Daftar isi [720+ Artikel]

Resep Masakan Italia Fettucini, Lezat dan Mengenyangkan

Pasta sudah dikenal oleh banyak orang dengan citarasanya yang lezat dan berbagai inovasi yang akan membuat hidangan Anda menjadi lebih menarik hati. Berbagai jenis olahan pasta sudah dikenal. Salah satunya adalah resep masakan Italia fettucini yang akan membuat Anda ketagihan. Makanan ini dapat juga dijadikan sebagai pengganti karbohidrat yang biasa Anda peroleh dari nasi.

Hal ini dikarenakan pasta terbuat dari tepung gandum yang mengandung karbohidrat tinggi. Beberapa jenis pasta yang dikenal di masyarakat Indonesia adalah spaghetti, fettucini, penne, lasagna dan macaroni. Namun, fettucini adalah olahan pasta yang akan dibahas saat ini.

Fettucini berbentuk seperti mie lebar. Fetucini berbeda dengan spaghetti, dikarenakan spaghetti berbentuk tabung kecil dan langsing sementara fettucini berbentuk lebih lebar dan tebal. Oleh karenanya, fettucini cocok bagi Anda yang mencari pasta yang mengenyangkan namun tetap lezat.

resep masakan italia fettucini 2 resep masakan italia fettucini

Resep Masakan Italia Fettucini Carbonara

Berikut adalah resep masakan Italia fettucini yang patut Anda coba di rumah:

  • 150 gr fettucini
  • 3 siung bawang putih dicincang
  • 1 buah bawang bombay cincang
  • 2 lembar daging asap, dipotong-potong kotak
  • 2 butir kuning telur
  • 250 ml krim kental
  • ½ sdt garam
  • 15 gr keju parmesan parut
  • ¼ sdt merica hitam halus
  • 1 sdt lada hitam disangrai, tumbuk
  • 1 sdm minyak untuk menumis, bisa diganti margarine
  • 100 gr keju parmesan parut

Cara membuat:

  1. Didihkan air dalam panci, campur dengan minyak goreng dan garam. Hal ini penting sehingga fettucini tidak lengket dan memiliki sedikit rasa asin. Setelah mendidih, masukkan fettucini sampai matang, sisihkan
  2. Aduk keju parmesan, kuning telur lada hitam bubuk, garam dan krim kental. Aduk merata lalu biarkan
  3. Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum dan layu.
  4. Tambahkan daging asap yang sudah dipotong-potong, aduk merata
  5. Masukkan fettucini yang sudah ditiriskan, aduk hingga merata dan masukkan adonan kuning telur. Aduk merata kembali, angkat
  6. Sajikan fettucini yang hangat dengan taburan keju parmesan parut, sajikan selagi hangat

Makanan ini sungguh enak, lho, karena krim kental dapat memberikan rasa gurih. Apabila Anda tak memiliki krim kental, dapat diganti dengan susu full cream dan ditambah terigu untuk mengentalkan sausnya. Rasa fettucini yang dimasak dengan susu akan lebih ringan dan tidak membuat enek.

Resep tersebut adalah resep carbonara, dimana daging yang digunakan adalah daging sapi asap. Anda juga dapat berkreasi dengan membuat resep alfredo, dimana pasta yang Anda masak menggunakan daging ayam sebagai ganti daging asap.

Rasanya tak kalah, lho, apalagi jika Anda mampu membuat saus yang lezat. Keju parmesan juga dapat diganti dengan keju cheddar jika Anda ingin. Tak hanya itu, apabila Anda ingin, menambahkan jamur kancing juga dapat menambah asupan protein dalam resep masakan Italia fettucini yang Anda buat.