DAFTAR ISI HAMILPLUS.COM [820+ Artikel]

Pil KB yang Bagus di Pasaran – Jenis dan Contoh

Pil KB yang bagus adalah pil KB yang biasanya dikonsumsi secara harian. Pil KB mengandung hormon yang tugasnya adalah untuk mengubah susunan hormon tubuh agar kehamilan bisa dicegah. Jika ingin melakukan KB, pil KB memang sering menjadi incaran karena lebih praktis. Berikut beberapa jenis pil KB yang bagus.

Jenis dan contoh pil KB yang bagus

Pil KB yang dijual di pasaran biasanya merupakan jenis pil KB yang merupakan jenis hormon progesteron dan juga hormon estrogen. Ada beberapa jenis pil KB yang bisa dipilih, namun sebelumnya lakukan konsultasi dulu dengan dokter. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan sebagai berikut:

  • Pil KB progesteron

Jenis pil KB ini biasanya digunakan pada wanita yang telah melahirkan atau yang sedang menyusui. Pil KB jenis ini tugasnya adalah untuk mencegah kehamilan namun tetap aman bagi wanita yang masih menyusui si buah hati. Merk pil KB yang bagus jenis ini adalah pil KB Yasmin. Pil ini mengandung progesteron sintetis yang anti-estrogen. Efek baiknya adalah tidak membuat tubuh gemuk dan justru menghaluskan kulit.

  • Pil KB kombinasi estrogen dan progestogen

Jenis pil KB yang satu ini aman untuk wanita pada umumnya. Namun sebaiknya tidak digunakan pada wanita pasca melahirkan dan yang sedang menyusui. Hal ini dikarenakan pil KB jenis ini bisa menekan produksi ASI sehingga ASI tidak akan lancar. Kelebihan dari pil jenis ini adalah efektifitasnya yang tinggi.

  • Pil KB estrogen dan progesteron andogen dan non-andogen

Contoh pil KB jenis ini adalah Diane 35. Jenis pil KB yang satu ini bisa digunakan oleh wanita dengan gangguan keseimbangan hormon. Fungsinya adalah untuk mengubah lendir serviks dan uterus dan mempengaruhi siklus ovulasi. Keunggulan dari pil KB jenis ini adalah tidak menimbulkan jerawat dan kenaikan berat badan. Selain itu, kelebihan rambut halus di wajah akibat penggunaan KB juga bisa dicegah. Cairan yang menumpuk dalam tubuh juga bisa dikurangi.

pil KB yang bagus pil KB yang bagus

2 Jenis pil KB berdasar jangka waktu penggunaannya

Pil KB juga dibedakan berdasarkan waktu penggunaannya. Adapun berdasarkan waktu atau rentan penggunaannya, pil KB dibagi menjadi:

  • Pil KB paket 21 atau 28 hari

Pada jenis ini, pil KB harus dikonsumsi setiap hari pada jam dan waktu yang sama secara berturut-turut. Fungsinya adalah untuk membatasi kesuburan. Namun kebanyakan wanita lebih memilih paket 28 hari.

  • Pil KB 12 minggu

Pil jenis ini akan mengubah masa menstruasi dan bekerja untuk menurunkan frekuensi menstruasi. Biasanya siklus yang berlangsung selama 1 bulan sekali akan menjadi 3 bulan sekali.

Cara Menghilangkan Lemak di Pinggang dan di Perut

Demikianlah beberapa jenis pil KB yang bagus dan contohnya. Pilihlah pil KB sesuai dengan kondisi masing-masing. Lakukan konsultasi sebelum menggunakannya. Semoga bermanfaat.