5 Penyebab Perut Buncit pada Anak, Bunda Wajib Tahu

Penyebab perut buncit pada anak harus anda kenali sejak dini, karena perut yang buncit ternyata tidak hanya terjadi karena adanya gas yang berlebih di dalam perut anak anda saja, melainkan di sebabkan oleh banyak faktor lainnya.

Perut buncit merupakan perut yang mengalami pembengkakan. Biasanya perut yang mengalami pembengkakan ini berisi gas yang berlebih. Perut buncit dapat mengganggu nafsu makan anak anda, karena dapat menyebabkan kembung dan mual, sehingga nafsu makan anak akan berkurang.


Hal ini tentunya akan membuat para orang tua khawatir, mengingat pencernaan merupakan proses yang sangat vital dalam tubuh. Apalagi bagi anak – anak, pencernaan sangat penting karena jika penyerapan makanan terganggu, maka tumbuh kembang anak juga akan terganggu.

apa saja Penyebab Perut Buncit pada Anak

Sebelum anda merasa khawatir berlebih terhadap perut buncit pada anak anda, kenali penyebab perut buncit pada anak anda terlebih dahulu, agar anda dapat menanganinya dengan tepat.

Berikut beberapa peyebab perut buncit pada anak :

  1. Cara makan yang salah

Jika anak anda termasuk anak yang aktif, menghabiskan makanan dengan porsi besar dengan terburu – buru serta makan sambil berbicara, bisa jadi itu adalah salah satu penyebab anak anda mengalani perut buncit. Gas yang ikut tertelan bersamaan dengan mulut yang terbuka ketika makan sambil berbicara menyebabkan perut menjadi kembung. Lebih baik makan edikit tapi sering daripada langsung makan dalam porsi banyak.

  1. Intoleransi laktosa

Laktosa yang terkandung didalam susu tidak selalu baik untuk semua anak. Anak yang mengalami intoleransi laktosa tidak bisa bisa mengonsumsi semua olahan produk susu di karenakan kekebalan tubuhnya tidak dapat menghasilkan enzim laktase, sehingga gula yang terkandung dalam makanan yang mengandung susu tidak dapat di cerna.

  1. Penyakit celiac

Jika anak anda mengalami perut kembung atau bahkan diare, muntah dan ruam pada kulit setelah mengonsumsi makanan tertentu, salah satunya yang mengandung gandum, maka bisa jadi anak anda menderita penyakit celiac. beberapa jenis makanan lainnya juga bisa menyebabkan  perut kembung.

  1. Sembelit

Buang air besar yang tidak teratur dan buang air besar keras dapat menyebabkan perut menjadi buncit. Gejala lain dari sembelit adalah sakit perut dan sesak, namun anda tidak perlu khawatir karena ini merupakan fase sementara. Ketika fase buang air besar anak anda kembali normal, maka anak anda akan terhindar dari perut buncit.

  1. Giardia

Giardia adalah parasit usus yang menyerang sistem pencernaan anak-anak kecil dan tubuh mereka gagal untuk menyerap zat lemak dari makanan. Dapat menular melalui kontak, serta melalui air yang di konsumsi. Gejala penyakit ini antara lain diare berair, kram perut, mual serta perut kembung.

Penyebab Perut Buncit pada Anak 2

Sekian informasi mengenai penyebab usus buntu pada anak anda. Mulai dari sekarang Anda lebih memperhatikan asupan dan pola makan untuk buah hati anda, mencegah lebih baik dari pada mengobati. Semoga bermanfaat.


TAGs: perut buncit pada anak, perut anak buncit, perut buncit pada anak usia 2 tahun, perut anak besar dan keras, perut buncit pada anak balita, cARA MENGHILANGKAN PERUT BUNCIT PADA ANAK USIA 3 TAHUN KEATAS, perut buncit balita, cara mengatasi perut ank yg buncit, anak kecil perut, kenapa perut balita 1 setengah tahun buncit, kenapa perut anak umur 2 bulan buncit, kenapa anak perut nya buncit, gejala apa perut bayi buncit agak kembung, caramengobatiperutbuncitpadabalita, anak perutnya besar kenapa, sakit pada anak perut buncit, bayi 9bln perut buncit

Scroll Up