Daftar isi [720+ Artikel]

Posisi Tidur yang Baik bagi Wanita dan Ibu Hamil

Posisi tidur yang baik bagi wanita normal dan bagi wanita hamil tentu saja berbeda. Hal ini dikarenakan wanita hamil memiliki risiko yang lebih rentan terkena masalah kesehatan. Oleh karena itu, berikut ini ada beberapa cara tidur yang baik bagi wanita dan ibu hamil agar terhindar dari masalah kesehatan.

Posisi tidur yang baik bagi wanita

Posisi yang baik untuk wanita normal antara lain:

  1. Soldier

Posisi ini adalah posisi terlentang dengan kedua tangan di samping tubuh. Cara ini baik untuk kesehatan tulang belakang serta leher. Namun posisi ini sering menyebabkan dengkuran dan tidak cocok untuk wanita gemuk.

  1. Starfish

Posisi tidur ini juga dalam posisi terlentang, namun kedua lengan berada di atas, yaitu di sebelah kepala. Posisi ini baik untuk tulang belakang dan baik untuk mencegah jerawat atau kerutan. Namun posisi starfish juga menyebabkan dengkuran dan naiknya asam lambung.Posisi tidur yang baik Posisi tidur yang baik Posisi tidur yang baik Posisi tidur yang baik Posisi tidur yang baik

  1. Tengkurap

Posisi ini baik untuk memperbaiki sistem pencernaan. Namun posisi ini menghambat pernafasan dan aliran darah. Posisi ini juga sering menyebabkan rasa sakit pada leher karena kepala harus berpaling ke satu sisi.

  1. Tidur seperti janin

Posisi janin di dalam rahim adalah meringkuk seperti bola dengan punggung membungkuk dan lutut tertekuk. Posisi ini bisa memperlancar aliran darah dan mencegah dengkuran selama tidur. Namun posisi yang terlalu rapat dapat menekan paru-paru dan sistem pernafasan.

  1. Log

Posisi ini adalah posisi miring dengan tangan di samping tubuh. Posisi ini baik untuk orang dengan masalah lambung dan masalah pada tulang belakang. Dengkuran juga akan berkurang dalam posisi ini. Namun posisi ini dapat memicu jerawat dan kerutan di wajah.

  1. Yearner

Posisi ini adalah posisi miring dengan lengan keluar. Kelebihannya adalah sirkulasi udara dan darah yang lancar dan menghilankan dengkuran. Namun kelemahannya adalah munculnya nyeri pada bahu dan lengan.

  1. Miring ke kanan

Posisi ini adalah posisi terbaik untuk wanita normal. Namun untuk wanita dengan gangguan lambung, sebaiknya tidak mengambil posisi miring ke kanan, karena asam lambung akan naik dengan cepat dalam posisi ini.

Posisi tidur bagi ibu hamil

Posisi tidur untuk wanita hamil antara lain sebagai berikut:

  1. Hindari posisi terlentang

Beberapa orang mungkin mengira bahwa posisi tidur terlentang adalah posisi terbaik untuk wanita hamil. Namun posisi terlentang justru memiliki dampak yang cukup buruk bagi ibu hamil. Posisi ini akan menyebabkan tekanan pada pembuluh darah utama serta pembuluh darah vena cava inferior.

  1. Miring ke kiri

Posisi tidur yang benar untuk ibu hamil adalah dengan menyamping ke kiri. Tujuan posisi tidur ini adalah untuk memperlancar sirkulasi darah di dalam tubuh, baik sirkulasi darah yang menuju ke jantung, maupun aliran darah yang menuju ke janin dan ginjal.

Ibu Hamil Tidur Siang. Apa Dampaknya thd Janin ?

  1. Menggunakan bantal

Bantal merupakan salah satu elemen tidur yang bermanfaat untuk memberikan rasa nyaman. Berikut beberapa penjelasan mengenai posisi bantal untuk ibu hamil.

  • Jika ibu mengalami sesak nafas atau nafasnya pendek, posisikan bantal di bawah sisi samping tubuh.
  • Jika ibu mengalami rasa sakit di sekitar ulu hati, letakkan lebih dari satu bantal di kepala.
  • Jika ibu memiliki riwayat sakit lambung, letakkan lebih banyak bantal lagi sampai posisi tidur setengah duduk.

Demikianlah beberapa posisi tidur yang baik bagi wanita dan ibu hamil yang perlu diperhatikan agar kondisi kehamilan, janin, dan ibu tetap selamat dan terjaga. Semoga artikel ini bermanfaat.