Perkembangan Janin Usia 2 Bulan

Perkembangan janin usia 2 bulan sangatlah penting untuk dikethui agar anda dapat menjaga perkembangan optimal calon buah hati anda. Pada minggu ke delapan ini, apabila anda melihat melalui USG, telah banyak perubahan yang terjadi pada calon bayi.

Ujung hidung, lubang hidung, kelopak mata, bibir, mulut, lidah dan telinga mulai terlihat. Walaupun begitu, telinganya belum berfungsi untuk pendengaran sampai beberapa minggu berikutnya.


Jari tangan dan kaki pun sudah mulai terlihat walaupun masih belum sempurna dan menyatu satu dengan yang lainnya. Uniknya, pada periode ini, calon bayi telah memiliki sidik jari. Selain itu, calon bayi sudah terlihat memiliki siku dan lengan tumbuh semakin besar.

Pada perkembangan janin usia 2 bulan, organ dalam dan otak juga mulai berkembang. Saluran yang menghubungkan paru-paru dengan tenggorokan juga mulai terlihat bercabang. Anda juga dapat memperhatikan bahwa calon bayi di periode ini telah memiliki bakal gigi.

Pada periode ini, anda juga akan menemukan bahwa jantung juga telah memulai tugasnya yaitu memompa darah secara teratur dengan frekuensi 120 kali/menit. Secara umum, organ internal dan alat kelamin sang calon bayi sudah mulai terbentuk.

Kepalanya terlihat membulat dan bentuk wajahnya juga mulai terbentuk jelas. Bahkan, anda dapat menemukan bahwa tulangnya telah mulai terbentuk. Anda juga akan menemukan bahwa perut dan rongga dada sang calon bayi sudah terpisah. Jaringan kulit, kelenjar keringat dan kelenjar minyakpun sudah mulai terbentuk di usia iniPerkembangan Janin Usia 2 Bulan

Perkembangan Janin Usia 2 Bulan

Perkembangan Janin Usia 2 Bulan

Perkembangan Janin Usia 4 Bulan

Peran Ibu Dalam Perkembangan Janin Usia 2 Bulan

Bagi anda sang calon ibu, untuk menunjang perkembangan janin usia 2 bulan, anda disarankan untuk lebih memperhatikan pola hidup dan pola makan anda. Meningkatkan frekuensi makan dengan porsi kecil kecil dengan mengkonsumsi makanan yang mudah dicerna dan tidak terlalu berbumbu sebaiknya dilakukan.

Selain itu, anda juga disarankan untuk lebih banyak minum air sekitar 2 liter per hari dengan mengkonsumsi buah segar serta zat besi tablet atau cair sebagai penunjang. Pada dasarnya, beberapa zat gizi penting seperti karbohidrat, protein, vitamin dan mineral terutama zat besi yang masuk dalam tubuh harus diperhatikan.

Sang Ibu juga akan mengalami perubahan fisik yang cukup terlihat di periode ini. Hormon kehamilan akan membuat payudara berkembang sebagai akibat dari berkembangnya kelenjar susu untuk menyusui sang calon bayi. Oleh karena itu, Payudara, termasuk bagian puting payudara akan membesar. Hal ini akan menyebabkan payudara terasa nyeri, lembut serta terjadi morning sickness.

Selain itu, organ intim wanita sang Ibu akan menjadi lebih sensitif dan agak bengkak. Oleh karena itu, untuk menjaga dari infeksi, va*gina akan meningkatkan sekresi lendir. Sang Ibu juga akan mengalami perubahan suasana hati yang cukup signifikan ketikan memasuki perkembangan janin usia 2 bulan.

Perut bawah terasa nyeri saat hamil 2 bulan. Nyeri perut saat hamil dapat merupakan hal yang masih dalam batas normal tetapi dapat pula merupakan tanda adanya masalah serius pada kehamilan. Beberapa penyebab nyeri perut saat hamil yaitu:

  • Penempelan janin pada dinding rahim
  • Perubahan hormon
  • Pelebaran dan peregangan otot yang menopang rahim saat masa kehamilan
  • Kelelahan / aktivitas berat
  • Kesalahan penempelan janin
  • Kehamilan ektopik / hamil diluar kandungan
  • Tanda awal keguguran

Nyeri perut saat hamil harus diselidiki penyebabnya agar dapat diberikan penanganan segera apabila terdapat masalah dalam kehamilan.

Bolehkah berhubungan intim ketika sedang hamil 2 bulan. Berhubungan intim ketika hamil bukanlah hal yang dilarang, selama istri tidak memiliki kondisi khusus atau penyakit tertentu yang membahayakan janin, misalnya riwayat keguguran akibat serviks lemah, riwayat keguguran berulang dengan penyebab tidak diketahui, plasenta previa atau plasenta letak rendah, riwayat melahirkan bayi prematur, dsb. Perlu diperhatikan pula bahwa di dalam cairan sper-ma terkandung zat prostaglandine yang dapat memicu kontraksi rahim, maka disarankan agar cairan sperma dikeluarkan di luar va-gina atau menggunakan k0nd0m untuk menghindari kontraksi rahim dini.

Penyebab perut belum membesar / masih kecil saat hamil 2 bulan. Ukuran rahim wanita saat tidak hamil kira-kira sebesar telur ayam, dan saat hamil usia 2 bulan (8 minggu) besar rahim sekitar telur bebek atau tinggi fundus (puncak rahim) setinggi pubis (tulang kemaluan).Pada usia 2 bulan sangat normal jika perut Anda belum membesar. Penyebabnya ? tentu saja karena ukuran rahim Anda yang masih sangat kecil dan belum keluar dari rongga panggul. Pada usia kehamilan seperti inipun berat badan umumnya belum bnayak pertambahan secara signifikan.

