DAFTAR ISI HAMILPLUS.COM [820+ Artikel]

Tata Cara Mengonsumsi Pil KB Andalan yang Tepat

Pil KB andalan merupakan salah satu pil KB hormonal yang memiliki efektivitas tinggi dalam pencegahan kehamilan. Harga pil KB andalan biasanya dijual per paket, yaitu 21 tablet dan juga paket 28 tablet.

Untuk harga dari pil andalan ini sangat murah meriah. Anda dapat membelinya diapotik terdekat dengan rumah anda. Untuk harga pil KB Andalan ini di Apotek sekitar 15 rb untuk siklus 28 hari. Untuk lebih jelasnya mengenai keunggulan dan cara mengonsumsinya, berikut penjelasan lengkapnya.

Keunggulan dan cara mengonsumsi pil KB Andalan

Adapun keunggulan dari pil KB ini adalah:

  • Pil KB membuat wanita tidak perlu terlalu bergantung pada dokter.
  • Pil KB ini bisa digunakan pada wanita yang belum pernah hamil

Sedangkan kekurangan dari pil KB ini adalah:

  • Wanita tidak akan mengalami menstruasi
  • Wanita mungkin akan mengalami pendarahan, terutama jika lupa atau terlambat dalam mengonsumsi pil, sehingga kurang cocok untuk mereka yang sering lupa.

Cara minum pil KB andalan yang bisa dilakukan.

  1. Penggunaan pertama pil KB bisa dimulai saat masa menstruasi terjadi, yaitu hari ke lima atau pertama masa menstruasi.
  2. Bagi wanita yang sering lupa, untuk mencegah lupa atau terlambat minum pil, maka sebaiknya minum pil pada jam dan waktu yang sama setiap harinya. Misalnya jadwalkan sebelum tidur.
  3. Jika ada kondisi dimana wanita lupa untuk mengonsumsinya, segeralah minum pil KB. Jika terlambat mengonsumsi selama 24 jam, maka di saat teringat, bisa dikonsumsi langsung 2 pil dalam satu kali minum. Jika terlambatnya sudah lebih dari 24 jam, maka buang pil yang kelupaan tadi.pil KB andalan pil KB andalan pil KB andalan pil KB andalan harga model efek samping bikin gemuk dampak bikin gemuk
  4. Untuk paket pil 21 hari, setelah pil hari ke 21 dikonsumsi, maka seminggu setelah itu wanita tidak akan makan pil lagi (libur sebentar).
    Biasanya setelah 3 hari dari hari ke 21 itu, menstruasi akan terjadi. Namun jika pada hari libur itu wanita melanjutkan konsumsi pil kB paket 21 hari yang baru, maka haid kemungkinan tidak akan terjadi.
    Maka dari itu, sebaiknya hentikan pemakaian dan patuhi hari libur minum pil itu agar haid tetap terjadi.
  5. Untuk paket pil KB 28 hari, 7 hari yang dimakan di hari libur itu memiliki ukuran dan warna yang berbeda dengan 21 hari sebelumnya.
    Hal ini dikarenakan pil KB hari ke 22 hingga hari ke 28 itu tidaklah mengandung hormon apapun. Saat konsumsi pil KB hari ke 22 hingga ke 28 inilah menstruasi akan terjadi.

    Pil KB yang Bagus untuk Ibu Menyusui

  6. Pil KB untuk ibu yang sudah melahirkan bisa dikonsumsi ketika:
    • Tiga hingga enam minggu setelah masa persalinan bagi ibu yang tidak menyusui.
    • Jika ibu tidak menyusui setelah lebih dari 6 minggu, maka sebaiknya ibu meyakinkan diri bahwa ibu tidak hamil. Maka setelah yakin, barulah mulai mengonsumsi pil KB tersebut seperti yang disebutkan di atas.

Demikianlah beberapa kelebihan, kekurangan, serta tata cara mengonsumsi pil KB andalan. Semoga artikel ini bermanfaat.