Resep Bubur Jagung yang Lezat dan Bergizi, Idola Anak-anak

Halo para pembaca sekalian, kali ini kami akan membagikan resep olahan kuliner yang sangat cocok untuk dijadikan menu sarapan sehari – hari yaitu resep Bubur Jagung. Bubur merupakan salah satu olahan makanan yang dapat digunakan sebagai pengganti makanan pokok berupa nasi. Oleh karena itu, bahan baku yang digunakan untuk membuat bubur biasanya dipilih dari bahan makanan yang kaya akan karbohidrat seperti beras, kacang hijau, dan jagung.

Jika dibandingkan dengan makanan lainnya, bubur biasanya cenderung jauh lebih cepat diserap oleh tubuh. Hal ini dikarenakan tekstur bubur cenderung lebih halus dari pada nasi, sehingga proses pengolahannya di sistem pencernaan bisa berlangsung dengan lebih cepat. Tidak hanya itu, olahan kuliner berupa bubur juga dapat dikonsumsi oleh orang – orang yang belum atau pun sudah tidak memiliki gigi lagi.

Untuk bisa membuat Bubur Jagung sendiri, pertama – tama Anda harus mengetahui terlebih dahulu resep dan cara membuat Bubur Jagung. Nah, jika Anda belum mengetahuinya, berikut informasi lengkap mengenai resep Bubur Jagung yang dapat Anda jadikan sebagai sumber referensi:

resep bubur jagung yang enak lezat cara memasak membuat

resep bubur jagung yang enak lezat cara memasak membuat

Bahan – bahan Resep Bubur Jagung

  • Jagung Manis : 1 kg
  • Daun Pandan : 4 helai
  • Kayu Manis : 4 ruas
  • Santan : 1000 ml
  • Tepung Maizena : 4 sendok makan
  • Gula Pasir : 150 gr
  • Garam : 1 sendok teh

Cara Memasak Resep Bubur Jagung

  1. Siapkan seluruh bahan resep Bubur Jagung yang dibutuhkan di atas;
  2. Pipil jagung dari tongkolnya, lalu giling setengah bagianya bersama dengan santan;
  3. Setelah jagung dan santan tercampur dengan merata, keluarkan adonan jagung dari blender, lalu masukkan ke dalam panci;
  4. Tambahkan gula pasir, garam, daun pandan, dan kayu manis ke dalam panci tempat adonan jagung diletakkan;
  5. Siapkan kompor berapi sedang, lalu letakkan panci wadah adonan resep Bubur Jagung di atasnya;
  6. Aduk terus adonan agar santan tidak pecah;
  7. Tambahkan tepung maizena ke dalam adonan, lalu aduk kembali hingga mendidih dan mengental;
  8. Setelah adonan bubur jagung mengental, matikan api kompor, lalu tambahkan jagung pipil sisa ke dalam adonan;
  9. Aduk hingga jagung pipil tersebar dengan merata di dalam adonan resep Bubur Jagung;
  10. Sajikan di wadah yang dikehendaki;
  11. Bubur jagung siap untuk dikonsumsi.

Nah, itulah langkah – langkah cara memasak resep Bubur Jagung yang dapat Anda coba untuk ikuti. Bagaimana? Sangat mudah bukan?

Bubur Jagung sangat cocok untuk disajikan sebagai menu sarapan atau pun sebagai menu makanan utama ketika Anda sedang bosan mengonsumsi nasi. Dalam proses penyajiannya, Anda dapat menyandingkan olahan kuliner berbahan dasar jagung ini dengan minuman hangat seperti susu, teh, atau pun kopi.

Resep Sop Ikan

Perlu Anda ketahui, Bubur Jagung sangat mudah basi. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memasak Bubur Jagung dengan jumlah atau pun porsi terbatas saja. Jika ingin memasak olahan kuliner ini dalam jumlah atau pun porsi besar, pastikan perbandingan komposisi bahan utama dan bahan bumbu resep Bubur Jagung di atas benar – benar seimbang. Tanpa kombinasi takaran yang pas, cita rasa Bubur Jagung yang dibuat tidak akan sempurna.