DAFTAR ISI HAMILPLUS.COM [820+ Artikel]

Sakit Perut Ketika Awal Mengandung, Apa Sebab dan Solusinya?

Sakit perut ketika awal mengandung merupakan hal yang biasa. Masa kehamilan sendiri memang akan memicu sejumlah perubahan pada tubuh wanita. Pergerakan janin dalam rahim bukan hal yang harus dikhawatirkan karena merupakan pertanda janin berkembang dengan baik.

Akan tetapi apabila dirasakan nyeri yang sangat luar biasa, ada baiknya jika segera menghubungi dokter. Berikut beberapa penyebab terjadinya rasa sakit pada perut di awal masa kehamilan.

Sakit Perut Ketika Awal Mengandung dan Faktor Penyebabnya

Ada banyak hal yang bisa menimbulkan rasa sakit di bagian perut pada masa kehamilan, terutama masa-masa awal mengandung. Rasa sakit ini juga disebabkan karena berbagai faktor yang berbeda-beda satu sama lain.sakit perut ketika awal mengandung 2

  1. Pertama adalah nyeri pada otot panggul. Nyeri ini sendiri merupakan hal yang normal dialami oleh ibu hamil terutama pada saat trimester pertama masa kehamilan atau usia kandungan satu hingga tiga bulan.

    Nyeri ini bisa berubah-ubah dengan intensitas yang beragam, mulai dari rasa nyeri yang ringan sampai dengan kesemutan atau kram. Penyebabnya adalah akrena otot ligamen yang bertugas menopang rahim agar tetap berada di posisinya akan meregang sesuai dengan membesarnya rahim itu sendiri. Peregangan ini akan sangat terasa pada trimester awal. Rasa nyeri juga dapat menyebar sampai area perut, pinggul serta punggung bawah.

  2. Penyebab sakit perut di awal masa kehamilan yang kedua adalah karena terjadinya perubahan posisi pada janin. Pergerakan janin terjadi pada minggu keenambelas sampai dengan keduapuluhlima di masa kehamilan.

    Pergerakan ini pelan dan terasa seperti seolah janin tengah meluncur dalam rahim. Pergerakan janin dapat makin terasa seiring semakin bertumbuhnya ia dan rasanya seperti sedang menendang-nendang. Apabila janin terasa berhenti bergerak atau melambat dengan drastis, segeralah berkonsultasi pada dokter.

  3. Sakit perut selanjutnya dapat disebabkan oleh kontraksi ringan. Kontraksi ini juga terjadi secara tidak teratur dan umumnya bisa ditemukan mulai minggu keenam kehamilan. Kontraksi terjadi karena adanya kontraksi otot rahim.

    Kontraksi ini umumnya terjadi apabila tubuh ibu tengah mempersiapkan diri guna melahirkan bayi. Kontraksi juga dapat menyebabkan kesemutan, kegelian hingga nyeri seiring merenggangnya rahim.

    Akan tetapi apabila kontraksi terjadi sampai empat kali atau lebih selama satu jam sementara usia kandungan belum mencapai tiga puluh tujuh minggu, konsultasikan segera dengan dokter.

  4. Selain beberapa penyebab di atas, ternyata masih ada penyebab lain yang membuat seorang wanita hamil mengalami sakit perut di masa awal kehamilannya. Ini karena kehamilan membuat seorang wanita makin peka terhadap kondisi rahim.

    Udara dalam perut juga dapat menimbulkan nyeri ringan. Kondisi ini merupakan akibat dari meningkatnya sirkulasi darah dan nyeri akan semakin sakit. Jika otot rahim melemah maka rasa nyeri pun akan datang.sakit perut ketika awal mengandung 2

Dengan mengetahui apa saja penyebab dari rasa sakit pada bagian perut saat mengandung di trimester pertama, seorang wanita akan lebih dapat memahami nyeri yang dideritanya dan mencari cara pengobatan terbaik. Yang terpenting adalah hindari stress ketika hamil karena akan mempengaruhi kesehatan bayi yang dikandung. Selain itu, tetap konsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang.