Resep Sambal Bajak Super Pedas dan Hot Banget !

Halo para pembaca, kali ini kami akan membagikan satu lagi resep olahan kuliner khas Indonesia yaitu resep sambal bajak. Resep kuliner kali ini sengaja kami buat khusus untuk para pecinta makanan pedas.

Seperti yang kita ketahui bersama, Indonesia merupakan salah satu negara yang sangat kaya akan olahan kuliner. Dari mulai olahan kuliner makanan pokok, olahan kuliner camilan, hingga olahan kuliner pelengkap semuanya dapat Kita temui di Indonesia.

Salah satu olahan kuliner pelengkap khas Indonesia yang cukup banyak penggemarnya adalah sambal bajak. Sambal bajak merupakan salah satu olahanan kuliner pelengkap yang cocok untuk dihidangkan bersama dengan olahan kuliner berkuah (seperti sup, atau pun soto), atau pun sebagai sambal cocol untuk makanan cemilan (seperti gorengan atau pun cemilan lainnya).

Kebanyakan orang biasanya mengira bahwa sambal bajak merupakan sambal yang dimakan oleh para bajak laut. Padahal, nama sambal bajak diambil hanya karena rasa sambal yang sangat pedas, sepedas kekejaman para bajak laut.

Nah, bagi Anda yang ingin mencoba membuat sendiri sambal bajak di rumah, Anda dapat mengikuti resep sambal bajak berikut ini :

resep sambal bajak hot pedas 2

resep sambal bajak hot pedas

Tips dan Trik Memasak / Resep Sambal Bajak

Sama seperti halnya sambal – sambal lainnya, resep sambal bajak dibuat dari bahan baku utama cabe dan bawang. Bedanya, bahan  baku yang digunakan untuk sambal bajak cenderung jauh lebih banyak, sehingga cita rasa yang dihadirkannya pun menjadi lebih beragam.

Bahan – bahan Resep Sambal Bajak

  • Cabe Merah Keriting : 12 buah
  • Terasi : 1 ½ sendok teh
  • Bawang Merah : 2 buah
  • Bawang Putih : 1 siung
  • Tomat : 1 buah
  • Serai : 1 batang
  • Lengkuas : 2 cm
  • Daun Salam : 2 helai
  • Asam Jawa : 1 sendok makan
  • Gula Merah : 2 sendok teh
  • Garam : ½ sendok teh
  • Minyak Sayur : 5 sendok makan
  • Air : ± 50 ml

Cara Memasak Resep Sambal Bajak

  1. Siapkan seluruh bahan – bahan resep sambal bajak yang dibutuhkan di atas;
  2. Campurkan cabai merah, tomat, bawang merah, dan terasi, lalu tumbuk / blender hingga halus;
  3. Siapkan wajan penggorengan di atas api kompor sedang, lalu tumis bubu halus hingga terasa harum;
  4. Setelah terasa harum, masukkan bahan – bahan resep sambal bajak lainnya seperti lengkuas, serai, asam jawa, daun salam, garam, dan gula merah secara berurutan;
  5. Aduk hingga semua bahan tercampur dengan merata;
  6. Tambahkan air, lalu tumis semua bahan hingga mengering;
  7. Terakhir, matikan kompor, lalu sajikan di wadah yang diinginkan;
  8. Sambal bajak siap untuk dinikmati.

Itulah langkah – langkah cara memasak resep sambal bajak yang bisa kami bagikan untuk Anda. Bagaimana? Mudah bukan?

Seperti yang telah dijelaskan di atas, sambal bajak sangat cocok untuk dihidangkan bersama dengan olahan kuliner berkuah (seperti soto, dan sup), atau pun sebagai sambal totol untuk gorengan atau pun camilan lainnya. Anda dapat menyajikan sambal bajak sebagai pelengkap hidangan makan malam atau pun sebagai pelengkap camilan di malam hari bersama keluarga.

Jika Anda ingin membuat sambal bajak dalam porsi besar, Anda dapat menambahkan bahan – bahan resep sambal bajak di atas dengan proporsi yang seimbang. Perlu Anda ketahui, jika dibuat dengan benar, sambal bajak dapat bertahan hingga satu minggu lamanya, sehingga Anda tidak perlu khawatir jika sambal bajak yang Anda buat tidak habis dalam satu kali konsumsi.