Perkembangan Janin Usia 1 Bulan

Perkembangan janin usia 1 bulan mungkin menjadi suatu hal yang membuat banyak calon orang tua penasaran. Mungkin banyak dari anda bertanya-tanya seperti apa perkembangan janin di usia yang masih muda ini.

Pada periode kehamilan bulan pertama, bagian mulut, rahang bawah dan tenggorokan janin sedang berkembang. Di periode ini, terbentuk dua lubang hitam kecil pada bagian wajah janin yang mana lubang ini akan terisi oleh mata.

Advertisement

Pada usia kehamilan 1 bulan ini, janin sudah mulai membentuk struktur embrio seperti manusia dan mulai terjadi pembentukan otak, tulang belakang, tulang ekor, tulang iga dan sistem syaraf pusat.

Jantung, jaringan pembuluh darah serta aorta sebagai pembuluh darah yang membawa darah ke jantung juga sudah mulai terbentuk. Selain itu, embrio juga akan mengembangkan semua perlindungan yang diperlukan di dalam kandungan sampai nanti bayi tersebut lahir seperti contohnya adalah berkembangnya plasenta.

Seperti apa perkembangan janin usia 1 bulan?

Pada perkembangan janin usia 1 bulan, sang Ibu akan mengalami pendarahan. Namun, kebanyakan perempuan salah mengartikannya sebagai darah haid. Padahal, pendarahan yang terjadi di periode kehamilan 1 bulan ini karena dampak dari implantasi dan penempelan embrio janin pada dinding rahim. Setelah terjadi penempelan embrio janin ini, hormon HCG (Chorionic Gonadotropin) yang berfungsi pada saat penilaian tes kehamilan akan disekresi. Oleh karena itu, apabila anda melakukan test kehamilan pada periode 1 bulan, anda akan mendapatkan hasil positif karena efek hormon HCG. Kemudian, bagian dari janin yang tidak melekat pada rahim akan mulai tumbuh seiring berjalannya waktu.Perkembangan Janin Usia 1 Bulan

Perkembangan Janin Usia 2 Bulan

Ketika memasuki perkembangan janin usia 1 bulan, ukuran janin masih sebesar kurang lebih sebutir beras atau sekitar 6-7 mm atau 1/8 inch. Walaupun demikian, anda telah dapat melihat calon buah hati anda menggunakan USG pada periode ini. Di masa ini, perut sang Ibu masih belum menunjukkan tanda tanda membesar. Namun, beberapa ada yang telah mengalami gejala seperti mual dan muntah. Selain itu, sang Ibu telah mengalami yang dinamakan ngidam dan bahkan menjauhi aroma makanan tertentu. Di masa ini payudara sang Ibu juga mulai membesar dan sering buang air kecil yang disebabkan karena lapisan kandung kemih sebagai sebab dari meningkatknya sekresi hormon progesteron.

Ada baiknya sang Ibu mulai mengkonsumsi asam folat kurang lebih 0.4 mg setiap harinya ketika memasuki masa ini karena asam folat sangat baik bagi perkembangan janin dan dapat mengurangi resiko kelainan pada otak calon buah hati anda. Contoh buah yang cocok untuk Ibu hamil karena mengandung asam folat yang cukup tinggi adalah buah jeruk. Selain itu, sang Ibu disarankan untuk mulai berkonsultasi dengan dokter atau bidan mengenai semua hal terkait perkembangan janin usia 1 bulan.

Baca: Perkembangan Janin Usia 2 Bulan

Demikianlah pembahasan kami mengenai perkembangan janin usia 1 bulan yang kami rangkum dari berbagai narasumber, buku referensi dan media online. Selalu cari second opinion, pendapat lain, yang sekiranya bisa bunda pahami dan logis. Semoga bermanfaat buat ibu hamil 1 bulan.

Advertisement
TAGs: janin usia 2 bulan sebesar apa, gambar bayi dalam kandungan usia 1 bulan, janin 1 minggu sebesar apa, gambar hamil 1 bulan, janin usia 1 bulan, foto janin satu bulan, contoh hamil 1 bulan, janin 1 bulan, gambar janin 1 bulan, bentuk janin 1 bulan, bentuk jani usia 1 buln, bentukbayiberumursatubulandikandungan, cara agar janin berkembang usia 1 bulan, usia kandungan 1 minggu atau bulan udah bayi atau masih brbentuk darah