Daftar Isi HamilPlus.Com (730+ Artikel)

Posisi Tidur Ibu Hamil yang Nyaman

Usia kehamilan ibu hamil yang semakin hari semakin besar sering membuat susah tidur untuk ibu yang sedang hamil. Kadang kala mereka sering mengalami berbagai macam masalah dalam tubuhnya, misalnya seringkali buang air kecil sampai kram.

Dan hal yang paling utama dan sering menjadi masalah bagi ibu hamil adalah susah tidur. Posisi janin yang semakin hari semakin membesar membuat si ibu merasa kurang nyaman melakukan posisi tidurnya.

Berbeda halnya saat si ibu yang masih hamil muda, posisi tidur ibu hamil muda akan lebih nyenyak ketimbang saat si ibu masuk di trimester ke tiga dan seterusnya. Ini akan membuat posisi tidur ibu hamil semakin terganggu dan tidak nyaman.

Ibu yang sedang hamil memang susah sekali tidur dengan posisi janin yang semakin membesar, akan tetapi dalam artikel berikut akan diberikan posisi-posisi tidur yang nyaman dan tepat untuk ibu hamil susah tidur, sehingga anda yang sedang hamil bisa menempatkan posisi yang pas untuk tidur anda. Selain itu dalam artikel berikut juga akan diberikan posisi yang tidak dianjurkan untuk ibu yang sedang hamil.

posisi tidur ibu hamil source babycenter com au

Semakin besar perut ibu yang sedang hamil, terkadang bingung menentukan posisi yang pas untuk tidur, karena khawatir kalau akan salah dan berpengaruh buruk bagi janin yang ada di dalam kandungannya. Akan tetapi untuk memudahkan dan menentukan posisi tidur ibu hamil, berikut akan diberikan 3 posisi tidur yang nyaman dan aman, sehingga tidak berpengaruh bagi janin yang ada di dalam kandungan anda.

   Posisi Tengkurap Untuk Posisi Tidur Ibu Hamil

Posisi tidur dengan cara posisi tengkurap memang bisa dikatakan cukup aman untuk bisa dijadikan posisi tidur ibu yang sedang hamil. Setelah usia kandungan ibu hamil masuk di trimester pertama kadangkala payudara ibu hamil akan semakin membesar, dan rangsangan dari payudara akan menjadi lebih sensitive.

Sehingga ini akan menyebabkan ketidaknyamanan buat ibu yang sedang hamil. Posisi tidur tengkurap akan menjadi tidak nyaman bagi ibu hamil yang masuk kehamilan di usia sekitar 14 minggu.

Usia ini akan melihatkan posisi perut ibu hamil yang semakin membesar, sehingga anda pun akan butuh alat pengganjal seperti bantal yang diletakkan di bagian paha untuk dapat tidur secara tengkurap dan nyaman.

   Posisi Miring

Memilih posisi tidur dengan cara menyampingkan badan ke kiri, merupakan pilihan yang sangat tepat. Hal ini juga telah direkomendasikan oleh dokter karena posisi perut yang semakin membesar. Melakukan posisi tidur dengan menyamping ke kiri ini juga akan menghindarkan si bayi dalam kandungan dari tekanan organ ibu seperti posisi hati yang berada di bagian kanan.

Selain itu, posisi miring ke kiri juga akan membantu melancarkan aliran darah anda, serta memberikan nutrisi ke plasenta si jabang bayi. Posisi ini juga akan mengembalikan galirah darah anda ke tubuh bawah jantung. Adapun keuntungan yang bisa dirasakan si ibu yaitu posisi ini bisa membantu ginjal si ibu membuang sisa cairan dan metabolisme ibu di dalam tubuh.

Ibu yang hamil akan terhindar dari yang namanya pembengkakan kaki dan pergelangan tangan. Untuk bisa lebih nyamannya lagi, si ibu bisa meletakkan bantal di bagian dengkul serta satu lagi di bagian punggung.

posisi tidur ibu hamil source pillowreview org

   Posisi Bersandar 

Jika si ibu tidak bisa dan tidak terbiasa melakukan posisi menyamping, ibu yang hamil bisa melakukan posisi tidur dengan cara bersandar. Dengan melakukan cara ini, ibu hamil bisa dibantu dengan bantal yang tinggi, dan memberi bantal di bagian bawah lutut ini juga akan memberikan rasa nyaman untuk posisi tidur ibu hamil.

posisi tidur ibu hamil source everydayfamily com

Selain mengetahui posisi tidur ibu yang sedang hamil secara nyaman dan baik, dengan melakukan beberapa cara untuk bisa mencari posisi tidur yang lebih tenang dan rileks, anda bisa melakukan beberapa hal seperti mandi dengan air hangat.

