Penyebab Kista pada Rahim yang Jarang Disadari

Kista merupakan salah satu jenis penyakit tumor yang menyerang organ reproduksi wanita. Penyakit kista pada dasarnya tidak terlalu berbahaya untuk kesehatan. Tumor kista merupakan tumor jinak yang mudah dikendalikan ataupun diatasi. Pada beberapa kasus, sel – sel kista bahkan hilang dengan sendirinya.

Bagi kaum wanita, mengetahui penyebab kista pada rahim merupakan sebuah keharusan. Dengan mengatahui berbagai macam penyebab penyakit kista, wanita dapat dengan lebih mudah dalam memdeteksi penyakit kista dan memberikan penanganan terbaik yang diperlukan, sehingga sel tumor kista tidak berkembang menjadi semakin besar.


Beberapa Penyebab Kista Pada Rahim yang Jarang Disadari

  1. Penyebab Kista adalah Faktor Keturunan

Penyebab utama terjadinya kista pada rahim adalah faktor keturunan. Para wanita keturunan penderita kista biasanya cenderung lebih beresiko terserang penyakit ini. Meskipun begitu tidak semua keturunan penderita kista pasti mengalami penyakit kista.

Beberapa wanita keturunan penderita kista yang menerapkan pola hidup dan pola diet yang sehat telah berhasil menghindari siklus turunan dari penyakit tumor jinak ini.

penyebab kista penyebab kista bartholin penyebab kista coklat penyebab kista di rahim penyebab kista payudara penyebab kista pecah penyebab kista ganglion penyebab kista dan miom penyebab kista ginjal penyebab kista pada rahim penyebab kista ateroma penyebab kista adalah penyebab kista atau miom

  1. Siklus Haid yang Tidak Teratur

Penyabab kista yang kedua adalah siklus haid yang tidak teratur. Ketika siklus haid tidak teratur, kemungkinan sel darah kotor yang seharusnya dikeluarkan saat haid mengendap di dalam ovarium menjadi lebih besar. Saat pengendapan terjadi, sel darah kotor pada akhirnya akan berkembang menjadi sel tumor kista.

Penyebab Kista pada rahim, penyebab kista, penyebab kista bartholin, penyebab kista coklat, penyebab kista di rahim, penyebab kista payudara, penyebab kista pecah, penyebab kista ganglion, penyebab kista dan miom, penyebab kista ginjal, penyebab kista pada rahim, penyebab kista ateroma, penyebab kista adalah, penyebab kista atau miom

  1. Infertilitas

Wanita yang tidak dapat hamil cenderung lebih beresiko terserang penyakit kista. Ketika seorang wanita mengalami infertilitas, maka setiap sel sper-ma yang masuk ke dalam organ intim wanita (setelah berhubungan seks), akan mengendap di dalam organ reproduksi wanita.

Ketika hal ini terjadi dalam jangka waktu yang lama, maka sel sper-ma yang mengendap ini akan bertransformasi menjadi sel – sel tumor kista.

Penyebab Kista pada rahim, penyebab kista, penyebab kista bartholin, penyebab kista coklat, penyebab kista di rahim, penyebab kista payudara, penyebab kista pecah, penyebab kista ganglion, penyebab kista dan miom, penyebab kista ginjal, penyebab kista pada rahim, penyebab kista ateroma, penyebab kista adalah, penyebab kista atau miom

  1. Obesitas

Menurut beberapa penelitian, wanita dengan bobot badan berlebih juga cenderung lebih beresiko terserang kista. Saat seorang wanita mengalami obesitas, lemak akan menumpuk di hampir seluruh bagian tubuh wanita.

Ketika tumpukan lemak berada di sekitar organ reproduksi, maka tumpukan lemak ini dapat menyebabkan penyempitan berbagai macam saluran reproduksi.

Ketika penyempitan terjadi, berbagai macam sel (sel telur, darah kotor haid, sel sper-ma) yang ada dalam ovarium menjadi lebih mudah mengendap. Endapan berbagai macam sel inilah yang pada akhirnya berubah menjadi gumpalan sel penyebab kista.


TAGs: penyebab kista pada wanita, penyebab kista, penyebab kista pada rahim, penyebab kisa di dalam rahim, pengendapan darah kotor di rahim, kista pada wanita, kista pada hamil 7bulan, gambar rahim yang terserang kista, gambar kista dalam rahim, darah mengendap di rahim

Scroll Up