Daftar Isi HamilPlus.Com (730+ Artikel)

Resep Brownies Kukus Sederhana Tanpa Mixer

Resep brownies kukus sederhana tanpa mixer ini dapat dicoba siapa saja. Pastinya semua orang pernah dan suka dengan rasa yang dimiliki brownies, meskipun dengan rasa yang berbeda-beda.

Brownies tidak hanya tersedia dalam rasa cokelat saja, melainkan masih banyak rasa lain, seperti vanila, kacang, pisang dan lain sebagainya. Simak cara membuatnya berikut.

Inilah Resep Brownies Kukus Sederhana Tanpa Mixer

Setiap orang pasti sudah mengenal dan merasakan nikmatnya kue brownies. Kue ini identik dengan warna gelap dan tekstur yang lembut. Tidak heran jika banyak orang menyukai kue ini dan sering menjadikannya sebagai makanan wajib setiap hari.

Kita pun bisa membuat brownies sendiri di rumah. Tapi, bagaimana jika kita tidak memiliki mixer? Sebenarnya, tanpa adanya mixer kita masih bisa membuat brownis yang tak kalah enak dengan brownies yang dibuat dengan mixer. Sekarang, Anda pun bisa langsung membuat brownies sesuai kesukaan.resep brownies kukus sederhana tanpa mixer

Bahan yang dibutuhkan:

  • 250 gram tepung terigu
  • 200 gram gula halus
  • 50 gram coklat bubuk
  • 200 ml minyak goreng
  • 1 sdt garam
  • 200 ml air kopi
  • 1 sdt soda kue
  • 2 butir telur, kocok lepas

Cara membuat brownies kukus:

  1. Ayak tepung terigu, garam, soda kue, dan coklat hingga mendapatkan yang halus. Masukkan gula halus dan aduk bahan dengan merata. Sisihkan.
  2. Kemudian, campurkan telur dan minyak goreng menggunakan spatula, sendok atau garpu sampai rata.
  3. Selanjutnya, campurkan adonan telur ke dalam adonan tepung yang sudah diambil yang halus tadi, kemudian tambahkan air kopi. Aduk semua bahan hingga merata
  4. Jika semua bahan sudah tercampur hingga kalis, kemudian tuang adonan pada loyang dengan bentuk sesuai selera seperti persegi, lingkaran ataupun bentuk lainnya.
  5. Kukus adonan hingga matang sekitar 25 menit pada air yang benar-benar mendidih. Anda bisa mencobanya dengan menusukkan garpu atau sendok pada brownie Apabila tidak ada kue atau adonan yang menempel pada sendok berarti brownies tersebut sudah matang maka segeralah mengangkat brownies.
  6. Setelah itu, Anda bisa menambahkan berbagai toping sesuai dengan keinginan seperti keju, kopi, mesis, coklat, krim, selai atau toping lainnya.

Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dalam resep brownies kukus sederhana tanpa mixer ini. Ketika proses mengukus maka jangan sering membuka-buka tutup karena uap air akan keluar dan menyebabkan brownies menjadi bantet.

Selain itu, berikan kain pada bawah tutup kukusan agar air tidak menetes pada brownis. Anda pun bisa mengkreasikan rasanya dengan bahan lain, seperti pisang, stroberi, vanila dan lain sebagainya sehingga Anda bisa mendapatkan brownies sesuai kesukaan Anda.