Perkembangan Janin Usia 7 Bulan

Perkembangan janin usia 7 bulan akan semakin efektif jika para ibu hamil memakan makanan yang sehat. Hal ini penting karena sangat berguna untuk Ibu serta janin dalam kandungan.

Ibu hamil saat kandungannya memasuki usia ini sangat membutuhkan lebih banyak makanan yang banyak mengandung vitamin, omega 3, kalsium, dan zat-zat bermanfaat lain agar berat badan janin di ahgka yang ideal.


Hal ini karena selera makan Ibu hamil sudah mulai membaik, maksudnya si Ibu yang tidak lagi mengeluhkan mual dan muntah seperti saat memasuki trimester awal dan trimester kedua, saat usia kandungan dari satu sampai enam bulan.

Sakit yang Ibu rasakan seperti sakit karena gerakan janin dalam kandungan juga sudah bisa dihadapi para Ibu hamil saat ini. Oleh sebab itu pada usia 6, hendaklah Ibu mulai menjaga kehamilan mereka. Ibu harus menjaga kondisi janin dan juga kondisi Ibu hamil yang salah satu caranya yaitu memakan makanan yang sehat.

Kesiapan Ibu Dalam Perkembangan Janin Usia 7 Bulan

Mengapa pada saat perkembangan janin usia 7 bulan Ibu harus makan makanan yang berkualitas, karena pada saat ini kondisi perut Ibu terdesak oleh janin yang semakin membesar. Janin yang membesar kebutuhan nutrisi dan makanan bagi janin juga tambah banyak. Ibu tidak hanya makan untuk dirinya sendiri namun Ibu juga makan untuk memberi makan pada janin yang dikandungnya.

Makanan sehat bagi Ibu dan janin contohnya yaitu makanan yang bayak mengandung kalsium dan omega 3 seperti yang terdapat pada ikan, telur, susu, keju, dan sebagainya. Bahan-bahan ini selain menguatkan otot rahim Ibu, juga membuat otak janin berkembang.

Kalsium yang dibutuhkan janin yaitu agar janin tidak kekurangan zat kalsium sebab saat janin usia 7 bulan, janin akan terus berkembang, selain tulang, gigi dan gusi juga sudah mulai terbentuk.Perkembangan Janin Usia 7 Bulan, Perkembangan janin 7 sampai 8 bulan, mkanan yg di butuhkan usia kehamilan 6 sampai 7 bln, apa sebab janin tidak berkembang, perkembangan janin 7-8 bulan dalam kandungan, makanan untuk ibu hamil 7 bulan, kebutuhan janin usia 7 bulan dalam kandungan, janin 7 bulan

baca: Pantangan Ibu hamil (makanan, minuman, adat/pamali)

Perkembangan Janin Usia 7 Bulan, Perkembangan janin 7 sampai 8 bulan, mkanan yg di butuhkan usia kehamilan 6 sampai 7 bln, apa sebab janin tidak berkembang, perkembangan janin 7-8 bulan dalam kandungan, makanan untuk ibu hamil 7 bulan, kebutuhan janin usia 7 bulan dalam kandungan, janin 7 bulan

Baca: Senam hamil di rumah (cara dan contoh gerakan)

Perkembangan Janin Usia 7 Bulan, Perkembangan janin 7 sampai 8 bulan, mkanan yg di butuhkan usia kehamilan 6 sampai 7 bln, apa sebab janin tidak berkembang, perkembangan janin 7-8 bulan dalam kandungan, makanan untuk ibu hamil 7 bulan, kebutuhan janin usia 7 bulan dalam kandungan, janin 7 bulan

Perkembangan Janin Usia 7 Bulan, Perkembangan janin 7 sampai 8 bulan, mkanan yg di butuhkan usia kehamilan 6 sampai 7 bln, apa sebab janin tidak berkembang, perkembangan janin 7-8 bulan dalam kandungan, makanan untuk ibu hamil 7 bulan, kebutuhan janin usia 7 bulan dalam kandungan, janin 7 bulan

Baca: Keputihan saat Hamil (gejala, penyebab, obat keputihan)

Perkembangan Janin Usia 7 Bulan, Perkembangan janin 7 sampai 8 bulan, mkanan yg di butuhkan usia kehamilan 6 sampai 7 bln, apa sebab janin tidak berkembang, perkembangan janin 7-8 bulan dalam kandungan, makanan untuk ibu hamil 7 bulan, kebutuhan janin usia 7 bulan dalam kandungan, janin 7 bulan

Janin terus berkembang dan mencapai bentuk seumuranya sebagai seorang janin dimulai saat trimester ketiga, yaitu pada bulan ke 7, 8, dan ke 9. Rahim Ibu pada usia ini sudah kuat untuk menopang janin yang semakin membesar. pada perkembangan janin usia 7 bulan, ukuran-ukuran janin mulai mencapai ukuran proposionalnya seperti ukuran kepala yang telah terbentuk mata hidung mulut dan juga telinga. Terdapat juga bulu-bulu halus pada kulit si janin yang beratnya sudah mencapai lebih dari 1,5 kg dan panjang sekitar 40cm.

