DAFTAR ISI HAMILPLUS.COM [820+ Artikel]

Rekomendasi Jenis KB yang Tidak Bikin Gemuk serta Flek Hitam

KB yang tidak bikin gemuk memang perlu diketahui karena kebanyakan KB memang memiliki efek samping pertambahan berat badan. Pasti hal ini tidak akan membuat nyaman karena kelebihan berat badan itu sendiri juga tidak baik untuk kesehatan. Berikut ini ada beberapa Alat kb yang tak bikin gemuk yang bisa digunakan.

Jenis KB yang tidak bikin gemuk badan

Banyak pil KB hormonal yang diindikasikan bisa mempengaruhi berat badan. Hal inilah yang sering dihindari wanita yang ingin tetap langsing. Jangan cemas, karena ada beberapa jenis atau alat KB yang tidak membuat berat badan bertambah secara signifikan, di antaranya sebagai berikut:

  • IUD non hormonal

Jenis KB yang satu ini merupakan sebuah alat yang bentuknya mirip dengan huruf T dan akan dipasang di dalam rahim. Tugasnya adalah untuk menghalangi sperma supaya tidak bisa membuahi ovum atau sel telur. IUD ini sendiri berbahan tembaga dan berfungsi juga untuk membunuh sperma yang masuk. Jangka waktunya kurang lebih 10 tahun.

  • Spermisida

Mungkin nama ini kurang populer di masyarakat. Namun spermisida cukup ampuh dan bahkan digunakan juga bersama alat kontrasepsi yang lain. Spermisida ini sendiri merupakan bentuk gel, krim, atau busa yang bertugas untuk membunuh sperma yang masuk ke dalam rahim. Spermisida sendiri harus dimasukkan ke dalam mulut rahim sebelum hubungan suami istri dilakukan, yaitu setengah jam sebelumnya.

  • Diafragma

Alat KB jenis diafragma ini bentuknya seperti kubah dan diposisikan dalam mulut rahim saat sebelum melakukan hubungan suami istri. Untuk cara kerja yang lebih ampuh, alat ini bisa digunakan bersama spermisida untuk mematikan sel sperma yang akan masuk.

  • Cervical cap

Alat KB ini mirip dengan diafragma, tapi memiliki ukuran yang lebih kecil lagi. Alat ini juga digunakan bersama spermisida agar hasilnya akurat. Cara kerjanya sama seperti diafragma, yaitu diletakkan di mulut rahim. Namun pemasangan alat ini harus dilakukan oleh dokter dan tidak bisa dilakukan sendiri.KB yang tidak bikin gemuk KB yang tidak bikin gemuk KB yang tidak bikin gemuk KB yang tidak bikin gemuk KB yang tidak bikin gemuk KB yang tidak bikin gemuk KB yang tidak bikin gemuk KB yang tidak bikin gemuk KB yang tidak bikin gemuk KB yang tidak bikin gemuk KB yang tidak bikin gemuk KB yang tidak bikin gemuk

  • Kondom

Alat kontrasepsi yang satu ini mungkin sudah banyak dikenal di masyarakat dan mudah ditemukan. Biasanya kondom terbuat dari bahan karet atau lateks. Fungsinya adalah untuk menghalangi jalan masuk sperma. Kondom ini sendiri ternyata tidak hanya untuk pria saja, melainkan ada juga yang untuk wanita. Untuk kondom wanita, pemasangannya bisa dilakukan 8 jam sebelum melakukan hubungan suami istri.

Selain itu ada juga beberapa merk pil kb yang tidak bikin badan gemuk dan flek hitam. Namun semua keputusan mengenai jenis KB yang digunakan, sesuaikan lagi dengan kebutuhan dan kondisi yang ada. Demikianlah beberapa jenis atau alat KB yang tidak bikin gemuk. Semoga artikel ini bermanfaat.