Daftar Isi HamilPlus.Com (760+ Artikel)

Penyebab Tumbuh Uban di Usia Muda

Jika selama ini kebanyakan orang beranggapan jika seseorang yang sudah memiliki uban pada rambutnya adalah seseorang yang usianya sudah tua. Ternyata anggapan ini salah karena pada usia muda pun seseorang ada yang sudah beruban. Penyebab tumbuh uban di usia muda bermacam-macam seperti ulasan di bawah ini.

Penyebab tumbuh uban di usia muda

Jika Anda atau terdapat salah satu dari kerabat dan teman Anda yang masih berusia muda namun sudah memiliki uban, jangan merasa sangat heran karena kondisi ini sudah terjadi pada banyak orang dari berbagai belahan dunia. Penyebabnya sangat bermacam-macam dan berbagai faktor seperti berikut ini:penyebab tumbuh uban di usia muda penyebab tumbuh uban di usia muda

  1. Karena faktor keturunan

Pertumbuhan rambut berwarna putih keabuan pada usia muda memang dianggap sesuatu yang tidak wajar karena pada umumnya pertumbuhan uban dikarenakan oleh usia yang sudah menua. Namun hal ini dapat terjadi karena gen yang berasal dari keluarga entah kakek atau nenek atau bahkan orang tua sendiri. Jadi, jika pertumbuhan uban pada usia dini terjadi pada Anda, tanyakan pada nenek, kakek atau orang tua anda usia berapa mereka mulai tumbuh uban. Bisa jadi Anda meniru gen mereka.

  1. Merokok dalam kurun waktu lama

Kebiasaan buruk merokok juga dapat menyebabkan uban tumbuh di usia lebih awal. Kandungan nikotin dan beberapa zat yang sebenarnya sangat beracun pada rokok dapat memicu pertumbuhan uban lebih cepat dari yang semestinya. Oleh karena itu, jangan merokok atau berhenti merokok adalah cara untuk mencegah uban tumbuh lebih banyak.

  1. Sering terkena sinar ultraviolet

Penyebab rambut beruban di usia muda juga dapat dikarenakan oleh intensitas rambut terkena sinar UV yang sangat sering dan dalam kurun waktu yang lama. Untuk itu, gunakan selalu pelindung tubuh atau penutup kepala di saat harus berjalan di bawah sinar matahari yang sangat terik.

  1. Karena terkena suatu penyakit

Memutihnya rambut di usia 20-an tahun juga dapat digunakan sebagai indikator awal pada gangguan kesehatan atau terkena suatu penyakit. Penyakit yang menunjukkan gejala awal dengan tumbuhnya rambut uban di usia muda antara lain kesulitan menyerap vitamin B12 yang dialami tubuh yang dikenal dengan nama anemia pernisiosa, terdapat masalah pada kelenjar tiroid atau penyakit virtiligo atau penyaklit kulit yang kehilangan pigmen.

  1. Stress

Tumbuh uban dapat disebabkan oleh produksi melamin oleh folikel rambut sangat sedikit. Kondisi stress dapat membuat seseorang menjadi sangat susah dalam menghasilkan melamin sehingga uban di usia muda pun dapat tak terelakkan.

Setelah mengetahui penyebab uban di usia muda dan bagaimana cara mencegah serta mengatasinya pastikan untuk selalu melakukan beberapa tips tersebut dan jangan selalu beranggapan bahwa tumbuh uban itu adalah indikator bahwa seseorang tersebut sudah tua.