Saat usia sudah mencapai trimester akhir, Ibu hamil sangat perlu mewaspadai kondisi Ibu dan juga janin yang dikandungnya. Sering-seringlah Ibu mengecek kondisi janin lewat usg untuk mengetahui dimana posisi janin berada agar persalinannya lancar tak ada kendala.

Apabila posisi janin masih salah agar bisa dibetulkan. Jangan lupa seorang Ibu perlu untuk sudah memilih tempat dimana akan bersalin dan mempersiapkan keperluan-keperluan setelah persalinan ketika perkembangan janin usia 7 bulan.

baca: Cara Mengatasi Posisi janin yang Melintang / Sungsang

Perut sering tegang saat hamil 7 bulan. Perut terasa kencang disertai ngilu di bagian bawah pada usia kehamilan 7 bulan dapat disebabkan oleh kontraksi. Kontraksi ditandai dengan menegangnya otot perut (mengeras seperti papan) dan perlu dibedakan antara kontraksi palsu ataukah kontraksi yang muncul sebagai tanda persalinan.

Posisi plasenta previa menghalangi jalan lahir saat hamil 7 bulan. Plasenta / ari – ari merupakan organ yang berfungsi untuk menyalurkan oksigen dan nutrisi untuk bayi sekaligus mengangkat zat – zat buangan dari darah bayi pada saat bayi masih di dalam kandungan. Plasenta previa merupakan keadaan dimana plasenta berada di bagian bawah rahim atau di dekat serviks. Kondisi ini dapat menutupi sebagian atau seluruh jalan lahir sang bayi. Gejala plasenta previa yang umumnya terjadi adalah adanya pendarahan secara tiba – tiba dan volume darah pun dapat banyak ataupun sedikit. Pendarahan dapat tanpa disertai oleh rasa sakit yang biasanya terjadi pada 3 bulan terakhir masa kehamilan. Faktor risiko dari plasenta previa sendiri diantaranya adalah : pernah mengalami kondisi ini pada kehamilan sebelumnya, pernah menjalani operasi caesar, pernah menjalani operasi pada rahim ( misal : kuret ), berusia 35 tahun atau lebih, dll

Keluar cairan bening saat hamil 7 bulan. Kondisi ini jika sedikit maka keputihan dan bila cairannya banyak biasa disebut sebagai ketuban pecah dini / KPD. Anda sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan untuk mengatasi hal ini. Diperlukan pemeriksaan langsung oleh dokter spesialis kandungan dan juga pemeriksaan USG untuk melihat kondisi janin dan ketuban dalam rahim Anda. Beberapa penyebab KPD adalah: 1. Infeksi pada daerah rahim 2. Kecelakaan atau benturan 3. Stres atau merokok 4. dan lain-lain Beberapa akibat dari KPD adalah: 1. Bayi lahir prematur 2. Plasenta sulit lahir setelah bayi lahir 3. Infeksi pada janin dan dapat berakibat fatal 4. dan lain-lain.

Keputihan saat hamil 7 bulan. Keputihan merupakan keluarnya cairan yang sebenarnya adalah sisa buangan dari rahim dan vag1na, bakteri normal dari vag1na, dan sel-sel mati dari dinding va-gina. Keputihan selama masa kehamilan merupakan hal normal. Bahkan berdasarkan bukti ilmiah, ditemukan peningkatan kadar dan frekuensi keputihan selama masa kehamilan. Hal ini disebabkan oleh peningkatan kadar hormon esterogen sehingga meningkatkan aliran darah ke vag1na. Tentunya keputihan yang normal adalah keputihan yang tidak berbau, berwarna bening hingga keputihan, dan tanpa disertai gatal/perih di sekitar area kewanitaan.

Pendarahan saat usia kehamilan 7 bulan. Perdarahan yang terjadi pada usia kehamilan 7 bulan dapat diakibatkan oleh beberapa kemungkinan penyebab berikut ini:

  • Plasenta previa (letak plasenta menutupi jalan lahir)
  • Solusio plasenta (lepasnya sebagian atau seluruh plasenta dari dinding rahim)
  • Pembukaan serviks secara prematur
  • Kelahiran prematur
  • Gangguan pada serviks (infeksi, peradangan atau pertumbuhan jaringan yang tidak normal)
  • Ruptur uteri (terjadi robekan pada rahim yang merupakan kondisi gawat darurat)
  • dan sebagainya

Bila perdarahan disertai dengan kontraksi perut yang berlangsung terus-menerus dengan jeda yang semakin pendek dan kontraksi yang semakin kuat, perlu diwaspadai kemungkinan terjadinya persalinan prematur.

