perguruan tinggi terkemuka di Indonesia. Sebut saja, Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Islam Negeri Malik Ibrahim, dan lain-lain.

Sebagai ibukota provinsi, Surabaya menjadi rumah untuk beberapa universitas ternama di Indonesia. Beberapa perguruan tinggi yang memiliki nama besar di Surabaya antara lain adalah Universitas Airlangga (Unair), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Surabaya (Ubaya), Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Universitas Petra, dan lain-lain.rumah dijual di surabaya rumah dijual di malang - rumah dijual di malang

Dengan empat pertimbangan tersebut, Anda pun bisa menilai plus minus yang dimiliki oleh masing-masing kota. Anda bisa memilih untuk mencari rumah dijual Surabaya, atau bisa pula berburu rumah dijual di Malang. Pilihan sepenuhnya ada di tangan Anda.


TAGs: cara senam sehat untuk bumil, mengugur kn beby

Scroll Up