Daftar Isi HamilPlus.Com (730+ Artikel)

Perubahan Pada Tubuh pasca Melahirkan

Pada masa – masa setelah melahirkan biasanya tubuh akan mengalami banyak perubahan. Perubahan pada tubuh pasca melahirkan ini biasanya di tanggapi dengan serius oleh banyak wanita. Perubahan perubahan tersebut bisa menyangkut perubahan fisik, emosional, bahkan perubahan kerja organ – organ dalam tubuh si ibu.

Beberapa perubahan pada tubuh pasca melahirkan yaitu,

  • Perubahan bentuk tubuh terutama pada bagian perut, perut akan mengalami kendor seperti buntit pada perut namun biasanya hal ini akan kembali ke keadaan semula dalam jangka waktu yang cukup lama, untuk mempercepat pemulihannya biasakan untuk berolah raga agar otot – otot perut kembali kencang.
  • Perubahan pada payudara, biasanya payudara akan mengencang seperti tegang, dan adang terasa sakit apalagi bila produksi ASI sedang tinggi, sehingga terkadng air ASI sering menetes dengan sendirinya. Perubahn lainya pada payudara adalah setelah beberapa minggu menyusui payudara tidak akan mengencang seperti sebelum hamil dulu, hal ini karena kerja hormon dan sel – sel lainya dalam payudara telah berfungsi untuk menghasilkan ASI.

Perubahan Pada Tubuh Pasca Melahirkan 2

  • Miss V mengalami rasa sakit, biasanya pada masa pasca melahirkan seorang wanita akan mengalami sakit yang lumanayan menyiksa pada bagian miss V nya, hal ini bisa di atasi dengan mengompreskan air dingin pada bagian permukaan miss V anda. selain itu biasanya juga anda kana mengalami yang namanya pengeluaran lendir yang banyak dan keputihan berlebih, bahkan anda akan mengalami masa rest mentruasi selama beberapa bulan atau bahkan selama anda menyususi.
  • Perubahan warna kulit teurtama pada wajah dan bagian perut bekas si ibu yang mengandung. Pada saat hamil biasanya di wajah terdapat banyak jerawat namun setelah melahirkan wajah akan kembali bersih. Pada bagian dagu dan mulut yan mengalami kekeringan kulit bahkan menimbulkan ruam – ruam merah, selain itu pada bagian perut akan terdapat garis yang berwarna kecoklatan bekas mengandung karena kulit perut yang tertarik pada saat si bayi berkembang di dalam perut tapi setelah beberapa bulan warna garis tersebut akan berubah dan kembali seperti semula.
  • Punggung terasa sakit dan sering merasa pegal – pegal hal ini biasanya di sebabkan karena tubuh yang berubah menjadi kurang ideal, untuk kembali memulihkannya anda di sarankan untuk banyak berolah raga juga bisa di lakukan dengan cara meletakan benda yang memiliki beban cukup besar pada bagian punggung yang di rasa sakit dan pegal.
  • Perubahan setelah melahirkan yang lain adalah rambut mudah rontoh, baik saat mandi maupun menyisir.

Perubahan Pada Tubuh Pasca Melahirkan 2

Perubahan pada tubuh pasca melahirkan memang sangat beragam dan masih banyak pula masalah lainnya, namun dalam pembahasan ini yang di ambil adalah permasalahan – permasalahan dominan yang sering terjadi pada ibu pasca melahirkan yang membutuhkan banyak perhatian dan penanganan dari diri sendiri dan keluarga. Semoga bisa bermanfaat dan berguna untuk menambah pengetahuan anda.