Demam, masuk angin, meriang saat hamil 7 bulan. Dalam kehamilan tentunya semua perubahan kondisi pada ibu akan mempengaruhi janin. Sebagai contoh, jika ibu demam / meriang, umumnya akan didapati laju jantung janin yang meningkat / lebih tinggi dari biasanya. Tetapi apakah sampai membahayakan janin, itu hal lain, karena sangat bergantung pada penyebab demam  dan meriang tersebut. Selain itu sebaiknya jangan meminum obat sembarangan tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter / bidan karena tidak semua obat dapat digunakan dengan aman pada kehamilan. Sebaiknya lakukan hal berikut sebagai langkah awal :

  • Istirahat cukup
  • Banyak minum air putih
  • Makan makanan bergizi
  • Parasetamol merupakan obat yang dapat dengan aman digunakan dalam kehamilan untuk mengurangi demam / meriang dan meredakan nyeri
  • Jika dalam 2-3 hari kondisi tidak kunjung membaik sebaiknya kunjungi dokter.

Ukuran perut masih kecil dan belum membesar meski usia kandungan 7 bulan. Salah satu metode untuk mengetahui perkembangan dan usia kehamilan adalah dengan mengukur tinggi puncak rahim (TFU/tinggi fundus uteri), dimana pada usia kehamilan 7 bulan tinggi puncak rahim berada 1/3 diatas pusar, atau 1/2 antara pusar dan atas ulu hati (xiphoideus). Namun pengukuran tinggi puncak rahim ini sangat dipengaruhi oleh faktor seperti :

  • Kegemukan.
  • Keterampilan pemeriksa.
  • Hamil kembar.
  • Banyaknya cairan ketuban dalam rahim.
  • Kandung kemih yang sedang dalam kondisi penuh.

Untuk memperkirakan usia kehamilan, diperlukan juga kombinasi dengan metode lain seperti: Perhitungan HPHT (hari pertama haid terakhir), Pemeriksaan USG oleh dokter.

Kepala janin diatas kaki dibawah / bayi sungsang saat hamil 7 bulan. Anda tidak perlu khawatir karena pada saat usia kandungan 7 bulan, ukuran janin masih cukup kecil di dalam rahim dan cairan ketuban yang banyak sehingga posisi janin masih dapat berubah-ubah. Sekitar 97% janin pada posisi kepala janin berada dibawah saat persalinan. Hanya sekitar 3% kepala janin tidak berada dibawah, yaitu pada posisi kaki dibawah (sungsang) atau lintang.Perbanyak posisi sujud untuk mengembalikan posisi janin yang ideal.

Berhubungan intim saat hamil 7 bulan. Pada umumnya hubungan sek-sual saat hamil adalah kegiatan yang aman selama kehamilan sehat dan tidak mengalami masalah. Hubungan badan boleh dilakukan pada usia kehamilan berapapun asalkan kondisi janin sehat. Namun terdapat beberapa kondisi yang menyebabkan hubungan badan sebaiknya ditunda terlebih dahulu yaitu:

  • Riwayat perdarahan saat hamil
  • Riwayat kebocoran air ketuban
  • Placenta previa / plasenta menutupi jalan lahir
  • Riwayat persalinan prematur
  • Leher rahim terbuka lebih awal

Posisi hubungan seeks yang disarankan yaitu dengan posisi dari samping atau dari belakang. Cara berhubungan secara oral diperbolehkan selama suami tidak meniupkan udara ke dalam missV agar tidak terjadi emboli. Seekks annal tidak dianjurkan. Beberapa resiko akibat berhubungan badan saat hamil yaitu kontraksi rahim, kelainan kromososm janin, dan keguguran. Namun selama kehamilan sehat dan tidak mengalami masalah, hubungan intim tetap boleh dilakukan.

Baca: Perkembangan Janin Usia 8 Bulan
Hamil 33 Minggu Hamil 34 Minggu
Hamil 35 Minggu | Hamil 36 Minggu

Demikianlah pembahasan kami mengenai perkembangan janin usia 7 bulan yang kami rangkum dari berbagai narasumber, buku referensi dan media online, semoga bermanfaat buat ibu hamil 7 bulan.


TAGs: janin 7 bulan, posisi janin usia 6 bulan, hamil 7 bulan, perkembangan janin 9 bulan, perkembangan janin 7 bulan, posisi janin 6 bulan, gambar janin 7 bulan, janin usia 7 bulan, Posisi janin 7 bulan, foto bayi dalam kandungan 1 sampai 9 bulan, gerakan janin 7 bulan, usia janin 9 bulan, perkembangan janin 7-8 bulan, gambar janin, perkembangan janin usia 7 bulan, berat janin 7 bulan, gambar bayi dalam kandungan usia 7 bulan

Scroll Up