Resep Kembang Goyang Khas Betawi

Halo kitchen lovers, kali ini kami akan membagikan resep cemilan khas Indonesia yang sudah digunakan selama beratus tahun secara turun temurun yaitu resep Kembang Goyang. Jika Anda terlahir di pedesaan Indonesia, maka Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan cemilan yang satu ini.

Kembang goyang merupakan salah satu cemilan khas Nusantara yang sangat banyak diminati oleh penduduk Indonesia. Terbukti, dari jaman dulu hingga saat ini (Tahun 2017), kembang goyang selalu digunakan sebagai makanan cemilan di acara – acara khusus seperti acara lebaran, acara syukuran dan acara – acara adat khusus lainnya.


Kembang goyang pada dasarnya merupakan olahan kuliner berupa cemilan yang dibuat dengan bahan baku berupa tepung beras dan santan. Berbeda dengan cemilan – cemilan lainnya, kembang goyang memiliki bentuk dan rasa yang khas.

Nah, bagi Anda yang sudah tidak sabar ingin membuat cemilan khas Indonesia ini di rumah, berikut merupakan penjelasan lengkap mengenai resep Kembang Goyang yang telah kami siapkan untuk Anda :

 resep kembang goyang enak

 resep kembang goyang enak

Bahan – bahan Resep Kembang Goyang

  • Tepung Beras : 150 gr
  • Tepung Sagu : 50 gr
  • Telur Ayam : 2 butir
  • Gula Bubuk : 50 gr
  • Santan : 250 ml
  • Wijen Putih : 50 gr
  • Garam : ½ sendok teh
  • Minyak Goreng : Secukupnya

Cara Memasak Resep Kembang Goyang

  1. Siapkan seluruh bahan resep Kembang Goyang yang dibutuhkan di atas;
  2. Campurkan telur dan gula di satu wadah, lalu aduk hingga mengembang menggunakan mixer;
  3. Sambil terus diaduk, masukkan tepung sagu, tepung beras, santan, garam, dan juga wijen ke dalam adonan;
  4. Setelah adonan mengembang dan berwarna kuning keputihan, hentikan aktivitas pengadukan, lalu sisihkan adonan resep Kembang Goyang agar tidak mengganggu aktivitas yang berikutnya;
  5. Selanjutnya siapkan wajan di atas api kompor sedang, tuang minyak goreng dalam jumlah besar kedalamnya, lalu tunggu hingga panas;
  6. Setelah minyak goreng panas, celupkan cetakan kembang loyang kedalamnya, lalu tunggu hingga cetakan panas;
  7. Setelah cetakan dirasa cukup panas, celupkan cetakan ke dalam adonan resep Kembang Goyang (jangan sampai permukaan cetakan ikut tertutup adonan), lalu masukkan cetakan ke dalam minyak panas;
  8. Goyang – goyang cetakan hingga adonan terlepas, lalu goreng adonan hingga berwarna kuning keemasan;
  9. Angkat lalu tiriskan hingga kandungan minyak dalam kembang goyang dapat diminimalisir;
  10. Ulangi aktivitas penggorengan hingga semua adonan kembang goyang habis;
  11. Kembang goyang siap untuk dinikmati.

Nah, itulah sedikit penjelasan mengenai resep Kembang Goyang yang bisa kami berikan kepada Anda. Bagaimana? Cukup mudah bukan?

Perlu Anda ketahui, jika disimpan dengan baik (yaitu di tempat yang kering dan tertutup rapat), kembang goyang dapat bertahan selama kurang lebih dua bulan. Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir jika kembang goyang yang Anda buat tidak habis dalam satu kali konsumsi.

Untuk mendapatkan cita rasa yang berbeda dari kebanyakan kembang goyang, Anda dapat melakukan modifikasi pada resep Kembang Goyang yang telah kami sampaikan di atas. Beberapa tindakan modifikasi yang dapat Anda lakukan yaitu dengan menambahkan bahan – bahan lain seperti irisan jeruk purut atau pun dengan membumbui kembang loyang dengan menggunakan bumbu pedas spesial.

TAGs: cara membuat kembang goyang khas betawi, kembang goyang betawi, cara membuat kembang goyang ala betawi, resep jeruk purut utk adonan kembang goyang, Resep kembang goyang khas betawi, resep kue kembang goyang khas betawi