Keluar darah / flek / pendarahan saat hamil 2 bulan. Perdarahan saat kehamilan merupakan hal yang tidak normal, kecuali saat kehamilan usia 6-12 hari ketika terjadi penempelan janin di dinding rahim. Di usia kehamilan 2 bulan, setiap perdarahan yang terjadi harus diwaspadai sebagai tanda awal keguguran. Keguguran adalah keluarnya hasil konsepsi sebelum usia 20 minggu atau jika janin yang keluar beratnya kurang dari 500 gram. Gejala keguguran yaitu perdarahan / flek disertai dengan nyeri perut / kram perut hingga keluar jaringan dari jalan lahir. Meskipun setiap perdarahan harus diwaspadai sebagai ancaman keguguran, namun tidak semua perdarahan disebabkan karena keguguran. Selain karena keguguran, perdarahan saat hamil juga bisa disebabkan karena hal lain seperti:

  • Kelelahan dan aktivitas berat
  • Tanda kehamilan ektopik / kehamilan di luar rahim
  • Tanda hamil anggur
  • Infeksi pada va–gina
  • Penyakit menular seksual
  • Gangguan pembekuan darah
  • Gangguan hormonal
  • Perdarahan setelah berhubungan intim
  • Iritasi pada leher rahim
  • Polip, fibroid, keganasan / kanker, dll. Kami sarankan agar Anda segera memeriksakan diri ke dokter kandungan agar bisa diperiksa kondisi kehamilan dan janin Anda.

Nyeri/ sakit perut saat hamil 2 bulan. Nyeri perut saat hamil terutama yang terjadi di perut bagian bawah pada umumnya merupakan keadaan yang normal. Hal ini disebabkan karena perkembangan bayi dan ukuran rahim yang semakin bertambah. Penyebab kram atau neyri perut saat hamil antara lain:

  • Tekanan pada otot, sendi dan pembuluh darah
  • Peregangan ligamen untuk mendukung perkembangan rahim
  • Gas yang berlebihan di dalam perut yang disebabkan oleh mengingkatnya hormon progesteron sehingga ott perut lebih lama mencerna makanan
  • Kram perut setelah berhubungan seksual

Bolehkah minum susu kehamilan saat hamil 2 bulan?. Tidak ada batasan pasti mengenai berapa usia kehamilan seorang ibu yang diperbolehkan untuk mengkonsumsi susu hamil. Pada usia kehamilan dua minggu sudah boleh mengkonsumsi susu hamil asalkan terlebih dahulu membaca komposisi yang terkandung dalam susu hamil yang akan dikonsumsi dan menghindari konsumsi susu yang belum dipasteurisasi.

Keluar flek coklat dan kram perut saat hamil 2 bulan. Keluarnya flek coklat dan kram perut diawal kehamilan dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor, seperti: Penempelan janin pada dinding rahim, Perubahan hormon, Pelebaran dan peregangan otot yang menopang rahim saat masa kehamilan, Kelelahan / aktivitas berat. Namun, apabila kram dan flek terjadi terus menerus disertai dengan nyeri, ada beberapa hal yang perlu diwaspadai: Kehamilan ektopik / hamil diluar kandungan, Tanda awal keguguran.

Dokter kandungan mungkin akan memberikan vitamin dan penguat untuk ibu hamil. Untuk mengurangi keluhan, anda dan istri dapat melakukan beberapa hal di bawah ini: Istirahat cukup. Lakukan bedrest bila perlu dan hindari aktivitas berat, Kurangi melakukan perjalanan jauh / jalanan kasar, Minum cukup air putih, Untuk sementara hindari hubungan seksual sampai usia kehamilan cukup kuat.

Belum ada detak jantung janin saat hamil 2 bulan. Umumnya pemeriksaan janin dengan USG menunjukkan adanya detak jantung pada usia kandungan 6 hingga 8 minggu. Umumnya usia kehamilan 6 minggu lebih beberapa hari sudah dapat ditemukan adanya detak jantung jka menggunakan USG transva-gina (usg melalui kemaluan), namun jika belum terlihat belum tentu menjadi masalah, dokter biasanya akan menunggu sekitar 1 tau 2 minggu untuk melakukan pemeriksaan ulang. Umumnya pada saat usia kandungan 8 hingga 9 minggu sudah terdengar detak jantung yang kuat. Jika setelah 8 Minggu tidak ditemukan detak jantung, maka kemungkinan adalah bahwa perhitungan usia kandungan kurang tepat

Baca: Perkembangan Janin Usia 3 Bulan

Demikianlah pembahasan kami mengenai perkembangan janin usia 2 bulan yang kami rangkum dari berbagai narasumber, buku referensi dan media online. Selalu cari second opinion, pendapat lain, yang sekiranya bisa bunda pahami dan logis. Semoga bermanfaat buat ibu hamil 2 bulan.


TAGs: janin 2 bulan, janin usia 2 bulan, gambar janin 2 bulan, bentuk janin usia 2 bulan yang keguguran, gambar janin usia 2 minggu, gambar janin 2 minggu, foto kandungan usia dua bulan, gambar janin yg dua bln, gambar janin usia 2bulan, bentuk kandungan usia 2bulan, gambar janin umur dua bulan, gambar janin dua bulan yang gugur, gambar janin 2bulan yg tidak berkembang, Fhoto janin 2 bulan, bentuk janin usia 2 bulan, gambar janin 2, usia2 bulanhamil

Scroll Up