Mandi air hangat, dengan membasuh seluruh tubuh menggunakan air yang hangat ini akan membantu posisi tidur ibu yang hamil semakin nyaman dan lelap. Selain itu, ibu hamil juga harus menghindari yang namanya makan dengan porsi besar saat menjelang tidur.

Pada kenyataannya ibu hamil memang sering doyan makan, akan tetapi anda yang sedang hamil juga harus memperhatikan pola makan anda saat malam hari. Karena pola makan ini malah akan mempengaruhi tidur anda yang kurang nyaman saat malam hari.

Untuk itu, cobalah mengganti makanan berat anda dengan makanan ringan seperti meminum susu atau makan buah. Ini malah akan memiliki pengaruh yang baik, dan meminum segelas susu hangat juga akan membantu tidur anda semakin lelap dan nyenyak.

posisi tidur ibu hamil source answersforsleep com

Cara lain untuk bisa tidur dengan lelap dan nyaman adalah dengan mendengarkan musik. Dengan mencoba mendengkarkan lagu-lagu yang bisa memberi rasa rileks dan ketenangan, ini akan membantu proses tidur anda semakin lelap dan nyaman, dan tentunya anda juga harus memilih jenis music dengan lagu yang tenang dan slow, yang bisa memberikan kesan rileks saat tidur anda.

Dengan melakukan hubungan intim saat menjelang tidur, ini juga akan membantu ibu yang hamil akan memberikan ketenangn, rasa santai dan rileks. Akan tetapi, jika memang si ibu tidak ingin melakukannya, si ibu hamil bisa meminta pasangannya untuk memberi pijatan yang lembut sehingga si ibu hamil bisa merasa rileks dan tenang saat tidur.

Melakukan latihan pernafasan dengan cara teratur, ini juga akan membantu ibu hamil saat menjelang tidur. Karena dengan nafas yang teratur, otot-otot pada tubuh juga tidak akan tegang, dan andapun bisa rileks dan tenang.

Melakukan latihan nafas ini tidaklah menggunakan olah raga yang berat-berat, dengan cara berduduk saat anda bersantai, anda  bisa melakukan latihan pernafasan dengan cara melakukan posisi ringan seperti mengangkat kaki secara bergantian dan perlahan-lahan dengan dipadukan latihan pernafasan selama 1 hingga 2 menit, ini akan lebih membantu posisi anda semakin lebih tenang dan rileks. Sehingga dengan posisi tenang dan rileks, anda pun semakin lebih nyaman saat tidur.

Cara terakhir untuk melakukan posisi tidur yang nyaman adalah menggunakan waktu istirahat sebaik mungkin. Melakukan istirahat jika ada kesempatan, ini adalah cara yang tepat untuk memberi kenyamanan saat tidur malam anda

Setelah mengetahui cara tidur ibu hamil yang tepat, dan cara tidur yang nyaman, anda yang sedang hamil harus menghindari posisi tidur dengan cara terlentang. Karena setelah usia ibu hamil menginjak pada 16 minggu, bagi ibu hamil tidak diperbolehkan atau tidak dianjurkan untuk melakukan posisi secara terlentang.

Karena jika melakukan posisi ini, seluruh berat rahim akan berpindah ke bagian belakang, sepertihalnya bagian usus dan vena cava inferior. Selain itu posisi tidur dengan cara terlentang ini akan membuat gangguan lainnya seperti sakit pinggang, gangguan pencernaan, gangguan pernafasan, wasir dan sirkulasi.

Dan saat ibu hamil masuk di usia kehamilan di trimester kedua serta ketiga, melakukan posisi tidur terlentang ini akan berpengaruh pada tekanan darah anda, sehingga bagi anda yang hamil dengan memiliki gejala darah tinggi tidak disarankan untuk tidur dengan posisi terlentang.

Itulah wacana dan informasi tentang posisi tidur ibu hamil, semoga wacana dan infromasi di atas dapat memberikan manfaat bagi anda yang akan membacanya.